PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN UNTUK SISWA KELAS XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1151Keywords:
Pengembangan, Multimedia Pembelajaran, Lectora InspireAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire, menilai kelayakan media tersebut pada materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, serta mengevaluasi efektivitas penggunaannya dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Subjek dalam penelitian ini melibatkan satu orang ahli materi, satu orang ahli media, dan 28 siswa kelas XI sebagai peserta uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran berbasis Lectora Inspire berhasil dikembangkan melalui empat tahapan 4D; (2) tingkat kelayakan media berdasarkan penilaian ahli materi mencapai persentase 97,77% (Sangat Layak), ahli media sebesar 84,8% (Layak), dan respon siswa sebesar 92,86% (Sangat Layak); serta (3) efektivitas penggunaan media pembelajaran menunjukkan tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 92,85% (Efektif). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran sejarah, khususnya pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Downloads
References
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar [Development Of Video-Based Interactive Learning Multimedia To Increase Learning Interest Of Elementary School Students]. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327.
Arriza, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Lingkaran Untuk Kelas Viii Smp Swasta Islam Annur Prima. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/Id/Eprint/9863
Chen, W.-K., Chang, J.-R., Chen, L.-S., & Hsu, R.-Y. (2022). Using Refined Kano Model And Decision Trees To Discover Learners’ Needs For Teaching Videos. Multimedia Tools And Applications, 81(6), 8317–8347. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1007/S11042-021-11744-9
Dewi, N. L. P. J., & Sujana, I. W. (2021). Learning Multimedia Based On Rpg Maker Mv Material For Circumference And Area Of Flat Shapes For Elementary School Students. Journal Of Education Technology, 5(3), 365. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V5i2.34462
Febriansyah, F., Herlina, K., Nyeneng, I. D. P., & Abdurrahman, A. (2021). Developing Electronic Student Worksheet (E-Worksheet) Based Project Using Fliphtml5 To Stimulate Science Process Skills During The Covid-19 Pandemic. Insecta: Integrative Science Education And Teaching Activity Journal, 2(1), 59–73. Https://Doi.Org/10.21154/Insecta.V2i1.2555
Fh, Y., Pratita, D., Ekonomi, P., Sriwijaya, U., & Selatan, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Interaktif Berbasis Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas. Jpek (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 7(2), 583–593. Https://Doi.Org/10.29408/Jpek.V7i2.20538
Harvianto, Y. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Porkes, 4(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.29408/Porkes.V4i1.3485
Huang, H., Hwang, G. J., & Jong, M. S. Y. (2022). Technological Solutions For Promoting Employees’ Knowledge Levels And Practical Skills: An Svvr-Based Blended Learning Approach For Professional Training. Computers And Education, 189(September 2021), 104593. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2022.104593
Kuhlmann, S. L., Bernacki, M. L., Greene, J. A., Hogan, K. A., Evans, M., Plumley, R., Gates, K., & Panter, A. (2023). How Do Students’ Achievement Goals Relate To Learning From Well-Designed Instructional Videos And Subsequent Exam Performance? Contemporary Educational Psychology, 73(February), 102162. Https://Doi.Org/10.1016/J.Cedpsych.2023.102162
Kuswanto, J., Walusfa, Y., Artikel, S., Korespondensi, A., Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baru, T., Raja Tim, B., Ogan Komering Ulu, K., & Selatan, S. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas Viii. Innovative Journal Of Curriculum And Educational Technology Ijcet, 6(2), 58–64.
Mahardika, N. D. (2022). Pembangunan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Computer Assisted Instruction Di Sma Negeri 23 Bandung. Universitas Komputer Indonesia. Http://Elibrary.Unikom.Ac.Id/Id/Eprint/7067
Mahliatussikah, H. (2022). Development Of Interactive Learning Media “Lectora Inspire” For Balaghah Learning. Proceedings Of The International Seminar On Language, Education, And Culture (Isolec 2021), 612(Isolec), 128–133. Https://Doi.Org/10.2991/Assehr.K.211212.024
Masykur. (2019). Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Cv. Anugrah Utama Raharja.
Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). Teknologi Pendidikan Sebagai Jembatan Reformasi Pembelajaran Di Indonesia Lebih Maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 53. Https://Doi.Org/10.31602/Jmpd.V2i1.6390
Najuah, Sidiq, R., & Sabrina, R. (2020). Orientasi Pendidikan Masa Kini: Pentingnya Mengembangkan Modul Elektronik Di Era Digital. Cv. A.A Rizky.
Otoluwa, Y., Eraku, S., & Yusuf, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Yang Diintegrasikan Dengan Camtasia Studio Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sistem Informasi Geografi. Jambura Geo Education Journal, 1(1), 01–08. Https://Doi.Org/10.34312/Jgej.V1i1.4041
Pagarra H & Syawaludin, D. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit Unm.
Prastowo, A. (2020). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif : Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik Dan Menyenangkan. Diva Press.
Rahmawati, A. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (Mmi) Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Psej (Pancasakti Science Education Journal), 4(1), 7–17.
Rahmawati, B. F., Badarudin, B., & Hadi, M. S. (2020). Penggunaan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 4(2), 60–67. Https://Doi.Org/10.29408/Fhs.V4i2.3135
Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.21009/Jps.091.01
Rusdi, M. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Media. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 5(2), 95–103.
Sari, P., Ni Ketut Srie Kusuma, W., & Ni Made, M. (2022). Multimedia-Assisted Genrative Learning Model Towards Ipa Learning Satisfaction In Students Of Grade Iv Elementary School Achievement School Year 2020/2021. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(I), 38–45. Https://Doi.Org/10.25078/Aw.V7ii.777
Shuwandy, M. L., Zaidan, B. B., & Zaidan, A. A. (2022). Novel Authentication Of Blowing Voiceless Password For Android Smartphones Using A Microphone Sensor. Multimedia Tools And Applications, 81(30), 44207–44243.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian & Pengembangan Research And Development. Alfabeta.
Zhang, Y. (2022). Construction Of English Language Autonomous Learning Center System Based On Artificial Intelligence Technology. Mathematical Problems In Engineering, 2022, 1–12. Https://Doi.Org/10.1155/2022/7900493
Zharfa, M., & Saputro, B. (2022). Pengembangan Media Power Point Berbasis Multimedia Ispring Suite 10 Materi Energi Listrik. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(1), 26–39.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten