ANALISIS PENGGUNAAN PENDEKATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) DI PERGURUAN TINGGI

Penulis

  • Dyah Setya Winarni Universitas Ivet
  • Diah Nugraheni Universitas Ivet
  • Khasanah Khasanah Universitas Ivet

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.558

Kata Kunci:

pendekatan, socio-scientific issue (SSI), perguruan tinggi

Abstrak

Pembelajaran sains diharapkan mampu mencapai tujuan pembelajaran yaitu pembelajaran bermakna yang didukung meningkatnya pemahaman literasi sains pada peserta didik. Untuk itu perlu pola pembelajaran yang menghubungkan kemampuan mengolah informasi yang diperoleh dengan konsep sains dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Informasi yang diperoleh tentu tidak hanya pemahaman tapi juga permasalahan yang ada di lingkungan yang memerlukan pemecahan terhadap sebuah keadaan yang menimbulkan dilema antara fakta yang ada dengan konsep sains sebagai dasar ilmu. Untuk itu perlu pendekatan pembelajaran yang tepat untuk membantu dalam memecahkan permasalahan yang ada di lingkungan salah satunya dengan pendekatan pembelajaran socio-scientific issue (SSI). Penelitian ini menggunakan survey dengan data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah dosen Pendidikan IPA sejumlah 23 orang dengan kualifikasi mengajar minimal 2 tahun. Hasil yang diperoleh bahwa 74% dosen Pendidikan IPA mengenal SSI, dan 26% dosen Pendidikan IPA belum mengenal SSI. SSI lebih tepat digunakan dlaam kegiatan pembelajaran lingkungan sebagai implementasi dari seluruh konsep sains. Simpulan penelitian ini bahwa pembelajaran yang dilakukan dosen Pendidikan IPA belum menggunakan pendekatan socio-scientific issue (SSI) dalam pembelajaran IPA.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Achuthan, K., Nedungadi, P., Kolil, V. K., Diwakar, S., & Raman, R. (2020). Innovation adoption and diffusion of virtual laboratories. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 16(9), 4–25. https://doi.org/10.3991/ijoe.v16i09.11685

Afradisca, E. (2018). Bahan Ajar Sains Terpadu Tematik untuk Meningkatkan Kecerdasan Kuantum dan Literasi Saintifik Siswa SMP Kelas VIII. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, 1(1), 18. https://doi.org/10.24036/semesta/vol1-iss1/8

Alimah, N., Rakhmawati, D., & Dian, M. P. (2021). Faktor yang Menghambat Pembelajaran Daring pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Semarang. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 2(2), 194–200.

Anisa, A., Widodo, A., Riandi, R., & Muslim, M. (2020). Analyzing socio scientific issues through algorithm. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012084

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendeka­tan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515

Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Satya Widya, 29(1), 30. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p30-39

Erviana, L. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sebagai Sarana Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di SMP-It Ar Rahmah Pacitan. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 7(2), 71–77. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/936

Gradini, E. (2019). Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Numeracy, 6(2), 1–9.

Gutierez, S. B. (2015). Integrating socio-scientific issues to enhance the bioethical decision-making skills of high school students. International Education Studies, 8(1), 142–151. https://doi.org/10.5539/ies.v8n1p142

Herlanti, Y. (2014). Analisis argumentasi mahasiswa pendidikan biologi pada isu sosiosainfik konsumsi genetically modified organism (GMO). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 51–59. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2901

Herlanti, Y., Rustaman, N. Y., Rohman, I., & Fitriani, A. (2012). Kualitas argumentasi pada diskusi isu sosiosaintifik mikrobiologi melalui weblog. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 168–177. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2135

Jannati, E. D., Setiawan, A., Siahaan, P., Rochman, C., Susanti, D., & Samantha, Y. (2019). The development of virtual laboratory on fluid materials. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/5/052025

Khasanah, & Sayekti, S. (2020). Gambaran Kematangan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Al Mudarris, 3(2), 113–124. http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000

Kinslow, A. T., Sadler, T. D., & Nguyen, H. T. (2018). Socio-scientific reasoning and environmental literacy in a field-based ecology class. Environmental Education Research, 25(3), 388–410. https://doi.org/10.1080/13504622.2018.1442418

Kuhn, D. (2015). Thinking Together and Alone. Educational Researcher, 44(1), 46–53. https://doi.org/10.3102/0013189X15569530

Mujab, S., Nugraheni, D., & Winarni, D. S. (2018). Penerapan Pembelajaran Bioentrepreneurship pada Materi Bioteknologi Fermentasi Kefir untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 01(1), 24–29.

