PERAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENCEGAH RADIKALISME NON-KEKERASAN DI KALANGAN PELAJAR KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.891Keywords:
Radikalisme, Kalangan Pelajar, Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam mencegah radikalisme di lingkungan sekolah serta mengeksplorasi strategi pembelajaran yang efektif dalam membentuk sikap toleran dan nasionalisme di kalangan siswa. Dengan meningkatnya ancaman radikalisme di berbagai lapisan masyarakat, pendidikan menjadi salah satu instrumen utama dalam membangun ketahanan ideologi generasi muda.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di beberapa sekolah menengah atas. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru dan siswa, observasi proses pembelajaran, serta analisis dokumen kurikulum dan bahan ajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk memahami efektivitas materi dan metode pembelajaran yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan serta menangkal pengaruh ideologi radikal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan memiliki peran signifikan dalam membentuk pemahaman siswa tentang bahaya radikalisme serta pentingnya menjaga persatuan dalam keberagaman. Guru yang menerapkan metode pembelajaran berbasis diskusi, studi kasus, dan simulasi menemukan bahwa siswa lebih aktif dalam berpikir kritis dan memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai toleransi serta nilai-nilai Pancasila. Namun, tantangan dalam implementasi masih ditemukan, seperti keterbatasan sumber daya dan kurangnya pelatihan bagi pendidik dalam mengajarkan isu-isu radikalisme secara efektif. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kompetensi guru dan penguatan kurikulum yang lebih kontekstual agar Pendidikan Kewarganegaraan dapat berkontribusi lebih optimal dalam mencegah penyebaran paham radikal di lingkungan sekolah
Downloads
References
Abidin, R. F., Pitoewas, B., & Adha, M. M. (2015). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa. Lampung University.
Abror, M. (2020). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 137–148. Https://Doi.Org/10.35961/Rsd.V1i2.174
Adha, M. M., Parikesit, H., Perdana, D. R., Hartino, A. T., & Ulpa, E. P. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn Di Masa Pandemi Covid-19 Demi Masyarakat Taat Psbb. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/27544
Adi Saingo, Y., & Imanuel Nani, V. (2023). Pengaruh Religiusitas Dan Kemajuan Teknologi Informasi Terhadap Penangkalan Radikalisme Di Perguruan Tinggi Berbasis Agama Di Kota Kupang. Jurnal Reinha, 14(1), 35–47. Https://Doi.Org/10.56358/Ejr.V14i1.222
Agustino, A. (2022). Penerapan Nilai–Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Guna Membangun Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Siswa/I Di Kelas Pada Kelas Ix. B Di Smp Negeri 1 Merawang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jee (Jurnal Edukasi Ekobis), 9(2).
Alifah, M., Adha, M. M., Perdana, D. R., Hartino, A. T., & Rifai, A. (2021). Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/27545
Amtiran, A. A., & Jondar, A. (2021). Kebijakan Anti Radikalisme Dunia Pendidikan Ditinjau Dari Pancasila Dan Solusinya. Praja Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (E-Issn: 2797-0469), 1(2), 57–75.
Anggraini, R., & Wibawa, S. (2019). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Penerapan Etika Dan Moral Peserta Didik Dalam Lingkungan Formal Di Smk Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 151–157. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37755/Jspk.V8i2.195
Anggraini, S. N., Rahman, A., Martono, T., Kurniawan, A. R., & Febriyani, A. N. (2022). Strategi Pendidikan Multikulturalisme Dalam Merespon Paham Radikalisme. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 30–39. Https://Doi.Org/10.57008/Jjp.V2i01.93
Arif, K. M. (2021). Concept And Implementation Of Religious Moderation In Indonesia. Al-Risalah, 12(1), 90–106. Https://Doi.Org/10.34005/Alrisalah.V12i1.1212
Aulia, P., Nugraha, D. M., & . S. (2021). Urgensi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Disiplin Belajar Siswa Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Harmony: Jurnal Pembelajaran Ips Dan Pkn, 6(1), 48–56. Https://Doi.Org/10.15294/Harmony.V6i1.46646
Buka, F. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Sosial Selama Masa Pembelajaran Daring. Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.56393/Mindset.V2i3.936
Cipta Prakasih, R., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Nilai Nasionalisme Dan Anti Radikalisme Dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(02), 294–303. Https://Doi.Org/10.59141/Japendi.V2i02.103
Di Indonesia, L. P. R. (2021). Upaya Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menangkal Radikalisme Murni. Literasi Paham Radikalisme Di Indonesia, 147.
Faidy, A. B., & Arsana, I. M. (2014). Hubungan Pemberian Reward Dan Punishment Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas Xi. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 454–468.
