IDENTIFIKASI OBJEK GEOMETRI PADA RUMAH ADAT BATAK TOBA (RUMAH BOLON) DI DESA TOMOK KABUPATEN SAMOSIR: ANALISIS ETNOMATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.929Keywords:
Rumah Adat Batak, Etnomatematika, GeometriAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk menemukan unsur-unsur matematika khususnya objek geometri pada bangunan rumah adat batak toba (rumah bolon) di Desa Tomok Kabupaten Samosir. Metode penelitian yang digunakan dalam penelittian ini berjenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Instrumen penelitian yang mendukung penelitian adalah dokumentasi gambar, wawancara, dan observasi. Proses dokumentasi gambar dan observasi dilakukan untuk mengidentifikasi unsur etnomatematika di bangunan rmah adat batak (rumah bolon). Sedangkan proses wawancara dilakukan untuk mengkaji filosofi dan nilai budaya yang terkandung pada bangunan rumah adat batak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rumah Adat Batak memiliki keterkaitan dalam hal objek-objek yang tersusun baik pada bagian eksternal dan internal dengan pembelajaran matematika pada materi geometri. (2) Selanjutnya pelajaran matematika dapat lebih menarik dengan adanya kolaborasi budaya yang biasa disebut pembelajaran berbasis etnomatematika. Rumat adat Batak tersusun dari beberapa unsur bangun datar geometri, diantaranya segitiga, trapezium, persegi, lingkaran, dan persegi panjang.
Downloads
References
Delviana, R., & Putra, A. (2022). Systematic Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika Pada Ornamen. Leibniz: Jurnal Matematika, 2(1), 48–58. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.59632/Leibniz.V2i1.143
Hasibuan, H. A., & Hasanah, R. U. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Ornamen Interior Balairung Istana Maimun Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1614–1622.
Hulu, B. A. A., & Mendrofa, R. N. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Discovery Learning Pada Materi Matematika Smp. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 6(3), 283–291.
Imaniyah, A., & Zuroida, R. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Geometri Dan Bilangan Dalam Permainan Gobak Sodor. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2.
Kurino, Y. D., & Rahman, R. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Panjalin Pada Materi Konsep Dasar Geometri Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 268–275. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i1.1937
Lavenia, N. I. A., Adam, M., & Malinda, S. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Instrumen Derivatif Sebagai Pengambilan Keputusan Hedging (Studi Kasus Pada Sektor Infrastruktur, Utilitas Dan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Sriwijaya University. Http://Repository.Unsri.Ac.Id/Id/Eprint/78081
Lede, Y. K., & Legu Awa, P. R. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Wewewa Tengah Kabupaten Sumba Barat Daya. Math-Edu: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(2), 136–147. Https://Doi.Org/10.32938/Jipm.8.2.2023.136-147
Listari, D., Handayani, L., & Rustanuarsi, R. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tabak Ditinjau Dari Materi Sekolah Dasar. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 3(1), 32–43. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24260/Add.V3i1.3055
Mailani, E., Berutu, M. M., Nazli, A., Hutabarat, I. E. Q., & Sinaga, D. (2024). Pembelajaran Volume Bangun Ruang: Mengintegrasikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(5).
Mar, A., Mamoh, O., & Amsikan, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Manunis Ka’umnais Suku Uim Bibuika Kecamatan Botin Leobele Kabupaten Malaka. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 4(2), 155–162.
Mendoca, E. F., Disnawati, H., & Suddin, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kain Tenun Masyarakat Desa Lamaksenulu. Math-Edu: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(3), 123–131. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32938/Jipm.6.3.2021.123-131
Merliza, P. (2021). Studi Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Matematika Pada Permainan Tradisional Provinsi Lampung. Suska Journal Of Mathematics Education, 7(1), 21–30.
Naibaho, T., Sinaga, S. J., Simangunsong, V. H., & Sihombing, S. (2022). Eksplorasi Kue Tradisional Batak Toba Terhadap Konsep Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 5(1), 42–48. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31539/Judika.V5i1.3652
Nasution, S. A. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Alat Musik Burdah. Euclid, 10(4), 587–597. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33603/4ah6yt34
Panjaitan, M. H. B., & Sukmawarti, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Realistik Materi Pengukuran Bangun Ruang Di Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Konteks Rumah Adat Batak Toba. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (Jrpipm), 6(1), 93–110. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26740/Jrpipm.V6n1.P93-110
Qomaria, N., & Wulandari, A. Y. R. (2022). Etnomatematika Madura: Keraton Sumenep Sebagai Sumber Belajar Matematika. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 76–89.
Rahmawati, Y., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat.
Sihite, A. C. B., Manik, H., Manao, M. M., Tambunan, H., & Sitepu, S. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi Rumah Adat Omo Hada Nias Utara Pada Konsep Geometri. Sepren: Journal Of Mathematics Education And Applied, 4(01), 46–55.
Sihombing, S., & Tambunan, H. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri Pada Ornamen Rumah Bolon Batak Toba. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 100–104.
Simanjuntak, R. M., & Sihombing, D. I. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kue Tradisional Suku Batak. Pros. Webinar Ethnomathematics Magister, 3(4), 25–32.
Surbakti, A. A., Ramadani, R., Sibarani, C. O., & Herlambang, A. (2023). Geometri Fraktal Dalam Cemilan Dan Makanan Manis Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31574–31584.
Yustinaningrum, B. (2024). Systematic Literature Review: Ekplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Di Indonesia. Jumper: Journal Of Educational Multidisciplinary Research, 3(1), 35–48.
Zega, Y. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Nias Selatan Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 30–36.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten