PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA SISWA SMA NEGERI 4 AMBON

Penulis

  • Audrey Louise Makatita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1289

Kata Kunci:

Model Project-based learning 2.Pengembangan Perangkat 3. Hasil belajar kognitif

Abstrak

Pemilihan strategi dan model pembelajaran yang sesuai dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengembangan perangkat pembelajaran yang menggabungkan model Project-Based Learning (PjBL) pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Evaluasi hasil pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model 4D, yang mencakup tahapan Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dan kemampuan mereka dalam menjawab soal-soal, seperti terlihat dari nilai rata-rata siswa yang berada dalam rentang 81-85 dengan frekuensi relatif sebesar 20%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adan, S. I. A. (2023). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran.

Anggraini, N., Nazip, K., Amizera, S., & Destiansari, E. (2022). Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6625–6631. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3143

Apriany, W. A., Winarni, E. W., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 88–97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.12308

Budiarso, A. S. (2017). Analisis Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Edukasi, 4(2), 15. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i2.5204

Eliza, F., Suriyadi, S., & Yanto, D. T. P. (2019). Peningkatan Kompetensi Psikomotor Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di SMKN 5 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(2), 57–66. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.427

Kurniahtunnisa, K., Anggraito, Y. U., Ridlo, S., & Harahap, F. (2023). STEM-PjBL Learning: The Impacts on Students’ Critical Thinking, Creative Thinking, Communication, and Collaboration Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i7.2985

Magdalena, I., Rizqina Agustin, E., & Fitria, S. M. (2024). Konsep Model Pembelajaran. Sindoro CENDIKIA PENDIDIKAN.

Mahanal, S., Darmawan, E., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2010). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v1i1.179

Marpaung, F. N., Nadeak, B., & Naubaho, L. (2023). Teknik Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3761–3772.

Norita, E., & Hadiyanto, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kognitif Berbasis Multimedia di TK Negeri Pembina Padang. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.783

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430

Patmanidar, P. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share (Tps). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(1), 79–90. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.232

Putri, A. T., Idrus, I., & Yennita, Y. (2017). Analisis Korelasi Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Model Pbl. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.1-9

Riska Anisa Indriyani, Wahyu Lestari, & Farid Setiawan. (2023). Urgensi Manajemen Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i2.981

Shinta, R., Suasti, Y., & Ernawati, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Macromedia Director Pada Pembelajaran Ips. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 369–376. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.991

Suraji, R., & Sastrodiharjo, I. (2021). Peran spiritualitas dalam pendidikan karakter peserta didik. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 570. https://doi.org/10.29210/020211246

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-18

Cara Mengutip

Makatita, . A. L. (2024). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA SISWA SMA NEGERI 4 AMBON. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 136–146. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1289

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.