Gani Pg, E., Thani, S., Muksalmina, M., Chyntia, E., & Sulaiman, S. (2024). Penyuluhan Hukum Tentang Digital Etik Dalam Penggunaan Sosmed Di Kalangan Remaja Pada Siswa/I Sma Swasta Iskandar Muda Aceh Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2837–2846. Https://Doi.Org/10.55338/Jpkmn.V5i2.3416
García-Alberti, M., Suárez, F., Chiyón, I., & Mosquera Feijoo, J. C. (2021). Challenges And Experiences Of Online Evaluation In Courses Of Civil Engineering During The Lockdown Learning Due To The Covid-19 Pandemic. Education Sciences, 11(2), 59. Https://Doi.Org/10.3390/Educsci11020059
Kanetaki, Z., Stergiou, C., Bekas, G., Troussas, C., & Sgouropoulou, C. (2021). Analysis Of Engineering Student Data In Online Higher Education During The Covid-19 Pandemic. Int. J. Eng. Pedagogy Ijep, 11, 27–49.
Khoiruddin, K. (2023). Moderasi Beragama Dalam Kearifan Lokal Pada Masyarakat Pesisir Barat Provinsi Lampung. Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama, 3(1), 76. Https://Doi.Org/10.32332/Moderatio.V3i1.5865
Maatuk, A. M., Elberkawi, E. K., Aljawarneh, S., Rashaideh, H., & Alharbi, H. (2022). The Covid-19 Pandemic And E-Learning: Challenges And Opportunities From The Perspective Of Students And Instructors. Journal Of Computing In Higher Education, 34(1), 21–38. Https://Doi.Org/10.1007/S12528-021-09274-2
Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Satya Widya, 37(1), 54–61. Https://Doi.Org/10.24246/J.Sw.2021.V37.I1.P54-61
Naamy, N., & Hariyanto, I. (2021). Moderasi Beragama Di Ruang Publik Dalam Bayang-Bayang Radikalisme. Sophist : Jurnal Sosial Politik Kajian Islam Dan Tafsir, 3(2), 41–59. Https://Doi.Org/10.20414/Sophist.V3i2.51
Naibaho, L., Nainggolan, J. A., Hutapea, N. M., Tobing, S. L., Bangun, D. Y. B., & Rachman, F. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menanggulangi Disinformasi Dan Hoaks Di Era Media Sosial Pada Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024 Perspektif Siswa/I Sma Swasta Eria Medan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 7(4), 15269–15277. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V7i4.36224
Permatasari, A. I., & Junanto, S. (2023). Mplementasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V Menggunakan Pendekatan Kontekstual Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023. Diss. Uin Surakarta.
Prastitasari, H. (2021). Pembelajaran Pendidikan Karakter Di Sd Melalui Pembelajaran Pjj Pada Masa Pandemi Covid-19. Https://Repo-Dosen.Ulm.Ac.Id//Handle/123456789/20053
Putra, D. A., & Rulloh, A. (2023). Model Kepemimpinan Strategis Dalam Menghadapi Radikalisme Dan Terorisme. Maras: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(3), 508–519.
Putri, D. (2024). Ektremisme Agama Dan Radikalisme Sebagai Pendorong Terorisme. Al-Ikhtiar: Jurnal Studi Islam, 1(2), 114–127. Https://Journal.Salahuddinal-Ayyubi.Com/Index.Php/Aljsi/Article/View/62
Rachman, F., & Fitra, I. (2020a). Kewarganegaraan Dan Kesehatan: Partisipasi Warga Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 289–303. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Um019v5i2p289-303
Rachman, F., & Fitra, I. (2020b). Kewarganegaraan Dan Kesehatan: Partisipasi Warga Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 289. Https://Doi.Org/10.17977/Um019v5i2p289-303
Rahmad, N., Setiyawan, D., & Dewi, M. A. S. (2024). Penyuluhan Hukum Tentang Pemahaman Siswa Terhadap Bullying Dalam Perspektif Hukum Di Smk Muhammadiyah Sempor. Jurnal Warta Desa (Jwd), 6(2), 96–103. Https://Doi.Org/10.29303/Jwd.V6i2.301
Sihombing, R. A., & Lukitoyo, P. S. (2021). Peranan Penting Pancasila Dan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 49–59. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jpku.V9i1.31426
Suprapto, S. (2020). Integrasi Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3), 355–368. Https://Doi.Org/10.32729/Edukasi.V18i3.750
Sw, Y. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah Daring Dan Solusinya Di Masapandemi Covid 19 Dalam Perspektif Pendidikan Karakter Bagi Siswa Kelas X Di Sma Veteran 1 Sukoharjo Tahunpembelajaran2020-2021. Civics Education And Social Science Journal (Cessj), 2(2). Https://Doi.Org/10.32585/Cessj.V2i2.1142
Syarifah, Y. (2021). Implementasi Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Menggunakan Goole Classroom Untuk Meningkatkan Respon Terhadap Peserta Siswa Apada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Smks Sore Tulungagung). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 203–212. Https://Doi.Org/10.31571/Pkn.V5i2.3089
Tawaang, F., & Mudjiyanto, B. (2021). Mencegah Radikalisme Melalui Media Sosial. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24815/Jimps.V8i4.27068
Wagiono, F., Shaddiq, S., & Junaidi, F. (2021). Implementation Of Blended Learning During Covid-19 Pandemic On Civic Education Subjects In Millenial Generation Era. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 36–44. Https://Doi.Org/10.51276/Edu.V3i1.213
Zuriah, N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Polysynchronous Di Era New Normal. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(1), 12–25. Https://Doi.Org/10.21067/Jmk.V6i1.5086
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten