PENGARUH METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VII

Authors

  • Rona Arta Silitonga Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unversitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Susy Alestriani Sibagariang Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unversitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Debbi Petra Meyana Sitorus Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unversitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1518

Keywords:

Everyone Is Teacher Here, hasil belajar, IPS, kontrol‑eksperimen

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh metode Everyone Is Teacher Here (ETH) dalam meningkatkan

hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas VII di UPTD SMP Negeri 7

Pematangsiantar. Penelitian menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan kelompok kontrol (metode

ceramah) dan kelompok eksperimen (metode ETH). Sampel terdiri dari dua kelas paralel (VII‑6 dan

VII‑7), masing‑masing 32 siswa, yang diberi pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan statistik

deskriptif dan paired sample t‑test.Hasil menunjukkan bahwa rata‑rata nilai posttest kelompok kontrol

meningkat dari 36,88 menjadi 74,75, sedangkan kelompok eksperimen meningkat dari 37,75 menjadi

84,25. Analisis paired sample t‑test memperlihatkan nilai p (2‑tailed) = 0,000 (< 0,05), yang

menandakan peningkatan hasil belajar pada kelompok eksperimen secara signifikan lebih besar

dibandingkan kelompok kontrol. Dengan demikian, metode ETH terbukti efektif dalam meningkatkan

hasil belajar IPS siswa kelas VII di UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rona Arta Silitonga, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unversitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unversitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Susy Alestriani Sibagariang, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unversitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unversitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Debbi Petra Meyana Sitorus, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unversitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unversitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

References

Agustina, I. B. (2022). Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Metode Everyone Is A Teacher Here. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 485–488.

Andhika, M. R., & Setiawan, A. (2022). Penerapan Model Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Ips Kelas Iv Min 8 Aceh Barat. Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 3(1), 63–75. Https://Doi.Org/10.47887/Amd.V3i1.59

Andra, B. D., K, A., A, Y., & Abadi, Z. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Factory Dan Kesiapan Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Cnc Di Smk Negeri 6 Batam. Jurnal Vokasi Mekanika (Vomek), 4(1), 119–124. Https://Doi.Org/10.24036/Vomek.V4i1.319

Angkow, S. R., Teintang, M., & Sembiring, L. A. (2023). Strategi Mengajar Guru Sekolah Minggu Dalam Penataan Pertumbuhan Rohani Anak. Khamisyim: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 28–39.

Apriyani, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Scramble Menggunakan Media Bulletin Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas Xi Ips Di Sman Tuah Gemilang. Jishum: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 353–362. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.57248/Jishum.V1i3.68

Ariati, Ramly, & Nia, M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Pada Siswa Kelas Xii Ips. Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(2), 51–58. Https://Doi.Org/10.36709/Jpa.V1i2.8

Dewi, S. M. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Rasa Nasionalisme Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips). Jurnal Sekolah Dasar, 3(1). Https://Doi.Org/10.36805/Jurnalsekolahdasar.V3i1.407

Fauzi, A., & Wahyudi, I. (2023). Implementasi Metode Everyone Is A Teacher Here Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa Pada Pelajaran Ski Kelas X Sma Nu Genteng Banyuwangi. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 10–30.

Fitriah, P. I., Yulianto, B., & Asmarani, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here. Journal Of Education Action Research, 4(4), 546. Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V4i4.28925

Komarudin, K. (2015). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Sistem Pembangunan Dan Pembinan Olahraga Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(1). Https://Doi.Org/Komarudin. (2015). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Sistem Pembangunan Dan Pembinaan Olahraga Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Vol. 11. No. 1. Yogyakarta: Fik Uny.

Kristin, F., & Rahayu, D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84–92.

Kurniawati, R., & Irawan, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Kebiasaan Belajar Siswa. Journal For Lesson And Learning Studies, 2(1), 21–29. Https://Doi.Org/10.23887/Jlls.V2i1.17316

Maghfiroh, L. A., & Rozie, F. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Upt Sd Negeri 84 Gresik. Jurnal Media Akademik (Jma), 2(8).

Nisa, L. F. (2023). Upaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Melalui Metode Everyone Is Teacher Here Di Mtsn 1 Lamongan. Universitas Islam Lamongan. Http://Eprints.Unisla.Ac.Id/Id/Eprint/1102

Nurhasanah, N., Sukmawati, S., & Syukri, M. (2022). Evaluasi Program Guru Penggerak Di Sma Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 11(9), 1308–1320. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26418/Jppk.V11i9.57874

Nurinayah, M. (2021). Pengaruh Metode Everyone Is A Teacher Here Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Mi Islamiyah Penjalinbanyu Brebes Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo. Https://Eprints.Walisongo.Ac.Id/Id/Eprint/14466

Oktaviana, T., Wurdjinem, W., & Tarmizi, P. (2018). Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips. Juridikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33369/Juridikdas.1.1.%25p

Rismayanti, G., Puspitasari, W. D., & Cahyaningsih, U. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 306–313.

Sabahiyah, & Khairul Huda. (2021). Penerapan Metode Everyone Is Teacher Here Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sdit Wanasaba. Journal Of Mandalika Literature, 2(3), 19–27. Https://Doi.Org/10.36312/Jml.V2i3.873

Sabil, Q. M., Wadi, H., & Suud, S. (2023). Penerapan Metode Everyone Is Teacher Here Berbantuan Media Video Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Journal Of Classroom Action Research, 5(Specialissue), 82–87.

Safitri, D., & Munjiatun, M. (2018). Penggunaan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 268–278. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33578/Kpd.V1i4.70

Sari, D. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Discovery Learning Dengan Scramble Terhadap Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Sma N 1 Klego Kabupaten Boyolali Semester Ii Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(3), 136–149. Https://Doi.Org/10.51878/Secondary.V1i3.320

Sari, F. M., Azzara, M., & Suhaili, N. W. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Ips. Almufi Jurnal Pendidikan, 2(2), 50–57.

Sasongko, D. G. S., & Widodo, W. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Sosiologi (Eksperimen Pada Sma Swasta Di Jakarta Barat). Herodotus: Jurnal Pendidikan Ips, 2(1), 66–78. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30998/Herodotus.V2i1.5833

Sedarmayanti, S., & Safer, G. Y. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Gugus Satu Desa Neglawangi Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 13(3), 501–524. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31113/Jia.V13i3.100

Seran, E. Y., & Suani, V. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iii Sd. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–8. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31932/Jpaud.V1i1.606

Wahyuni, N. L. A., Atmaja, N. B., & Kertih, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Ips Pada Peserta Didik Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama Kesuma Sari Denpasar. Jurnal Pendidikan Ips Indonesia, 2(2), 59–65.

Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Workshop Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) Bagi Guru-Guru Mgmp Ips Kabupaten Malang Pelatihan Penyusunan. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 73. Https://Doi.Org/10.17977/Um032v0i0p73-79

Wardana, M. K. K., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Passing Control Sepakbola. Jurnal Penjakora, 7(2), 126. Https://Doi.Org/10.23887/Penjakora.V7i2.26403

Widiani, L. P. S., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Sudiana, I. K. (2021). Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is Teacher Here Secara Daring Berbantuan Video Presentasi Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 533. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V5i3.39756

Published

2025-06-24

How to Cite

Silitonga, R. A., Sibagariang, S. A., & Sitorus, D. P. M. (2025). PENGARUH METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VII. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1378–1386. https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1518

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.