PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.612Kata Kunci:
Media Audio Visual, Hasil Belajar, Sekolah DasarAbstrak
Pada abad ke 21 mewajibkan peserta didik mampu memiliki berbagai macam keterampilan dasar. Keterampilan ini diantaranya keterampilan dalam proses belajar serta berinovasi, keterampilan memakai dan menjadikan teknologi lebih bermanfaat serta mampu mempertahankan dalam menerapkan kecakapan hidup (life skill). Matematika merupakan salah satu mata Pelajaran yang penting untuk diajarkan karena dasar dari ilmu pengetahuan. Pada pembelajaran matematika memiliki banyak operasi hitung didalamnya yang memuat prinsip mengamati, mencermati dan menghitung sehingga pemahaman lebih besar dari peserta didik. Penggunaan media pembelajaran yang sangat menarik seperti media audio visual tentunya mendukung peserta didik dalam mengikuti mebelajaran khususnya pada mata Pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar matematika siswa di SDN 122365 Pematangsiantar.
Unduhan
Referensi
Agustin, N. K. T. J., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tps Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa. Journal For Lesson And Learning Studies, 2(2), 239–249.
Amelia, C., & Manurung, A. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4346–4355. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i3.2848
Barbara, N. K. R., & Bayu, G. W. (2022). Powtoon-Based Animated Videos As Learning Media For Science Content For Grade Iv Elementary School. International Journal Of Elementary Education, 6(1), 29–37. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V5i4.39821
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru Mi, 3(1). Https://Doi.Org/10.24235/Al.Ibtida.Snj.V3i1.584
Fauzi, A., & Setiawan, H. (2020). Etnomatematika: Konsep Geometri Pada Kerajinan Tradisional Sasak Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). Https://Doi.Org/10.30651/Didaktis.V20i2.4690
Inayah, N. R., Sukmawati, R. A., & Amalia, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Platform Powtoon Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Computing And Education Technology Journal, 1, 1–10. Https://Doi.Org/Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu
Isnaeni, R., & Radia, E. H. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 304–313. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i2.281
Juhaeni, J., Wiji, S., Wadud, A. J., Saputra, H., Azizah, I. N., & Safaruddin, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Perkembangbiakan Tumbuhan. Journal Of Instructional And Development Researches, 2(6), 241–247. Https://Doi.Org/10.53621/Jider.V2i6.176
Mahatir, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Minat Belajar Murid Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Di Sd Anak Bangsa Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Mardati, A. (2021). Media Digital Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta, 1(01), 172–178. Https://Doi.Org/10.36728/Semnasutp.V1i01.25
Mulyasari, D. W., Abdussakir, A., & Rosikhoh, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika “Permainan Engklek” Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.21274/Jtm.2021.4.1.1-14
Novera, R. D., Sukasno, S., & Sofiarini, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon Menggunakan Konsep Etnomatematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7161–7173.
Nurdiansyah, A., Gunawana, A., & Sari, M. Z. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 59–65. Https://Doi.Org/10.56393/Lentera.V3i2.1826
Purwanti, Y. I., & Simatupang, N. D. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Terhadap Kemampuan Menulis Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharma Wanita Dlanggu Mojokerto. Gen.
Rijal, F. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Rukun Iman Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 49 Kota Banda Aceh. Pionir: Jurnal Pendidikan, 7(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.22373/Pjp.V7i1.3321
Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 73–79. Https://Doi.Org/10.17977/Um009v28i22019p073
Sari, D. A., Ramadi, R., & Ragil, V. P. P. (2021). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas 1a Sd Negeri Gandaria Utara 03. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Lppm Umj, 1(1).
Selamet, I. K. (2020). Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas V Sd Inpres Tumpu Jaya I. Jurnal Paedagogy, 7(2), 121–125. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V7i2.2505
Suria Oktaviani, M. D., Suwatra, I. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 89. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V3i1.17662
Syifa, M. M., & Supriatna, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Crossword Puzzle (Teka Teki Silang) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ips Kelas Vi Di Sdn Serang 7. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 41–48.
Syupriyanti, L., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Interaktif Menggunakan Pendekatan Ctl Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Sd. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 237–243. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V1i3.54
Ulum, B. (2018). Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri Untuk Sekolah Dasar Pada Motif Batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 686. Https://Doi.Org/10.26740/Jrpd.V4n2.P686-696
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten