PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DI SMA DARMA UTAMA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.981Keywords:
kompetenisi manajerial, mutu pendidikan, kepala sekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Untuk menganalisis kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Darma Utama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Darma Utama pada bulan Agustus 2024. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kegiatan dalam analisis data kualitatif menggunakan model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kompetensi manajerial kepala sekolah memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap mutu pendidikan sekolah. Kompetensi manajerial kepala sekolah, yang mencakup kemampuan dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan, terbukti memainkan peran krusial dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efisien. Kepala sekolah yang memiliki kompetensi manajerial yang baik mampu merumuskan visi dan misi sekolah yang jelas, serta mengimplementasikan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan
Downloads
References
Aptikom. (2023). Kurikulum Bidang Infokom Berbasis Obe/Kkni/Skkni. In Aptikom (Asosiasi Pendidikan Tnggi Informatika Dan Komputer).
Astuti, E. Y., Tobari, T., & Tahrun, T. (2020). Pengaruh Kemampuan Manajerial Dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Jmksp (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 140–147. Https://Doi.Org/10.31851/Jmksp.V6i1.4121
Basid, A. (2018). Integrasi Madrasah Diniyah Takmiliyah Ke Sekolah Di Kota Cirebon. Penamas, 31(1), 65–82. Https://Doi.Org/10.31330/Penamas.V31i1.162
Darmawan, I. P. A., & Diana, R. (2020). Keterampilan Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Perspektif Kepemimpinan Alkitabiah. Kinaa: Jurnal Kepemimpinan Kristen Dan Pemberdayaan Jemaat, 1(1), 40–55. Https://Doi.Org/10.34307/Kinaa.V1i1.5
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. Jkkp (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. Https://Doi.Org/10.21009/Jkkp.051.02
Egi, G. V., Ria, G. R., Roudhotul, H. J., & Laurensia, P. M. (2022). Analisis Faktor Tidak Meratanya Pendidikan Di Sdn0704 Sungai Korang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4), 407–416.
Hastowo, A. T., & Abduh, M. (2021). Analisis Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Implementasi Pembelajaran Daring Learning Implementation. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 252–263.
Karsiyati, Y. (2021). Supervisi Manajerial Untuk Meningkatkan Kemampuan Kepala Sekolah Melakukan Evaluasi Dan Pelaporan Program Kegiatan Sekolah Melalui Lokakarya Pada Sd …. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, I, 207–216.
Lubis, H. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Profesional. Best Journal (Biology Education, Sains And Technology), 1(2), 16–19. Https://Doi.Org/10.30743/Best.V1i2.788
Lubis, Z. (2022). Upaya Pengawas Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Administrasi Sekolah Melalui Supervisi Manajerial Di 3 Sma Binaan …. Ability: Journal Of Education And Social Analysis, 3(2), 30–39.
Manik, J., & Siahaan, M. (2021). The Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Pemberian Reward Terhadap Kinerja Guru: Peran Motivasi Guru Sebagai Variabel Mediasi. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 145–163.
Marhendri, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Program Supervisi Akademik Melalui Supervisi Manajerial. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 879–887. Https://Doi.Org/10.33578/Pjr.V3i4.7546
Murniyati, M. (2021). Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Menganalisis Raport Mutu Sekolah Melalui Supervisi Manajerial Metode Workshop. Vidya Karya, 36(2), 99. Https://Doi.Org/10.20527/Jvk.V36i2.10512
Nurrochman, T., Darsinah, D., & Wafroaturrohmah, W. (2023). Peran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Melalui Transformasi Digital Pasca Pandemi Di Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 277–288.
Nursimah. (2019). Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah Binaan Dalam Menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (Rkjm) Melalui Supervisi Manajerial Dengan Menggunakan Metode Monitoring Dan Model Investigasi Kelompok Di Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Serambi Ptk, 6(4), 191–197.
Purwanto, P. (2021). Pelaksanaan Supervisi Manajerial Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalias Guru Dalam Pengelolaan Administrasi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 2(2), 147–159. Https://Doi.Org/10.51874/Jips.V2i2.24
Putra, I. N. S. (2019). Interaksi Manajerial Kepala Sekolah Melalui Strategi “Simdik” Dalam Menata Sarana Prasarana Sekolah Berbasis Kewirausahaan. Mimbar Ilmu, 24(2), 239. Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V24i2.21280
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i2.2082
Sari, S. (2021). Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Sistem Informasi Kepegawaian Terhadap Produktivitas Kerja Guru Di Smp Negeri 2 Air Joman. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 2(02).
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Urbangreen Conference Proceeding Library, 1, 183–190.
Soplera, M. L. (2021). Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Pada Sma Negeri 1 Tns Kecamatan Teon Nila Serua Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal : Kamboti Of Journal Education Research And Development (Kjerd), 1(1), 43–57.
Suardana, I. P., Yudana, M., & Gede Agung, A. A. (2018). Kontribusi Gaya Kepemimpinan, Kompetensi Profesional, Dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru (Studi Tentang Persepsi Guru Sman 1 Mengwi). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(1), 55–66. Https://Doi.Org/10.23887/Japi.V9i1.2736
Sumartini, S. (2021). Upaya Meningkatan Kopetensi Guru Kelas Rendah Dalam Menyusun Administrasi Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn Kedungdoro V/310 Surabaya. Manajerial : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 173–179. Https://Doi.Org/10.51878/Manajerial.V1i2.636
Sumirat, S. (2019). Pengaruh Supervisi Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Terhadap Prestasi Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Di Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Edum Journal, 2(2), 145–159. Https://Doi.Org/10.31943/Edumjournal.V2i2.43
Supriadi, Ramli, M., & Latif, M. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Nazzama: Journal Of Management Education, 2(1), 27–43. Https://Doi.Org/10.24252/Jme.V2i1.28776
Suyitno, S. (2021). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Peran Komite Terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1564–1576. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i3.970
Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V4i4.272
Toenlioe, A. J. E. (2017). Pengem-Bangan Kurikulum. In Cetakan Ke-1. Bandung: Pt Refika Aditama (Vol 09, Number 01).
Widati, M. (2020). Meningkatkan Profesionalisme Dan Kemampuan Mengelola Literasi Sekolah Bagi Kepala Sekolah Melalui Supervisi Manajerial Dabin I Kecamatan Baki Semester I Tahun 2018/2019. Jurnal Varidika, 31(2), 81–86. Https://Doi.Org/10.23917/Varidika.V31i2.10222
Widyanto, I. P. (2021). Manajemen Pembelajaran Higher Order Thinking Skills Di Perguruan Tinggi Keagamaan. Prosiding Webinar Nasional Iahn-Tp Palangka Raya, No. 6 Tahun 2021, 1, 161–179.
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V7i1.341
Yussanti, D. W., & Dwikurnaningsih, Y. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Supervisi Manajerial Kepala Sekolah Paud Berbasis Website. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 217–230. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2020.V10.I3.P217-230
Yusuf Hanafiah. (2020). Madrasah Diniyah: Antara Realitas, Political Will, Dan Political Action. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 35–61. Https://Doi.Org/10.54396/Alfahim.V2i1.69
Zhahira, J. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal Of Educational Research, 1(1), 85–100. Https://Doi.Org/10.56436/Jer.V1i1.16
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten