PENGARUH METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1518Keywords:
Everyone Is Teacher Here, hasil belajar, IPS, kontrol‑eksperimenAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh metode Everyone Is Teacher Here (ETH) dalam meningkatkan
hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas VII di UPTD SMP Negeri 7
Pematangsiantar. Penelitian menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan kelompok kontrol (metode
ceramah) dan kelompok eksperimen (metode ETH). Sampel terdiri dari dua kelas paralel (VII‑6 dan
VII‑7), masing‑masing 32 siswa, yang diberi pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan statistik
deskriptif dan paired sample t‑test.Hasil menunjukkan bahwa rata‑rata nilai posttest kelompok kontrol
meningkat dari 36,88 menjadi 74,75, sedangkan kelompok eksperimen meningkat dari 37,75 menjadi
84,25. Analisis paired sample t‑test memperlihatkan nilai p (2‑tailed) = 0,000 (< 0,05), yang
menandakan peningkatan hasil belajar pada kelompok eksperimen secara signifikan lebih besar
dibandingkan kelompok kontrol. Dengan demikian, metode ETH terbukti efektif dalam meningkatkan
hasil belajar IPS siswa kelas VII di UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar.
Downloads
References
Agustina, I. B. (2022). Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Metode Everyone Is A Teacher Here. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 485–488.
Andhika, M. R., & Setiawan, A. (2022). Penerapan Model Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Ips Kelas Iv Min 8 Aceh Barat. Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 3(1), 63–75. Https://Doi.Org/10.47887/Amd.V3i1.59
Andra, B. D., K, A., A, Y., & Abadi, Z. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Factory Dan Kesiapan Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Cnc Di Smk Negeri 6 Batam. Jurnal Vokasi Mekanika (Vomek), 4(1), 119–124. Https://Doi.Org/10.24036/Vomek.V4i1.319
Angkow, S. R., Teintang, M., & Sembiring, L. A. (2023). Strategi Mengajar Guru Sekolah Minggu Dalam Penataan Pertumbuhan Rohani Anak. Khamisyim: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 28–39.
Apriyani, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Scramble Menggunakan Media Bulletin Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas Xi Ips Di Sman Tuah Gemilang. Jishum: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 353–362. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.57248/Jishum.V1i3.68
Ariati, Ramly, & Nia, M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Pada Siswa Kelas Xii Ips. Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(2), 51–58. Https://Doi.Org/10.36709/Jpa.V1i2.8
Dewi, S. M. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Rasa Nasionalisme Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips). Jurnal Sekolah Dasar, 3(1). Https://Doi.Org/10.36805/Jurnalsekolahdasar.V3i1.407
Fauzi, A., & Wahyudi, I. (2023). Implementasi Metode Everyone Is A Teacher Here Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa Pada Pelajaran Ski Kelas X Sma Nu Genteng Banyuwangi. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 10–30.
Fitriah, P. I., Yulianto, B., & Asmarani, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here. Journal Of Education Action Research, 4(4), 546. Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V4i4.28925
Komarudin, K. (2015). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Sistem Pembangunan Dan Pembinan Olahraga Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(1). Https://Doi.Org/Komarudin. (2015). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Sistem Pembangunan Dan Pembinaan Olahraga Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Vol. 11. No. 1. Yogyakarta: Fik Uny.
Kristin, F., & Rahayu, D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84–92.
Kurniawati, R., & Irawan, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Kebiasaan Belajar Siswa. Journal For Lesson And Learning Studies, 2(1), 21–29. Https://Doi.Org/10.23887/Jlls.V2i1.17316
Maghfiroh, L. A., & Rozie, F. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Upt Sd Negeri 84 Gresik. Jurnal Media Akademik (Jma), 2(8).
Nisa, L. F. (2023). Upaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Melalui Metode Everyone Is Teacher Here Di Mtsn 1 Lamongan. Universitas Islam Lamongan. Http://Eprints.Unisla.Ac.Id/Id/Eprint/1102
Nurhasanah, N., Sukmawati, S., & Syukri, M. (2022). Evaluasi Program Guru Penggerak Di Sma Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 11(9), 1308–1320. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26418/Jppk.V11i9.57874
Nurinayah, M. (2021). Pengaruh Metode Everyone Is A Teacher Here Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Mi Islamiyah Penjalinbanyu Brebes Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo. Https://Eprints.Walisongo.Ac.Id/Id/Eprint/14466
Oktaviana, T., Wurdjinem, W., & Tarmizi, P. (2018). Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips. Juridikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33369/Juridikdas.1.1.%25p
Rismayanti, G., Puspitasari, W. D., & Cahyaningsih, U. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 306–313.
Sabahiyah, & Khairul Huda. (2021). Penerapan Metode Everyone Is Teacher Here Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sdit Wanasaba. Journal Of Mandalika Literature, 2(3), 19–27. Https://Doi.Org/10.36312/Jml.V2i3.873
Sabil, Q. M., Wadi, H., & Suud, S. (2023). Penerapan Metode Everyone Is Teacher Here Berbantuan Media Video Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Journal Of Classroom Action Research, 5(Specialissue), 82–87.
Safitri, D., & Munjiatun, M. (2018). Penggunaan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 268–278. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33578/Kpd.V1i4.70
Sari, D. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Discovery Learning Dengan Scramble Terhadap Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Sma N 1 Klego Kabupaten Boyolali Semester Ii Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(3), 136–149. Https://Doi.Org/10.51878/Secondary.V1i3.320
Sari, F. M., Azzara, M., & Suhaili, N. W. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Ips. Almufi Jurnal Pendidikan, 2(2), 50–57.
Sasongko, D. G. S., & Widodo, W. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Sosiologi (Eksperimen Pada Sma Swasta Di Jakarta Barat). Herodotus: Jurnal Pendidikan Ips, 2(1), 66–78. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30998/Herodotus.V2i1.5833
Sedarmayanti, S., & Safer, G. Y. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Gugus Satu Desa Neglawangi Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 13(3), 501–524. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31113/Jia.V13i3.100
Seran, E. Y., & Suani, V. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iii Sd. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–8. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31932/Jpaud.V1i1.606
Wahyuni, N. L. A., Atmaja, N. B., & Kertih, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Ips Pada Peserta Didik Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama Kesuma Sari Denpasar. Jurnal Pendidikan Ips Indonesia, 2(2), 59–65.
Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Workshop Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) Bagi Guru-Guru Mgmp Ips Kabupaten Malang Pelatihan Penyusunan. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 73. Https://Doi.Org/10.17977/Um032v0i0p73-79
Wardana, M. K. K., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Passing Control Sepakbola. Jurnal Penjakora, 7(2), 126. Https://Doi.Org/10.23887/Penjakora.V7i2.26403
Widiani, L. P. S., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Sudiana, I. K. (2021). Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is Teacher Here Secara Daring Berbantuan Video Presentasi Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 533. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V5i3.39756
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten