PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN KERTAS ORIGAMI SISWA KELAS IV SDN 08 SAGULUBBEK
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.656Kata Kunci:
Kertas origami, matematika, kualitas pembelajaran, pecahan realistikAbstrak
Masalah penelitian antara lain minimnya hasil belajar peserta didik. Hanya 55,89% siswa yang memenuhi KKM pada bahasan materi mengenai penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan nilai rerata 70. Tujuan penelitian ini menambah mutu pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan pada murid kelas IV SDN 08 Sagulubbek dengan menjalankan pendekatan matematika realistik yang memanfaatkan kertas origami. Penelitian diadakan mencakup tahapan merencanakan, mengadakan tindakan, mengobservasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini kelas IV SDN 08 Sagulubbek, dengan total 34 siswa, 22 laki-laki dan 12 perempuan. Data yang didapatkan termasuk data kuantitatif dan kualitatif memanfaatkan teknik tes dan non tes. Dari diterapkannya siklus I didapat nilai 78,26 (B). Di siklus II nilai bertambah hingga 87,97 (A). Pada siklus I, persentase kegiatan belajar peserta didik hingga 68,35% dan pada siklus II naik jadi 82,9%. Pada siklus I, rata-rata nilai hasil belajar peserta didik menyentuh 82,89 dengan persentase tuntas klasikal senilai 85,29%. Sedangkan, pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar para murid naik jadi 90,46 dengan persentase tuntas belajar klasikal sebesar 91,18%. Dari hasil akhir kajian ini bisa ditarik kesimpulan bahwa pemilihan dalam menerapkan pendekatan matematika realistik memanfaatkan kertas origami bisa menambah mutu belajar mengajar dari penjumlahan dan pengurangan pecahan murid kelas IV SDN 08 Sagulubbek tahun pelajaran 2018/2019.
Unduhan
Referensi
Adhim, J. baswara. (2019). Identifikasi anak kesulitan belajar matematika (diskalkulia) di Sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Khusus.
Agustin, V. Dela. (2020). MANFAAT PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI KIDDY LAND DENGAN METODE MONTESSORI DI KOTA PADANG. JURNAL NALAR PENDIDIKAN. https://doi.org/10.26858/jnp.v8i1.13595
Arie, Nurina Kurnia, A. K. (2017). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN METODE EKSPOSITORI PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMPN 205 JAKARTA. PGRI Adi Buana Surabaya.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi 2014.
Gustina, G., Djadir, D., & Rusli, R. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Berdasarkan Teori APOS ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII. Issues in Mathematics Education (IMED). https://doi.org/10.35580/imed23849
Naipospos, M. (2019). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 163091 TEBING TINGGI. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v9i2.13708
Rahmayani, V., & Amalia, R. (2020). STRATEGI PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS. Journal on Teacher Education. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.901
RI, P. (2003). Undang-undang (UU) No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI]. JDIH Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.
Rodiawati, L. (2015). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DALAM PERSAMAAN KUADRAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching. https://doi.org/10.24235/eduma.v4i1.16
Sasmita, F. E., & Mariana, N. (2020). Strategi Hitung dalam Aktivitas Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.272
Setiawan, F. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Kertas Origami. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD).
Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.338
Srirahmawati, I. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Mengasah Penalaran Matematika Siswa SDN 29 Dompu Tahun Pembelajaran 2020/2021. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan). https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.40
Wijayanti, S. R., Wahyudi, W., & Chamdani, M. (2021). Penerapan Model Quantum Teaching dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan pada Siswa Kelas V SD Negeri Singoyudan Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.20961/jkc.v9i3.52881
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten