PENGARUH TES DIAGNOSTIK AWAL DAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VII

Authors

  • Karlina Elpriyanti Tampubolon Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Sanggam Pardede Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Dearlina Sinaga Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.891

Keywords:

Initial Diagnostic Test, Implementation of Differentiated Learning, Learning Outcomes

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tes diagnostik awal dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Tanjung Beringin. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Tanjung Beringin dengan populasi sebanyak 91 siswa kelas VII, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan membagikan kuisoner (angket). Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas, dan pada teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda, serta uji t (uji hipotesis secara parsial), uji F (uji hipotesis secara simultan), dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes diagnostik awal (X1) memiliki pengaruh secara parsial terhadap hasil belajar IPS siswa (Y) dengan nilai thitung > ttabel (2,434 > 1,662) dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi memiliki pengaruh dengan nilai thitung > ttabel (4,796 > 1,662). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara tes diagnostik awal dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa, A., Medriati, R., & Putri, D. H. (2019). Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 201–208. Https://Doi.Org/10.33369/Jkf.2.3.201-208

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. Https://Doi.Org/10.37630/Jpm.V12i2.562

Azis, P. A., & Pertiwi, N. D. (2021). The Effect Of Cooperative Learning Model Type Team Games Tournament (Tgt) With Play Wheel Media On Students’ Interest In Biology Education Stkip Pembangunan Indonesia. Journal Of Physics: Conference Series, 1752(1), 012068. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1752/1/012068

Emawati, I. R., Burhendi, F. C. A., Harahap, N., & Sugianta, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Quantum Learning Di Tinjau Dari Metakognitif Fisika Siswa Di Sman 48 Jakarta. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 24. Https://Doi.Org/10.24127/Jpf.V8i1.2600

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. Https://Doi.Org/10.21009/Pip.352.10

Kamalia, P. U. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 178–192. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.46963/Asatiza.V4i3.1231

Khofshoh, J., Zuhri, M. S., Purwati, H., & Wibawa, A. (2023). Efektivitas Model Dl Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Model Pbl Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 6(2), 1–7. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37081/Mathedu.V6i2.5223

Laia, I. S. A. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Lahusa. Https://Repository.Uhn.Ac.Id/Handle/123456789/8255

Lestari, D. P., Joharmawan, R. J., & Purwati, Y. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 1 Ngasem Kelas Vii Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Mipa Dan Pembelajarannya (Jmipap), 3(1), 12–18. Http://Journal3.Um.Ac.Id/Index.Php/Mipa/Article/View/3955

Murtiana, A. I. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Ipa Tentang Ekosistem Pada Siswa Kelas V Sd Grogol Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Anisyukurilshika Murtian

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal Of Creative Student Research, 1(2), 81–91. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.55606/Jcsrpolitama.V1i2.1150

Nawati, A., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6167–6180. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23969/Jp.V8i1.8880

Pane, R. N. P. S., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Bullet: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(03), 173–180. Https://Journal.Mediapublikasi.Id/Index.Php/Bullet/Article/View/306

Panggabean, J. H., Defi Siregar, M. S., & Rajagukguk, J. (2021). The Effect Of Teams Games Tournament (Tgt) Method On Outcomes Learning And Conceptual Knowledge In Physics Science. Journal Of Physics: Conference Series, 1819(1), 012047. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1819/1/012047

Pongkendek, J. J., Parlindungan, J. Y., & Marpaung, D. N. (2019). Effectiveness Of The Application Of Team Games Tournament Cooperative Learning Model (Tgt) To Improve Learning Outcomes Of Students Of Class Xi Science 1 Sma Frater Makassar In The Principal Material Of Salt Hydrolysis. Iop Conference Series: Earth And Environmental Science, 343(1), 012228. Https://Doi.Org/10.1088/1755-1315/343/1/012228

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang. Jipm (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82. Https://Doi.Org/10.25273/Jipm.V6i2.2007

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa Smp. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187. Https://Doi.Org/10.25157/Teorema.V5i2.3619

Riati, T., & Farida, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Smp Pgri 02 Ngajum. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 15–21. Https://Doi.Org/10.21067/Pmej.V1i1.1999

Rosyida, U., Islami, N., & Azhar, A. (2022). The Effectiveness Of Cooperative Learning Model Type Tgt Assisted By Kahoot Application To Improve Students’ Cognitive Learning Outcomes Material Pressure Substance Class Viii Middle School. Journal Of Educational Sciences, 6(4), 637–644. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31258/Jes.6.4.P.637-644

Sholikh, M. N., Sulisworo, D., & Maruto, G. (2019). Effects Of Cooperative Blended Learning Using Google Classroom On Critical Thinking Skills. Proceedings Of The 6th International Conference On Community Development (Iccd 2019), 326–330. Https://Doi.Org/10.2991/Iccd-19.2019.86

Simanullang, E. K. A. N. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 4 Medan Oleh.

Sitorus, P., Surbakti, M., & Gulo, P. R. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Pesertaa Didik. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(3), 127. Https://Doi.Org/10.19184/Jpf.V12i3.43024

Ulfaliana, S., Kurnia, I. T. A., & Mukmin, B. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Didukung Media Diorama Terhadap Kemampuan Menganalisis Komponen Ekosistem Pada Siswa Kelas V Sdn Tegowangi Kabupaten Kediri. Universitas Nusantara Pgri Kediri. Http://Repository.Unpkediri.Ac.Id/Id/Eprint/3785

Yunanto, H. A. (2022). Pengembangan Media Diorama Berbasis Kontekstual Materi Ekosistem Muatan Pelajaran Ipa Kelas V. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.36312/Jime.V8i3.3588

Published

2024-06-25

How to Cite

Tampubolon, K. E., Pardede, S., & Sinaga, D. (2024). PENGARUH TES DIAGNOSTIK AWAL DAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VII . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 629–637. https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.891

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 28 29 30 31 32 33 34 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.