PENGARUH BAHASA DAERAH BAJO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH PARUMAAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.689Keywords:
Bajo Regional Language, Description Text, Writing SkillsAbstract
Masalah pada penelitian ini diangkat dari adanya pengaruh bahasa bajo terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa-siswi kelas vii MTsS Muhammadiyah Parumaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan hubungan antara pengaruh Bahasa Daerah Bajo terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Di MTs Muhammadiyah Parumaan pada T/A 2020-2021. Sebanyak 33 siswa-siswi menjadi populasi penelitian yang dilakukan. Tekniknya yang dipakai yakni sampel jenuh. Pendekatan yang dipakai yaitu pendekatan kuantitatif dengan pola Ex-post facto. Setelah melakukan pengujian normalitas dan pengujian linearitas, maka didapati data bersirkulasi dengan normal. Berdasarkan hasil uji t (uji parsial), diperoleh thitung 3,388 > ttabel 2,039 maka menolak h0 dan menerima h1. Maka dari itu, dapat kita beri kesimpulan yaitu Bahasa Daerah Bajo memiliki pengaruh atas Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Pada Peserta Didik Kelas VII MTs Muhammadiyah Parumaan.
Downloads
References
Dasat, P. J. (2021). Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas Viia Smp Negeri 6 Kupang Tengah Dalam Memahami Materi Teks Deskripsi Dengan Aplikasi Quizizz Selama Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Optimisme, 2(1), 21-27.
Hasrar, H., Dalle, A., & Usman, M. (2018). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(2), 32-40
Latifah, U. (2017). Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah Dan Perkembangannya. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185-196.
Novianty, I. N. (2021). KEBIJAKAN LEMBAGA PENGAWASAN TERHADAP PERBANKAN SYARIAH (Doctoral dissertation, UIN FAS BENGKULU).
Nurjamily, W. O. (2015). Kesantunan Berbahasa Indonesia Dalam Lingkungan Keluarga (Kajian Sosiopragmatik). Jurnal Humanika, 3(15).
Nurlaila, M. (2016). Pengaruh Bahasa Daerah (Ciacia) Terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia 2 Sampai 6 Tahun Di Desa Holimombo Jaya. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2).
Rahman, A. (2016). Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas 1 Sd Inpres Maki Kecamatan Lamba Leda Kabupaten Manggarai Timur. Alaudin: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 71-79.
Saifudin, M. F., & Amurdawati, G. (2019, August). Kajian Etnolinguistik: Eksistensi Bahasa Daerah Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn) 2019 (Vol. 1, No. 1, Pp. 339-345).
Santoso, A., Gafar, A., & Tara, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 12 Tanjung Jabung Timur. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 147-158.
Devianty, R. (2017). Peran bahasa Indonesia dan bahasa Daerah dalam pendidikan karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 79-101.
Dwiajisapto. (2010). (online) pada http://dwiajasapto.com/pengaruh-bahasa-daerah-dan bahasa-asing.html/ (diakses pada tanggal 29 April 2012).
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sumaryanti, L. (2017). Peran lingkungan terhadap perkembangan bahasa anak. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(01), 72-89.
Wahab, L. A. (2014). Perilaku Berbahasa Santri Pondok Modern Gontor Pudahoa. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 9(1), 1-42.
Widianto, E. (2018). Pemertahanan Bahasa Daerah melalui Pembelajaran dan Kegiatan di Sekolah. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 1-13.
Widiyarto, S. (2017). Pengaruh Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan Pemahaman Struktur Kalimat terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten