PENERAPAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII-4 SMPN 5 PERCUT SEI TUAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.170Keywords:
Kepercayaan Diri, Konseling Kelompok, Penelitian Tindakan Kelas, Siswa Sekolah Menengah PertamaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui layanan konseling kelompok di kelas VIII-4 SMPN 5 Percut Sei Tuan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Hopkins yang terdiri atas empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa dengan tingkat kepercayaan diri yang beragam. Instrumen yang digunakan meliputi angket kepercayaan diri, lembar observasi, catatan lapangan, dan wawancara terbuka. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing dua pertemuan konseling kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa, yang ditandai dengan peningkatan skor rata-rata dari 54 menjadi 81, serta adanya perubahan perilaku seperti keberanian berbicara, keterlibatan aktif, dan sikap terbuka dalam interaksi sosial. Penelitian ini merekomendasikan agar layanan konseling kelompok dijadikan program rutin dalam mendukung perkembangan psikologis siswa
Downloads
References
Ardini, F. M., & Rosmila, M. (2021). Profil Perencanaan Karir Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas Mathlaúl Anwar. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 4(1), 9–16. Https://Doi.Org/10.33541/Jsvol2iss1pp1
Aulia, R. R., & Saragih, N. A. (2024). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas X Disma Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Variable Research Journal, 1(01), 86–98. Https://Variablejournal.My.Id/Index.Php/Vrj/Article/View/13
Daru, A. (2020). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Modelling Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Anak Di Desa Keputran Kabupaten Pringsewu Tahun 2020. Uin Raden Intan Lampung.
Desi, P. (2022). Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Efendi, S., Azwar, B., & Hartini, H. (2023). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Komunikasi Melalui Bimbingan Kelompok Di Man 01 Kepahiang. Institut Agama Islam Negeri Curup. Http://E-Theses.Iaincurup.Ac.Id/Id/Eprint/5596
Fadhilah, M. F., Alkindi, D., & Muhid, A. (2021). Cyber Counseling Sebagai Metode Meningkatkan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah: Studi Literature. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 86–94. Https://Doi.Org/Http://Doi.Org/10.25273/Counsellia.V11i1.8393
Faiz, A., Dharmayanti, A., & Nofrita, N. (2018). Etika Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendekatan Filsafat Ilmu. Indonesian Journal Of Educational Counseling, 2(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.30653/001.201821.26
Harahap, P., & Chita, A. (2021). Prosedur Kelompok Dalam Konseling. Yogyakarta: Mirra Buana Media.
Kartika, D. R. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas Viii Di Smp N 22 Kota Jambi. Universitas Jambi. Https://Repository.Unja.Ac.Id/Id/Eprint/62493
Kurniati, E. (2018). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah; Prinsip Dan Asas. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 54–60. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31604/Ristekdik.2018.V3i2.54-60
Lattu, D. (2018). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(1), 61–67. Https://Doi.Org/10.30598/Jbkt.V2i1.236
Manurung, P. (2021). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling. Hikmah, 17(2), 115–127. Https://Doi.Org/10.53802/Hikmah.V17i2.96
Maryati, L., Fadila, F., & Sumarto, S. (2025). Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Dalam Mengatasi Masalah Bullying Di Sma Negeri 4 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup. Http://E-Theses.Iaincurup.Ac.Id/Id/Eprint/8251
Messakh, B. J. T. (2019). Dimensi Pastoral Dalam Doa: Menemukenali Praktik Doa Yang Bertanggungjawab Dalam Pelayanan Pendampingan Dan Konseling Pastoral. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 3(2), 33–46. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37368/Ja.V3i2.95
Muliarahmat, A., & Prasetiawan, H. (2021). Keefektivan Layanan Konseling Kelompok Teknik Self-Management Untuk Mereduksi Kecanduan Game Online. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 1.
Nadhifa, F., Habsy, B. A., & Ridjal, T. (2020). Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Efektifkah? Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 49–58. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21009/Pip.341.6
Nasution, H. S., & Abdillah, S. A. (2019). Bimbingan Konseling “Konsep, Teori Dan Aplikasinya”. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (Lpppi).
Sahin, A. (2025). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa: A Systematic Literature Review (Slr). Journal Of Psychology And Education Counseling (Jpec), 1(1).
Saputri, G. Z., Akrom, Muhlis, M., & Muthoharoh, A. (2019). Efek Konseling Menggunakan Brief Counseling 5a Modifikasi Disertai Pesan Motivasional Farmasis Dalam Peningkatan Perilaku Dan Outcome Klinik Pasien Diabetes Melitus Dengan Hipertensi Rawat Jalan Di Rsud Panembahan Senopati, Bantul. Jurnal Farmasi Klinik Indonesia, 8(1), 31–41.
Suryanti, S. (2019). Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Analisis Fakta Sosial Berbasis Konseling Feminis Terhadap Ketimpangan Gender). Musawa: Journal For Gender Studies, 10(1), 1–22. Https://Doi.Org/10.24239/Msw.V10i1.385
Susi Fitri, & Revitia Thalita Salsabila. (2020). Gambaran Self-Compassion Guru Bimbingan Dan Konseling Pada Jenjang Sma Negeri Se-Dki Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 9(2), 179–192. Https://Doi.Org/10.21009/Insight.092.08
Tarigan, N. B., Harahap, A. C. P., & Manurung, P. (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Untuk Meningkatkan Self Disclosure Anak Panti Asuhan. Cons-Iedu, 4(2), 168–183. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51192/Cons.V4i2.886
Telaumbanua, K. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Lahusa. Jurnal Education And Development, 4(1), 25. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37081/Ed.V4i1.248
Ulfa, M., & Suarningsih, N. K. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Melalui Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas Viii Smpn 1 Kapontori. Psikologi Konseling, 12(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24114/Konseling.V12i1.12181
Umam, A. K. U., & Hasanah, M. (2023). Teknik Self-Management Pada Layanan Konseling Untuk Peningkatan Kedisiplinan Siswa. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 57–66.
Vania, N. R., Supriatna, E., & Fatimah, S. (2019). Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Dalam Rangka Pengelolaan Stres Akademik Peserta Didik Kelas Viii Smp. Fokus: Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(6), 250–264.
Wahyuningsih, D. D. (2020). Panduan Untuk Konselor Teknik Self Management Dalam Bingkai Konseling Cognitive Behavior Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Smp. Penerbit Cv. Sarnu Untung.
Wulandari, S. R. I. (2021). Efektivitas Konseling Kelompok Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Di Smk Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Https://Doi.Org/Http://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/Id/Eprint/57163
Wulandari, T., Syukur, Y., Netrawati, N., & Hariko, R. (2022). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Jpgi (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(2), 376–380. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.29210/022282jpgi0005
Yuniarti, D., Hartini, H., & Rizal, S. (2024). Analisis Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Bullying Di Smpn 5 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup. Http://E-Theses.Iaincurup.Ac.Id/Id/Eprint/7517
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten