PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR KARTU HITUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dwi Ameilia Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia
  • Sigit Edy Purwanto Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia
  • Irdalisa Irdalisa Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.942

Keywords:

Pengembangan, Media pembelajaran, Kartu Hitung, Keterampilan Berhitung Pembagian

Abstract

Keterampilan berhitung pembagian adalah kemampuan peserta didik memahami bahasa matematis dan menggunakannya dalam berpikir dan menyelesaikan masalah sehari-hari mengenai pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media belajar kartu hitung dan efektifitas penggunaan media kartu hitung dalam meningkatkan keterampilan berhitung peserta didik kelas IV. Pengembangan media kartu hitung ini dilakukan dengan metode ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Pelaksanaan), and Evaluation (Evaluasi). Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan pemberian soal sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media kartu hitung. Hasil pengembangan media kartu hitung diuji validitasnya oleh ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi. Ahli materi mendapatkan skor 3,9 dalam kriteria validitas dinyatakan valid dan kriteria kelayakan dinyatakan layak. Validasi ahli media mendapatkan skor 3,8 dalam kriteria validitas dinyatakan valid dan kriteria kelayakan dinyatakan layak. Dan validasi ahli praktisi mendapatkan skor 3,9 dengan kategori kriteria validitas dinyatakan valid dan kriteria kelayakan dinyatakan layak. Hasil uji efektivitas menggunakan paired sample t test pada hasil penilaian pretest dan post-test peserta didik. Hasil dari uji tersebut menunjukkan signifikansi (2 tailed) 0.000. Nilai signifikansi (2 tailed) 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hasil pretest dan post-test terjadi perubahan yang signifikan atau dapat dikatakan media kartu hitung memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dwi Ameilia, Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

Sigit Edy Purwanto, Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

Irdalisa Irdalisa, Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

References

Adawiyah, A. R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino Pada Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2370–2376. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1224

Afifah, H. N., & Fitrianawati, M. (2021). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar. Wasis : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 41–47. Https://Doi.Org/10.24176/Wasis.V2i1.5785

Arima, N., & Indrawati, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multiplication Stick Box Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(7), 1242–1251.

Basuki, B. (2019). Meningkatkan Speaking Skill Siswa Menggunakan Media Twincards Dengan Teknik Permainan Kelas Viii-A Smp Negeri 1 Kalitengah Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 24–35. Https://Doi.Org/Jurnal.Unisda.Ac.Id/Index.Php/Pentas/Article/View/1520

Bunyamin, B., & Amanah, A. (2015). Penggunaan Media Gambar Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Di Kelas I Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru Mi, 2(2). Https://Doi.Org/10.24235/Al.Ibtida.Snj.V2i2.128

Citrasmi, N. W., Wirya, N., & Tegeh, I. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sd. Mimbar Pgsd Undiksha, 4(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V4i2.8425

Fatimah, D. (2020). Pengembangan Media Katela Untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 526–532. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V4i3.29741

Hamann, E. T., & Catalano, T. (2021). Picturing Dual Language And Gentrification: An Analysis Of Visual Media And Their Connection To Language Policy. Language Policy, 20(3), 413–434. Https://Doi.Org/10.1007/S10993-021-09585-1

Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning With Multimedia: The Effects Of Gender, Type Of Multimedia Learning Resources, And Spatial Ability. Computers & Education, 146, 103747. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2019.103747

Iskandar, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Dengan Media Kartu Perkalian. Primary, 2(1), 60–70.

Larasati, M. S., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ush (Uno Stacko Hitung). Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 150–161.

Li, J.-T., & Tong, F. (2019). Multimedia-Assisted Self-Learning Materials: The Benefits Of E-Flashcards For Vocabulary Learning In Chinese As A Foreign Language. Reading And Writing, 32(5), 1175–1195. Https://Doi.Org/10.1007/S11145-018-9906-X

Miftahuddin, M., & Arofah, F. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Hitung Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas Iv. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1). Https://Doi.Org/10.24176/Jino.V3i1.4525

Ndae, M. A., & Widyaningrum, D. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Recripocal Teaching Pair Share Dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(1), 76–84.

Nida, D. M. A. A., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 16. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V8i1.25393

Panjaitan, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas Iia Sdn 78 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 252. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V6i1.4105

Pollard-Durodola, S. D., Gonzalez, J. E., Saenz, L., Resendez, N., Kwok, O., Zhu, L., & Davis, H. (2018). The Effects Of Content-Enriched Shared Book Reading Versus Vocabulary-Only Discussions On The Vocabulary Outcomes Of Preschool Dual Language Learners. Early Education And Development, 29(2), 245–265. Https://Doi.Org/10.1080/10409289.2017.1393738

Reyna, J., Hanham, J., & Meier, P. (2018). The Internet Explosion, Digital Media Principles And Implications To Communicate Effectively In The Digital Space. E-Learning And Digital Media, 15(1), 36–52.

Ridha, M., & Alfian, M. (2021). Pendekatan Linguistik Dalam Pengkajian Hukum Islam Klasik. Al-Qisthu: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Hukum, 18(1). Https://Doi.Org/10.32694/Qst.V18i1.800

Setiawan, Y. U., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Kartu Domino Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 1. Https://Doi.Org/10.32678/Primary.V12i01.2706

Srintin, A. S., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2019). Pengembangan Media Permainan Kartu Umino Pada Pembelajaran Matematika Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 126–138.

Sumiati, M., Dewi, A. S., & Mubarok, M. K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kartikru Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4692–4698. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i7.2334

Suparman, T., Prawiyogi, A. G., & Susanti, R. E. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 250–256. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i2.332

Ulfah, T. A., Wahyuni, E. A., & Nurtamam, M. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kartu Uno Pada Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang.

Umi, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Melalui Kartu Angka. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–17. Https://Doi.Org/10.24042/Ajipaud.V1i1.2998

Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 104–109. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V2i1.607

Published

2025-04-28

How to Cite

Ameilia, D. ., Purwanto, S. E., & Irdalisa, I. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR KARTU HITUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 438–447. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.942

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.