IDENTIFIKASI OBJEK GEOMETRI PADA RUMAH ADAT BATAK TOBA (RUMAH BOLON) DI DESA TOMOK KABUPATEN SAMOSIR: ANALISIS ETNOMATEMATIKA

Authors

  • Agus Junsion Naibaho Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Efarina, Indonesia
  • Romaida Karo-Karo Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Efarina, Indonesia
  • Melisa Nur Asima Sidabutar Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Efarina, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.929

Keywords:

Rumah Adat Batak, Etnomatematika, Geometri

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menemukan unsur-unsur matematika khususnya objek geometri pada bangunan rumah adat batak toba (rumah bolon) di Desa Tomok Kabupaten Samosir. Metode penelitian yang digunakan dalam penelittian ini berjenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Instrumen penelitian yang mendukung penelitian adalah dokumentasi gambar, wawancara, dan observasi. Proses dokumentasi gambar dan observasi dilakukan untuk mengidentifikasi unsur etnomatematika di bangunan rmah adat batak (rumah bolon). Sedangkan proses wawancara dilakukan untuk mengkaji filosofi dan nilai budaya yang terkandung pada bangunan rumah adat batak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rumah Adat Batak memiliki keterkaitan dalam hal objek-objek yang tersusun baik pada bagian eksternal dan internal dengan pembelajaran matematika pada materi geometri. (2) Selanjutnya pelajaran matematika dapat lebih menarik dengan adanya kolaborasi budaya yang biasa disebut pembelajaran berbasis etnomatematika. Rumat adat Batak tersusun dari beberapa unsur bangun datar geometri, diantaranya segitiga, trapezium, persegi, lingkaran, dan persegi panjang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agus Junsion Naibaho, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Efarina, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Efarina, Indonesia

Romaida Karo-Karo, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Efarina, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Efarina, Indonesia

Melisa Nur Asima Sidabutar, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Efarina, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Efarina, Indonesia

References

Delviana, R., & Putra, A. (2022). Systematic Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika Pada Ornamen. Leibniz: Jurnal Matematika, 2(1), 48–58. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.59632/Leibniz.V2i1.143

Hasibuan, H. A., & Hasanah, R. U. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Ornamen Interior Balairung Istana Maimun Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1614–1622.

Hulu, B. A. A., & Mendrofa, R. N. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Discovery Learning Pada Materi Matematika Smp. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 6(3), 283–291.

Imaniyah, A., & Zuroida, R. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Geometri Dan Bilangan Dalam Permainan Gobak Sodor. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2.

Kurino, Y. D., & Rahman, R. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Panjalin Pada Materi Konsep Dasar Geometri Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 268–275. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i1.1937

Lavenia, N. I. A., Adam, M., & Malinda, S. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Instrumen Derivatif Sebagai Pengambilan Keputusan Hedging (Studi Kasus Pada Sektor Infrastruktur, Utilitas Dan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Sriwijaya University. Http://Repository.Unsri.Ac.Id/Id/Eprint/78081

Lede, Y. K., & Legu Awa, P. R. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Wewewa Tengah Kabupaten Sumba Barat Daya. Math-Edu: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(2), 136–147. Https://Doi.Org/10.32938/Jipm.8.2.2023.136-147

Listari, D., Handayani, L., & Rustanuarsi, R. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tabak Ditinjau Dari Materi Sekolah Dasar. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 3(1), 32–43. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24260/Add.V3i1.3055

Mailani, E., Berutu, M. M., Nazli, A., Hutabarat, I. E. Q., & Sinaga, D. (2024). Pembelajaran Volume Bangun Ruang: Mengintegrasikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(5).

Mar, A., Mamoh, O., & Amsikan, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Manunis Ka’umnais Suku Uim Bibuika Kecamatan Botin Leobele Kabupaten Malaka. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 4(2), 155–162.

Mendoca, E. F., Disnawati, H., & Suddin, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kain Tenun Masyarakat Desa Lamaksenulu. Math-Edu: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(3), 123–131. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32938/Jipm.6.3.2021.123-131

Merliza, P. (2021). Studi Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Matematika Pada Permainan Tradisional Provinsi Lampung. Suska Journal Of Mathematics Education, 7(1), 21–30.

Naibaho, T., Sinaga, S. J., Simangunsong, V. H., & Sihombing, S. (2022). Eksplorasi Kue Tradisional Batak Toba Terhadap Konsep Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 5(1), 42–48. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31539/Judika.V5i1.3652

Nasution, S. A. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Alat Musik Burdah. Euclid, 10(4), 587–597. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33603/4ah6yt34

Panjaitan, M. H. B., & Sukmawarti, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Realistik Materi Pengukuran Bangun Ruang Di Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Konteks Rumah Adat Batak Toba. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (Jrpipm), 6(1), 93–110. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26740/Jrpipm.V6n1.P93-110

Qomaria, N., & Wulandari, A. Y. R. (2022). Etnomatematika Madura: Keraton Sumenep Sebagai Sumber Belajar Matematika. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 76–89.

Rahmawati, Y., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat.

Sihite, A. C. B., Manik, H., Manao, M. M., Tambunan, H., & Sitepu, S. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi Rumah Adat Omo Hada Nias Utara Pada Konsep Geometri. Sepren: Journal Of Mathematics Education And Applied, 4(01), 46–55.

Sihombing, S., & Tambunan, H. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri Pada Ornamen Rumah Bolon Batak Toba. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 100–104.

Simanjuntak, R. M., & Sihombing, D. I. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kue Tradisional Suku Batak. Pros. Webinar Ethnomathematics Magister, 3(4), 25–32.

Surbakti, A. A., Ramadani, R., Sibarani, C. O., & Herlambang, A. (2023). Geometri Fraktal Dalam Cemilan Dan Makanan Manis Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31574–31584.

Yustinaningrum, B. (2024). Systematic Literature Review: Ekplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Di Indonesia. Jumper: Journal Of Educational Multidisciplinary Research, 3(1), 35–48.

Zega, Y. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Nias Selatan Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 30–36.

Published

2025-04-28

How to Cite

Naibaho, A. J. ., Karo-Karo, R. ., & Sidabutar, M. N. A. (2025). IDENTIFIKASI OBJEK GEOMETRI PADA RUMAH ADAT BATAK TOBA (RUMAH BOLON) DI DESA TOMOK KABUPATEN SAMOSIR: ANALISIS ETNOMATEMATIKA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 613–619. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.929

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.