PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR KARTU HITUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.942Keywords:
Pengembangan, Media pembelajaran, Kartu Hitung, Keterampilan Berhitung PembagianAbstract
Keterampilan berhitung pembagian adalah kemampuan peserta didik memahami bahasa matematis dan menggunakannya dalam berpikir dan menyelesaikan masalah sehari-hari mengenai pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media belajar kartu hitung dan efektifitas penggunaan media kartu hitung dalam meningkatkan keterampilan berhitung peserta didik kelas IV. Pengembangan media kartu hitung ini dilakukan dengan metode ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Pelaksanaan), and Evaluation (Evaluasi). Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan pemberian soal sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media kartu hitung. Hasil pengembangan media kartu hitung diuji validitasnya oleh ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi. Ahli materi mendapatkan skor 3,9 dalam kriteria validitas dinyatakan valid dan kriteria kelayakan dinyatakan layak. Validasi ahli media mendapatkan skor 3,8 dalam kriteria validitas dinyatakan valid dan kriteria kelayakan dinyatakan layak. Dan validasi ahli praktisi mendapatkan skor 3,9 dengan kategori kriteria validitas dinyatakan valid dan kriteria kelayakan dinyatakan layak. Hasil uji efektivitas menggunakan paired sample t test pada hasil penilaian pretest dan post-test peserta didik. Hasil dari uji tersebut menunjukkan signifikansi (2 tailed) 0.000. Nilai signifikansi (2 tailed) 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hasil pretest dan post-test terjadi perubahan yang signifikan atau dapat dikatakan media kartu hitung memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan peserta didik.
Downloads
References
Adawiyah, A. R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino Pada Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2370–2376. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1224
Afifah, H. N., & Fitrianawati, M. (2021). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar. Wasis : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 41–47. Https://Doi.Org/10.24176/Wasis.V2i1.5785
Arima, N., & Indrawati, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multiplication Stick Box Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(7), 1242–1251.
Basuki, B. (2019). Meningkatkan Speaking Skill Siswa Menggunakan Media Twincards Dengan Teknik Permainan Kelas Viii-A Smp Negeri 1 Kalitengah Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 24–35. Https://Doi.Org/Jurnal.Unisda.Ac.Id/Index.Php/Pentas/Article/View/1520
Bunyamin, B., & Amanah, A. (2015). Penggunaan Media Gambar Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Di Kelas I Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru Mi, 2(2). Https://Doi.Org/10.24235/Al.Ibtida.Snj.V2i2.128
Citrasmi, N. W., Wirya, N., & Tegeh, I. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sd. Mimbar Pgsd Undiksha, 4(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V4i2.8425
Fatimah, D. (2020). Pengembangan Media Katela Untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 526–532. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V4i3.29741
Hamann, E. T., & Catalano, T. (2021). Picturing Dual Language And Gentrification: An Analysis Of Visual Media And Their Connection To Language Policy. Language Policy, 20(3), 413–434. Https://Doi.Org/10.1007/S10993-021-09585-1
Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning With Multimedia: The Effects Of Gender, Type Of Multimedia Learning Resources, And Spatial Ability. Computers & Education, 146, 103747. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2019.103747
Iskandar, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Dengan Media Kartu Perkalian. Primary, 2(1), 60–70.
Larasati, M. S., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ush (Uno Stacko Hitung). Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 150–161.
Li, J.-T., & Tong, F. (2019). Multimedia-Assisted Self-Learning Materials: The Benefits Of E-Flashcards For Vocabulary Learning In Chinese As A Foreign Language. Reading And Writing, 32(5), 1175–1195. Https://Doi.Org/10.1007/S11145-018-9906-X
Miftahuddin, M., & Arofah, F. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Hitung Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas Iv. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1). Https://Doi.Org/10.24176/Jino.V3i1.4525
Ndae, M. A., & Widyaningrum, D. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Recripocal Teaching Pair Share Dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(1), 76–84.
Nida, D. M. A. A., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 16. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V8i1.25393
Panjaitan, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas Iia Sdn 78 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 252. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V6i1.4105
Pollard-Durodola, S. D., Gonzalez, J. E., Saenz, L., Resendez, N., Kwok, O., Zhu, L., & Davis, H. (2018). The Effects Of Content-Enriched Shared Book Reading Versus Vocabulary-Only Discussions On The Vocabulary Outcomes Of Preschool Dual Language Learners. Early Education And Development, 29(2), 245–265. Https://Doi.Org/10.1080/10409289.2017.1393738
Reyna, J., Hanham, J., & Meier, P. (2018). The Internet Explosion, Digital Media Principles And Implications To Communicate Effectively In The Digital Space. E-Learning And Digital Media, 15(1), 36–52.
Ridha, M., & Alfian, M. (2021). Pendekatan Linguistik Dalam Pengkajian Hukum Islam Klasik. Al-Qisthu: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Hukum, 18(1). Https://Doi.Org/10.32694/Qst.V18i1.800
Setiawan, Y. U., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Kartu Domino Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 1. Https://Doi.Org/10.32678/Primary.V12i01.2706
Srintin, A. S., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2019). Pengembangan Media Permainan Kartu Umino Pada Pembelajaran Matematika Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 126–138.
Sumiati, M., Dewi, A. S., & Mubarok, M. K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kartikru Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4692–4698. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i7.2334
Suparman, T., Prawiyogi, A. G., & Susanti, R. E. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 250–256. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i2.332
Ulfah, T. A., Wahyuni, E. A., & Nurtamam, M. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kartu Uno Pada Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang.
Umi, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Melalui Kartu Angka. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–17. Https://Doi.Org/10.24042/Ajipaud.V1i1.2998
Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 104–109. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V2i1.607
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten