PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN UNTUK SISWA KELAS XI SMA

Authors

  • Suryani Rini Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara
  • Morista Sinurat Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara
  • Khairani Pane Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara
  • Safwani Daulay Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara
  • N Najuah Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1151

Keywords:

Pengembangan, Multimedia Pembelajaran, Lectora Inspire

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire, menilai kelayakan media tersebut pada materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, serta mengevaluasi efektivitas penggunaannya dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Subjek dalam penelitian ini melibatkan satu orang ahli materi, satu orang ahli media, dan 28 siswa kelas XI sebagai peserta uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran berbasis Lectora Inspire berhasil dikembangkan melalui empat tahapan 4D; (2) tingkat kelayakan media berdasarkan penilaian ahli materi mencapai persentase 97,77% (Sangat Layak), ahli media sebesar 84,8% (Layak), dan respon siswa sebesar 92,86% (Sangat Layak); serta (3) efektivitas penggunaan media pembelajaran menunjukkan tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 92,85% (Efektif). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran sejarah, khususnya pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Suryani Rini, Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara

Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara

Morista Sinurat, Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara

Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara

Khairani Pane, Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara

Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara

Safwani Daulay, Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara

Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara

N Najuah, Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara

Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara

References

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar [Development Of Video-Based Interactive Learning Multimedia To Increase Learning Interest Of Elementary School Students]. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327.

Arriza, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Lingkaran Untuk Kelas Viii Smp Swasta Islam Annur Prima. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/Id/Eprint/9863

Chen, W.-K., Chang, J.-R., Chen, L.-S., & Hsu, R.-Y. (2022). Using Refined Kano Model And Decision Trees To Discover Learners’ Needs For Teaching Videos. Multimedia Tools And Applications, 81(6), 8317–8347. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1007/S11042-021-11744-9

Dewi, N. L. P. J., & Sujana, I. W. (2021). Learning Multimedia Based On Rpg Maker Mv Material For Circumference And Area Of Flat Shapes For Elementary School Students. Journal Of Education Technology, 5(3), 365. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V5i2.34462

Febriansyah, F., Herlina, K., Nyeneng, I. D. P., & Abdurrahman, A. (2021). Developing Electronic Student Worksheet (E-Worksheet) Based Project Using Fliphtml5 To Stimulate Science Process Skills During The Covid-19 Pandemic. Insecta: Integrative Science Education And Teaching Activity Journal, 2(1), 59–73. Https://Doi.Org/10.21154/Insecta.V2i1.2555

Fh, Y., Pratita, D., Ekonomi, P., Sriwijaya, U., & Selatan, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Interaktif Berbasis Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas. Jpek (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 7(2), 583–593. Https://Doi.Org/10.29408/Jpek.V7i2.20538

Harvianto, Y. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Porkes, 4(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.29408/Porkes.V4i1.3485

Huang, H., Hwang, G. J., & Jong, M. S. Y. (2022). Technological Solutions For Promoting Employees’ Knowledge Levels And Practical Skills: An Svvr-Based Blended Learning Approach For Professional Training. Computers And Education, 189(September 2021), 104593. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2022.104593

Kuhlmann, S. L., Bernacki, M. L., Greene, J. A., Hogan, K. A., Evans, M., Plumley, R., Gates, K., & Panter, A. (2023). How Do Students’ Achievement Goals Relate To Learning From Well-Designed Instructional Videos And Subsequent Exam Performance? Contemporary Educational Psychology, 73(February), 102162. Https://Doi.Org/10.1016/J.Cedpsych.2023.102162

Kuswanto, J., Walusfa, Y., Artikel, S., Korespondensi, A., Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baru, T., Raja Tim, B., Ogan Komering Ulu, K., & Selatan, S. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas Viii. Innovative Journal Of Curriculum And Educational Technology Ijcet, 6(2), 58–64.

Mahardika, N. D. (2022). Pembangunan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Computer Assisted Instruction Di Sma Negeri 23 Bandung. Universitas Komputer Indonesia. Http://Elibrary.Unikom.Ac.Id/Id/Eprint/7067

Mahliatussikah, H. (2022). Development Of Interactive Learning Media “Lectora Inspire” For Balaghah Learning. Proceedings Of The International Seminar On Language, Education, And Culture (Isolec 2021), 612(Isolec), 128–133. Https://Doi.Org/10.2991/Assehr.K.211212.024

Masykur. (2019). Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Cv. Anugrah Utama Raharja.

Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). Teknologi Pendidikan Sebagai Jembatan Reformasi Pembelajaran Di Indonesia Lebih Maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 53. Https://Doi.Org/10.31602/Jmpd.V2i1.6390

Najuah, Sidiq, R., & Sabrina, R. (2020). Orientasi Pendidikan Masa Kini: Pentingnya Mengembangkan Modul Elektronik Di Era Digital. Cv. A.A Rizky.

Otoluwa, Y., Eraku, S., & Yusuf, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Yang Diintegrasikan Dengan Camtasia Studio Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sistem Informasi Geografi. Jambura Geo Education Journal, 1(1), 01–08. Https://Doi.Org/10.34312/Jgej.V1i1.4041

Pagarra H & Syawaludin, D. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit Unm.

Prastowo, A. (2020). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif : Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik Dan Menyenangkan. Diva Press.

Rahmawati, A. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (Mmi) Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Psej (Pancasakti Science Education Journal), 4(1), 7–17.

Rahmawati, B. F., Badarudin, B., & Hadi, M. S. (2020). Penggunaan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 4(2), 60–67. Https://Doi.Org/10.29408/Fhs.V4i2.3135

Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.21009/Jps.091.01

Rusdi, M. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Media. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 5(2), 95–103.

Sari, P., Ni Ketut Srie Kusuma, W., & Ni Made, M. (2022). Multimedia-Assisted Genrative Learning Model Towards Ipa Learning Satisfaction In Students Of Grade Iv Elementary School Achievement School Year 2020/2021. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(I), 38–45. Https://Doi.Org/10.25078/Aw.V7ii.777

Shuwandy, M. L., Zaidan, B. B., & Zaidan, A. A. (2022). Novel Authentication Of Blowing Voiceless Password For Android Smartphones Using A Microphone Sensor. Multimedia Tools And Applications, 81(30), 44207–44243.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian & Pengembangan Research And Development. Alfabeta.

Zhang, Y. (2022). Construction Of English Language Autonomous Learning Center System Based On Artificial Intelligence Technology. Mathematical Problems In Engineering, 2022, 1–12. Https://Doi.Org/10.1155/2022/7900493

Zharfa, M., & Saputro, B. (2022). Pengembangan Media Power Point Berbasis Multimedia Ispring Suite 10 Materi Energi Listrik. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(1), 26–39.

Published

2025-05-10

How to Cite

Rini, S., Sinurat, M., Pane, K., Daulay, S., & Najuah, N. (2025). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN UNTUK SISWA KELAS XI SMA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 780–789. https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1151

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.