Paristri, Y., & Suyanto, S. (2018). Implementation of Socio-Scientific Issues Based Instruction to Improve Critical Thinking Skills in Biology Learning. 65–72.

Pitpiorntapin, S., & Topcu, M. S. (2016). Teaching based on socioscientific issues in science classrooms: A review study. KKU International Journal of Humanities and Social Sciences, 6(1), 119–136.

Purwati, R., Suranto, Sajidan, & Prasetyanti, N. M. (2019). Problem-Based Learning Modules with Socio-Scientific Issues Topics to Closing the Gap in Argumentation Skills. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 18(4), 35–45.

Ratamun, M. M., & Osman, K. (2018). The Effectiveness Comparison of Virtual Laboratory and Physical Laboratory in Nurturing Students’ Attitude towards Chemistry. Creative Education, 09(09), 1411–1425. https://doi.org/10.4236/ce.2018.99105

Rohmawati, E., Widodo, W., & Agustini, R. (2018). Membangun Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berkonteks Socio-Scientific Issues Berbantuan Media Weblog. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 8. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p8-14

Sadler, T. D., Romine, W. L., & Topçu, M. S. (2016). Learning science content through socio-scientific issues-based instruction: a multi-level assessment study. International Journal of Science Education, 38(10), 1622–1635. https://doi.org/10.1080/09500693.2016.1204481

Siska, S., Triani, W., Yunita, Y., Maryuningsih, Y., & Ubaidillah, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Socio Scientific Issues Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 22–32. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1490

Talens, J. de la P. (2016). Teaching with Socio-Scientific Issues in Physical Science: Teacher and Students’ Experiences. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(4), 271. https://doi.org/10.11591/ijere.v5i4.5954

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99

Widhy H., P., Nurohman, S., & Wibowo, W. S. (2013). Model Integrated Science Berbasis Socio Scientific Issues untuk Mengembangkan Thinking Skills dalam Mewujudkan 21st Century Skills. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 158–164. https://doi.org/10.21831/jpms.v1i2.2484

Widiyatmoko, A. (2018). The Effectiveness of Simulation in Science Learning on Conceptual Understanding: A Literature Review. Journal of International Development and Cooperation, 24(1), 35–43. https://doi.org/10.15027/45251

Widiyatmoko, A., & Shimizu, K. (2019). Development of computer simulations to overcome students misconceptions on light and optical instruments. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032074

Winarni, D. S. (2020). Effectiviness of Virtual Anatomy System (VAS) Media to Improve Student’s Analysis Ability Towards Reproduction System Materials. Indonesian Journal of Science and Education, 4(1), 43–47. https://doi.org/10.31002/ijose.v4i1.1422

Winarni, D. S., Susilo, S., Saptono, S., & Widiyatmoko, A. (2021). Penerapan Pendekatan Socio-Sicentific Issue ( SSI ) Menggunakan Desain Project untuk Meningkatkan Penguasaan Technopreneurship Mahasiswa. Problematik Pendidikan Abad 21: Respons Inovatif Jenjang PAUD Hingga Perguruan Tinggi, 180–184. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/845/748

Wulandari, F., Handoko, A., & Sri Anggoro, B. (2017). Pengaruh Penggunaan Strategi Socio Scientific Issues Terhadap Reflective Judgment Siswa Kelas Ix Di Smp Negeri 11 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1259

Yapıcıoğlu, A. E., & Atabey, N. (2020). Evaluation of Trends in Theses on Socio-Scientific Issues: The Case of Turkey. International Journal of Progressive Education, 16(4), 115–134. https://doi.org/10.29329/ijpe.2020.268.8

Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Laboratorium Virtual terhadap Keterampilan Proses Sains dan Persepsi Mahasiswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 18. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4378

Zeidler, D. L., Herman, B. C., & Sadler, T. D. (2019). New directions in socioscientific issues research. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s43031-019-0008-7

Unduhan

Diterbitkan

2022-02-16

Cara Mengutip

Winarni, D. S. ., Nugraheni, D. ., & Khasanah, K. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN PENDEKATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) DI PERGURUAN TINGGI. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 18–24. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.558

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.