PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDIO, VISUAL, INTELLECTUAL) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1153Keywords:
Media Wordwall, Hasil Belajar, Matematika, PecahanAbstract
Hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 122381 Pematangsiantar pada materi pecahan tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar ini disebabkan oleh pembelajaran yang bersifat teacher centered dan guru cenderung hanya menggunakan metode ceramah. Siswa pun merasa bahwa matematika, khususnya materi pecahan, adalah pelajaran yang sulit karena memerlukan pemahaman konsep dan keterampilan berhitung. Berdasarkan hasil pendahuluan tersebut, peneliti merancang pembelajaran dengan berbantuan media interaktif Wordwall pada materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas V SD Negeri 122381 Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan desain True Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa, yang dibagi menjadi dua kelompok secara acak. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda berjumlah 20 soal. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 77,75 dan kelompok kontrol sebesar 58,25. Berdasarkan uji N-Gain, rata-rata peningkatan pada kelompok eksperimen sebesar 63,32% dan kelompok kontrol sebesar 29,23%. Selain itu, hasil uji-t menunjukkan nilai thitung = 7,014 > ttabel = 2,024 sehingga H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh signifikan penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas V SD Negeri 122381 Pematangsiantar.
Downloads
References
Aeni, N., & Lestari, M. T. (2021). Pengaruh Label Halal, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (Jebma), 1(2), 117–126. Https://Doi.Org/10.47709/Jebma.V1i2.996
Afi, D. A. Y., Diantanti, N. P., & Darajat, A. H. (2024). Pengaruh Diversifikasi Produk, Daya Tarik Wisata Dan Harga Tiket Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan. Tamasya: Jurnal Pariwisata Indonesia, 1(2), 11–21. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.62383/Tamasya.V1i2.38
Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 216–221.
Astuti, S. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Mepet Sawah Di Desa Pematang Sikek Kec. Rimba Melintang Kab. Rokan Hilir Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Http://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/Id/Eprint/61836
Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal Of Indonesian Tourism, Hospitality And Recreation, 1(2), 83–96. Https://Doi.Org/10.17509/Jithor.V1i2.13769
Azmi, Z. F., Purwanto, H., & Fatmala, I. A. (2024). Pengaruh Citra Destinasi, Harga Tiket Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Nusantara Edu Park Madiun. Simba: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 6.
Bolang, E. H., Mananeke, L., & Lintong, D. C. A. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Lokasi Dan Harga Tiket Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Pada Makatete Hill’s Desa Warembungan. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V9i1.33041
Fahmi, D. N., & Maria, M. (2020). Persepsi Petani Terhadap Implementasi Kartu Tani (Studi Kasusdesa Kadirejo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang). Jurnal Agrisep: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 19(2), 315–330. Https://Doi.Org/10.31186/Jagrisep.19.2.315-330
Fajar, M. (2024). Pengaruh Harga, Fasilitas, Citra Destinasi Dan Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang. Universitas Multi Data Palembang. Http://Rama.Mdp.Ac.Id:84/Id/Eprint/622
Firdaus, I. Z., Purwoko, P., & Setyawan, R. R. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Distribusi Dan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (Mea), 6(3), 1466–1478. Https://Doi.Org/10.31955/Mea.V6i3.2491
Listyo Anggraita, S. (2023). Pengaruh Fasilitas, Persepsi Harga Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Objek Wisata Umbul Ponggok Klaten. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (Bismak), 3(2), 93–103. Https://Doi.Org/10.47701/Bismak.V3i2.2933
Mahendra, R. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Online Marketing, Electronic Word Of Mouth, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Fellas.Co. Performa, 6(3), 255–264. Https://Doi.Org/10.37715/Jp.V6i3.2528
Mandey, J. B. (2013). Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild, 1(4), 9. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart Di Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 165–173. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30596%2fsnk.V1i1.3594
Nufus, H., & Handayani, T. (2022). Strategi Promosi Dengan Memanfaatkan Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada Tn Official Store). Jurnal Emt Kita, 6(1), 21–34. Https://Doi.Org/10.35870/Emt.V6i1.483
Nurdiana, N., & Santoso, A. (2023). Pengaruh Harga Tiket, Fasilitas Objek Wisata, Dan Keamanan Terhadap Minat Berwisata Di Objek Wisata Telaga Ngebel. Jre: Jurnal Riset Entrepreneurship, 6(1), 40–47.
Purnamawati, A., & Satvika, R. (2022). E-Commerce: Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Perbankan (Jumpa), 9(3), 60–72. Https://Doi.Org/10.55963/Jumpa.V9i3.490
Purwanti, E. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, 5(9), 13–28. Https://Doi.Org/10.1007/Bf02532975
Putri, E. M., Wahyudi, P. B., Zahro, S. A., Kirana, S. W., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Meningkatkan Citra Merek Untuk Memperoleh Keunggulan Bersaing Melalui Perencanaan Dan Pengembangan Bisnis Yang Efektif Pada Produk Kosmetik. Economics And Business Management Journal (Ebmj), 3(01), 134–142.
Rachman, G. G., & Yuningsih, K. (2016). Pengaruh Biaya Distribusi Dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan (Studi Pada Sari Intan Manunggal Knitting Bandung). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 10(September 2010), 151–175.
Sari, D. P., & Soliha, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia Di Kota Semarang. Https://Www.Unisbank.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Sendi_U/Article/View/8617
Sri Rahayu, Nunuk Supraptini, Dian Anggraini, Risqi Fajar Ramadhan, & Aditya Fulvian Mahatma. (2024). Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisatawan Terhadap Minat Kunjung Pada New Celosia Bandungan. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 21(1), 125–132. Https://Doi.Org/10.56910/Gemawisata.V21i1.448
Suaidi, A. W., Purwanto, H., & Fatmala, I. A. (2024). Pengaruh Fasilitas, Harga Tiket Dan Daya Tarik Terhadap Minat Berkunjung (Studi Empiris Pada Wisata Danau Ngebel Ponorogo). Simba: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 6.
Wulandari, R. W., Sidanti, H., & Kadi, D. C. A. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata, Persepsi Harga, Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Lawu Park Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Simba: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten