PENGEMBANGAN MEDIA PHYSICS LAB INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1243Keywords:
Pengembangan, Media Poster, Physics Lab Interaktif, Berpikir Kreatif, MahasiswaAbstract
Penelitian ini dimaksud untuk mengembangkan Media Physics Lab Interaktif Dalam Meningkatkan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Fisika Uhkbpnp. Penelitian ini merupakan penelitian Reserch & Development (R&D) atau yang biasa disebut dengan desain penelitian ini mengacu pada beberapa tahap penelitian pengembangan. Model Pengembangan dalam peneletian ini mengacu pada model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan pendesmininasian (disseminate). Namun, pada pengembangan ini hanya dilakukan sampai pada tahap ketiga yaitu tahap pengembangan (develop). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah komunikasi tidak langsung dan pengukuran. Data dalam penelitian ini berupa data kualitas media melalui angket validitas berdasarkan ahli materi dan media, respon mahasiswa terhadap media yang dikembangkan dan kemampuan berpikir kreatif pada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media physics lab yang dibuat layak digunakan sebagai alat pembelajaran pada mata kuliah eksperimen fisika lanjutan. Penilaian pakar sesuai dengan kriteria baik pakar materi, pakar media, dan pakar bahasa memenuhi kelayakan pengembangan media. Media physics lab memiliki tingkat keberterimaan yang "sangat mendukung" oleh mahasiswa, dengan ketuntasan klasik 99,2%. Untuk hasil analisis kemampuan berpikir kreatif pada mahasiswa juga mengalami peningkatan dari pretes ke postes disetiap aspek pada berpikir kreatif, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengembangan media physics lab dapat meningkat berpikir kreatif mahasiswa prodi pendidikan fisika UHKBPNP
Downloads
References
Bahtiar, B., Kafrawi, M., & Yeni, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Media Film Animasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Mts. Al-Intishor Sekarbela. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 207. Https://Doi.Org/10.31764/Orbita.V6i2.2876
Bogar, D. Y., Jufriansah, A., & Prasetyo, E. (2023). Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Buletin Edukasi Indonesia, 2(03), 102–112.
Candrawaty, D. A., Damariswara, R., & Aka, K. A. (2022). Analisis Respon Guru Dan Siswa Terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Android Materi Non Fiksi Bermuatan Kearifan Lokal Kediri Raya. Jurnal Basicedu, 6(4), 7456–7465. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3459
Dewi, A. U. (2021). Curriculum Reform In The Decentralization Of Education In Indonesia: Effect On Students’ Achievements. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1), 158–169. Https://Doi.Org/10.21831/Cp.V40i1.33821
Friedlander, L. T., Meldrum, A. M., & Lyons, K. (2019). Curriculum Development In Final Year Dentistry To Enhance Competency And Professionalism For Contemporary General Dental Practice. European Journal Of Dental Education, 23(4), 498–506. Https://Doi.Org/10.1111/Eje.12458
Hasanah, A. R., Salam, M. A., & Mahtari, S. (2019). Developing The Interactive Multimedia In Physics Learning. Journal Of Physics: Conference Series, 1171(1), 12019. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1171/1/012019
Hidayat, A. S. E., & Setyawan, F. (2020). Analysis Of Secondary School Mathematics Teachers’ Pedagogical Content Knowledge And Intended Teaching In Curriculum Reformation. Journal Of Physics: Conference Series, 1613(1), 012082. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1613/1/012082
Joshi, A., Vinay, M., & Bhaskar, P. (2021). Impact Of Coronavirus Pandemic On The Indian Education Sector: Perspectives Of Teachers On Online Teaching And Assessments. Interactive Technology And Smart Education, 18(2), 205–226. Https://Doi.Org/10.1108/Itse-06-2020-0087
Kusumahwardani, D., Pramadi, A., & Maspupah, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Audiovisual Berbasis Animaker Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(1), 110–115. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V8i1.1665
Manurung, S., & Pangabean, D. D. (2017). Analysis Of Learning Tools In The Study Of Developmental Of Interactive Multimedia Based Physic Learning Charged In Problem Solving. Journal Of Physics: Conference Series, 846(1), 12029. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/846/1/012029
Manurung, S. R. (2020). Improving Students’thinking Ability In Physics Using Interactive Multimedia Based Problem Solving. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(2), 460–470. Https://Digilib.Unimed.Ac.Id/Id/Eprint/39767
Novawan, A., & Aisyiyah, S. (2020). The Role Of Leadership In Education For Sustainable Development Curriculum Reform In Indonesian Higher Education. In Introduction To Sustainable Development Leadership And Strategies In Higher Education (Bll 145–159). Emerald Publishing Limited. Https://Doi.Org/10.1108/S2055-364120200000022014
Pajarwati, D., Mardiah, H., Harahap, R. P., Siagian, R. O., & Ihsan, M. T. (2021). Curriculum Reform In Indonesia: English Education Toward The Global Competitiveness. Etdc: Indonesian Journal Of Research And Educational Review, 1(1), 28–36. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51574/Ijrer.V1i1.51
Panda, F. M., & Boy, B. Y. (2021). Implementation Of Phet Virtual Laboratory Media-Based Physics Learning On The Progress Of Student Concept Mastery During The Covid-19 Pandemic Implementasi Pembelajaraan Fisika Berbasis Media Laboratorium Virtual Phet Terhadap Perkembangan Penguasaan Kons. Jurnal Geliga Sains (Jgs): Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 123–128.
Rahmawati, A. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (Mmi) Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Psej (Pancasakti Science Education Journal), 4(1), 7–17.
Saleh, M., & Woro Andhini, L. W. A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Wahana, 73(2), 236–247. Https://Doi.Org/10.36456/Wahana.V73i2.5539
Setiawan, B. (2020). The Anxiety Of Educational Reform And Innovation: Bridging Of Top-Down And Bottom-Up Strategies Within Practice Educational Reform Of Curriculum In Indonesia. Studies In Philosophy Of Science And Education, 1(2), 87–96. Https://Doi.Org/10.46627/Sipose.V1i2.30
Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Di Mts Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections, 5(2), 26–37. Https://Doi.Org/10.47200/Intersections.V5i2.553
Suminto, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Kartun Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Mts Negeri 05 Madiun. Likhitaprajna, 21(1), 92–101.
Suryandari, S., Destiara, M., & Rahmawati, H. (2022). Development Of Introductory Teaching Materials For The Collaborative Science Laboratory Of Culture, Islam And Technology. Bio-Inoved: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(2), 158–166.
Syaifudin, F. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Kemampuan Representasi Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas V Mi Ma’arif Ngrupit Ponorogo. Iain Ponorogo. Http://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/Id/Eprint/8437
Wahid, W. (2015). Flyer Media Lab Natural Science To Improve Student Achievement. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Negeri Malang, 2(1), 44–52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten