LITERATUR REVIEW : EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA YANG MERASA DIASINGKAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1174Keywords:
Layanan Konseling Kelompok, Interaksi Sosial.Abstract
Interaksi sosial pada dasarnya merupakan hubungan individu antara individu, atau individu dengan kelompok itu saling mempengaruhi, mengubah, memperbaiki, perilaku dalam hidup bersama. Jika interaksi sosial terjalin dengan baik maka hal ini akan terjadi bermanfaat bagi remaja itu sendiri. Dalam artikel ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial siswa di sekolah menengah pertama. Metode penelitian yang digunakan dalam tinjauan ini dengan literature review. Literature review adalah sebutan untuk merujuk pada suatu kajian atau riset tertentu dan pengembangan yang dilakukan untuk mengumpulkan serta mengevaluasi penelitian yang terkait pada fokus topik tertentu. Interaksi sosial adalah hal penting yang harus dimiliki oleh setiap individu maka dari itu hasil yang didapatkan adalah interaksi sosial yang baik, dibutuhkan kemampuan sosialisasi yang baik pula dan dalam meningkatkan interaksi sosial ini dapat dilakukan dengan melakukan konseling kelompok. Konseling kelompok memberikan peran yang signifikan terhadap perkembangan komunikasi siswa, siswa yang awal mulanya memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi dan berinteraksi sosial serta membuatnya cenderung menjadi terkucilkan itu setelah mengikuti konseling kelompok cenderung akan menjadi lebih bisa berinteraksi dengan baik terhadap kehidupan sosialnya.
Downloads
References
Bali, M. M. E. I. (2017). Model Interaksi Sosial dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 4(2), 211–227.
Dewi, S. U. (2019). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Santri Mdt At-Taqwa Kp. Ranca Ayu Desa Maroko Kabupaten Garut. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 13–32.
Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa, 7(1), 149–166.
Fariani. (2018). Hubungan Interaksi Sosial Dengan Kualitas Hidup Lansia Di Unit Pelayanan Terpadu (UPTD) Griya Werdha Kota Surabaya Tahun 2017 Pendahuluan Dampak Dari Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Terutama Di Bidang Kesehatan , Berhasil Untuk Menurunkan Angka. The Indonesian Journal of Public Health, 13(December), 169–180.
Fatnar, V. N. (2014). Kemampuan Interaksi Sosial Antara Remaja. Jurnal Fakultas Psikologi, 2(2), 71–75.
Lestari, I. P. (2013). Interaksi Sosial Komunitas Samin Dengan Masyarakat Sekitar. KOMUNITAS: International Journal of Indonesian Society and Culture, 5(1), 74–86.
Marliani, Siagian, M. (2022). Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Masalah Disiplin Belajar Siswa dari Keluarga Broken home di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pariaman. Al-Irsyad, 105(2), 79.
Masela, M. S. (2019). Hubungan Antara Gaya Hidup Dan Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Pada Remaja. Psikovidya, 23(1), 64–85.
Muslim, A. (2013). Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Multietnis. Jurnal Diskursus Islam, 1(3), 1–11.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1.
Rahayu. (2017). PERAN GURU PAI, WALI KELAS DAN KONSELOR BK DALAM PEMBINAAN PERILAKU KEBERAGAMAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP AKHLAK SISWA (Penelitian di SMP Darul Hikam Bandung) Rizqi. Junal Masiswa, 2(1).
Septikasari, R. (2020). KETERAMPILAN 4C ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR. Journal of the American College of Cardiology, 75(20).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.
Sulistyowati, T. (2019). Model Adaptasi Pekerja Migran Perempuan Dalam Mengkonstruksi Identitas Sosial Di Negara Tujuan. Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1), 1.
Suryani, S., & Khairani, K. (2017). Pendapat Siswa Tentang Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Pendapat Siswa Tentang Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Pendapat Siswa Tentang Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 53.
Suwarni. (2021). Sosialisasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa Mathla’ul Anwar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 157–163.
Wildan. (2022). Analisis Dampak Game Online Pada Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Bawu RT 06 RW 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 534–541. https://scholar.google.com/scholar?hl=i. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 534–541.
Yulianti. (2015). Pendidikan Karakter Berkelanjutan Dalam Pembelajaran Di Sekolah. In Prosding Seminar Nasional "Memperkuat Nilai Karakter Keindonesiaan Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN ".
Yulianti. (2021). Penanaman Nilai Toleransi dan Keberagaman Suku Bangsa Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 60–70.
Yunistiati. (2014). Keharmonisan Keluarga, Konsep Diri dan Interaksi Sosial Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten