PENGARUH STRATEGI MODELLING THE WAY DISERTAI METODE DEMONSTRASI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DAN KETERAMPILAN LITERASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1061Kata Kunci:
Modelling The Way, Metode Demonstrasi, Membaca Puisi, LiterasiAbstrak
Masalah awal yaitu rendahnya nilai siswa materi subbab membaca puisi dan keterampilan literasi. Tujuan riset mengetahui bagaimana strategi modelling the way disertai metode demonstrasi mempengaruhi keterampilan membaca puisi dan keterampilan literasi. Penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan Randomized Control Group Only Design. Pada penelitian ini Perlakuan yang akan peneliti berikan pada kelas eksperimen adalah menggunakan strategi modeliing the way dan metode demonstrasi sedangkan pada kelas kontrol penggunaan media pembelajaran konvensional. Dengan sampel kelas eksperimen di SDN 03 Batu Bulek sebanyak 18 siswa dan Kelas kontrol di SDN 14 Balai Tangah sebanyak 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket performance test. Teknik analasis data uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis yaitu uji t dan uji multivariate untuk mengukur skor tingkat keterampilan membaca puisi dan keterampilan literasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh strategi modeling the way disertai metode demosntrasi terhadap keterampilan membaca puisi dengan pembelajaran konvensional pada materi puisi terlihat pada rata-rata nilai keterampilan membaca puisi yang siginifikan dan perolehan uji-t dnegan nilai sig. sebesar 0,000; dan juga terdapat perbedaan pengaruh strategi modeling the way disertai metode demonstrasi terhadap keterampilan membaca puisi dan keterampilan literasi dengan pembelajaran konvensional melalui hasil pengujian uji F nilai sig. sebesar 0,000.
Unduhan
Referensi
Ahmad, S. (2010). Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. PT Ciputat Press.
Akbar, A. (2017). Membudayakan literasi dengan program 6M di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42–52.
Ameh, P. O., & Zain, A. (2014). Effects of Lecture and Demonstration Methods on the Academic Achievement of Students in Chemistry in Nassarawa Local Government Area of Kano State. International Journal of Modern Social Sciences, 1(1), 29–37.
Apriliana, D. (2022). Literacy Learning in Early Grades: Teacher Thought on Teaching Literacy. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(4).
Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. PT. Rineka Cipta.
Damanik, A. W. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Modelling The Way Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Swasta GKPS 1 Pematang Raya. Universitas Negeri Medan).
Djamarah, Syaiful bahri & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta.
Farahiba, A. S. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Peserta Didik pada Materi Teks Anekdot. JDPP: Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 146–154.
Halawa, S. A., Harefa, Y., & Zebua, S. (2022). Penerapan Modelling The Way Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 590–597.
Indramini. (2016). Efektivitas Penerapan Strategi Modelling the Way dalam Pembelajaran Membaca Puisi pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Tompobolu Kab. Bantaeng. Jurnal Perspektif, 2(1).
McClellan, J. . (2021). Practicing What We Preach: Modeling the Way for Students by Developing Facultty and Staff as Leader. Journal of Leadership Education, 20(4).
Mulyono. (2019). Pembelajaran Keterampilan Membaca Puisi dengan Metode Demontrasi di Sekolah Dasar. Stilistika, 5(1), 61–69.
Nurhasanah, A. (2016). Penggunaan metode simulasi dalam pembelajaran Keterampilan Literasi Informasi IPS bagi Mahasiswa PGSD. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 87–95.
Setiawan, H., Aji, S. M. W., & Aziz, A. (2019). Puisi Berbasis Hasil Karya Gambar: Upaya Penguatan Literasi Siswa SD Kelas Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 50–60.
Zahara, F. S., & Nurhayati. (2023). Modeling The Way dalam Puisi. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (1st ed.). Tahta Media Group.
Zahara, S. F. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Strategi Modelling The Way Siswa Kelas X SMK Swasta Jambi Medan. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 94-99.
Zahara, S. F., & Nurhayati, N. (2022). EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI MODELLING THE WAY DALAM MEMBACA PUISI DI SMK. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 233–241.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten