PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII

Authors

  • Angel Nerin Patricia P Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Tumpal Manahara Siahaan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Herlina Hotmadinar Sianipar Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.942

Keywords:

Pengembangan, Media pembelajaran, Kartu Hitung, Keterampilan Berhitung Pembagian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII di UPTD SMP Negeri 12 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Make A Match, dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah), masing-masing berjumlah 32 siswa.Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa semua butir soal valid (r hitung > r tabel = 0,349), dengan koefisien validitas tertinggi 0,7344 dan terendah 0,3542. Reliabilitas instrumen mencapai 0,860 > 0,396, sehingga tes dikategorikan reliabel. Uji normalitas data menunjukkan kedua kelas berdistribusi normal (X² hitung < X² tabel), dan uji homogenitas menunjukkan kedua kelompok bersifat homogen (F hitung = 1,028 < F tabel = 1,804).Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 80 dengan standar deviasi 10,36, sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata 72,375 dengan standar deviasi 10,07. Uji t menunjukkan t hitung = 2,93 > t tabel = 1,67, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kedua kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, dan lebih efektif dibandingkan metode konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Angel Nerin Patricia P, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Tumpal Manahara Siahaan, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Herlina Hotmadinar Sianipar, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

References

Adriliyani, P. A., Dantes, N., & Jayanta, I. N. L. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Model Make A Match Berbasis Lingkungan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(2), 181–191. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V8i2.25035

Anggraeni, A. A. A., Veryliana, P., & Fatkhu R, I. F. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 218. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V3i2.18552

Arisnandar, A., Hakim, A., & Ilmi, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pinisi Journal Of Education, 1(1), 170–184.

Caswati, C. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn 3 Kertasura. Js (Jurnal Sekolah), 6(3), 1. Https://Doi.Org/10.24114/Js.V6i3.35056

Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 9(2), 321–334. Https://Doi.Org/10.26740/Jpap.V9n2.P321-334

Ferdiana, V., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Sinasis (Seminar Nasional Sains), 1(1).

Gading, I. K., & Dian Kharisma, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips Sekolah Dasar. International Journal Of Elementary Education, 1(2), 153. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V1i2.11608

Halawa, W. G. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri 060915 Jl Tb Simatupang Kecamatan Medan Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(2), 375–397. Https://Doi.Org/10.54367/Aquinas.V2i2.558

Harahap, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Mts Daarul Muhsinin Janji Manahan Kawat Labuhan Batu. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/Id/Eprint/11213

Haruna, N. H., & Darwis, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. Publikasi Pendidikan, 10(3), 223. Https://Doi.Org/10.26858/Publikan.V10i3.15159

Ishaq, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas V Sd Negeri 056587 Pantai Sampah Ta 2021/2022. Jurnal Tematik, 12(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24114/Jt.V12i2.35493

Jariyah, H., Indahsari, A. T., & Zanthy, L. S. (2019). Pengaruh Hasil Belajar Matematik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match Terhadap Siswa Smk. Journal On Education, 1(3), 417–421. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V1i3.183

Lestari, B. V., Saputra, H. H., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas Iii Sdn 3 Beleka. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 96–101.

Ma’rifah, J. L., Rohmah, M., & Firmansyah, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom Kelas X Mia Sma Wahidiyah Kediri. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(1). Https://Doi.Org/10.31602/Dl.V3i1.3108

Marhayani, D. A., & Wulandari, F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa Dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran Ips. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V4i1.24047

Mariati, M., Arjudin, A., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 19 Rabangodu Utara Kota Bima Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1). Https://Doi.Org/10.36312/Jime.V8i1.2872

Maulida, I. S., Rahayu, D. W., Hidayat, M. T., & Kasiyun, S. (2020). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Sd. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(1), 82. Https://Doi.Org/10.24114/Sejpgsd.V10i1.18133

Meha, A. M., Mbau, Y. W., & Foeh, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 22. Https://Doi.Org/10.24114/Jpb.V9i2.19078

Munir, M., Kholil, M., & Hariati, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Lingkaran Kelas Viii Mts Darul Hikmah Tamansari Jember. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya (Snmp), 1, 36–40. Https://Doi.Org/Http://Repository.Unigal.Ac.Id:8080/Handle/123456789/1431

Muslimah, M., Mustapa, K., & Ratman, R. (N.D.). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elekrolit Di Kelas X Madrasah Aliya Ddi Lonja. Jurnal Akademika Kimia, 7(1), 23–27.

Nadliyah, A., Taufiq, M., Hidayat, M. T., & Kasiyun, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa. Natural Science Education Research, 2(1), 33–39. Https://Doi.Org/10.21107/Nser.V2i1.5559

Noviyanto, T. S. H., Susanti, B. H., & Khairunnisa, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 572–581. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i1.1855

Noviyanto, T. S. H., Susanti, B. H., & Khairunnisa, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 572–581.

Panjaitan, D. J. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Matematika. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(2), 60–65. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32696/Jmn.V4i2.157

Perdana, A. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Semolowaru 1 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5).

Purwanti, S., & Saputri, N. D. (2020). Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah Karangploso. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 4(1), 445–451. Https://Doi.Org/10.30738/Tc.V4i1.7286

Raharjo, W. T., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Kelas 4 Sd. Satya Widya, 35(2), 168–175. Https://Doi.Org/10.24246/J.Sw.2019.V35.I2.P168-175

Ririantika, R., M, U., Aswadi, A., & Sakkir, G. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Tipe “Make A Match”Terhadap Hasil Belajarbahasa Indonesia. Cakrawala Indonesia, 5(1), 1–6. Https://Doi.Org/10.55678/Jci.V5i1.230

Rohmah, M., Rohman, N., & Utami, A. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Datar Kelas Vii Mts Al-Hidayah Lajo Kidul Tahun Pelajaran 2019/2020. Educatif Journal Of Education Research, 2(3), 1–12. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36653/Educatif.V2i2.16

Setiawan, A., Kusmawanti, R. N., Pratama, D. F., & Kuswendi, U. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Sd Kelas Iv Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Collase (Creative Of Learning Students Elementary Education), 3(1), 12–18. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.22460/Collase.V3i1.3794

Sulhan, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Organ Peredaran Darah Dan Fungsinya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 1. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V4i1.23735

Suprapta, D. N. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Journal Of Education Action Research, 4(3), 240–246.

Susanto, D., & Untari, E. (2022). Eksperimentasi Model Pembelajaran Make A Match (Mm) Dan Two Stay Two Stray (Tsts) Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional (Eq). Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 168–174. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.53299/Diksi.V3i2.201

Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5542–5547. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1363

Vebrianto Susilo, S. (2015). Cooperative Learning Make A Match Dalam Pembelajaran Reading Comprehension Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, I(1), 55–64.

Yaomalieka Hasieba, I., Rohaeni, E., & Ruhyanto, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X Sman 1 Cisaga (Studi Ekperimen Di Kelas X Pada Kompetensi Dasar 3.7 Mendeskripsikan Konsep Manajemen Di Sman 1 Cisaga). Http://Repository.Unigal.Ac.Id:8080/Handle/123456789/1431

Published

2025-04-28

How to Cite

P, A. N. P., Siahaan, T. M., & Sianipar, H. H. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1321–1332. https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.942

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.