UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA 9 SUB TEMA 2 MELALUI MODEL PROBLEM BASE LEARNING SISWA KELAS V SDN 14 ULAKAN TAPAKIS
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1006Kata Kunci:
Hasil Belajar, IPS, PBLAbstrak
Kegiatan belajar ialah proses pendidikan secara menyeluruh yang didalamnya terdapat tahapan interaksi antara pendidik dan peserta didik yang saling berhubungan dalam keberlangsungan proses pembelajaran. Untuk menjadi seorang pendidik tidak cukup hanya memiliki ilmu yang mendalam, tetapi transfer ilmu ini memerlukan ilmu yang baik dan benar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan bagaimanakah peningkatan hasil belajar tematik dengan menggunakan model PBL Di Kelas V SDN 14 Ulakan Tapakis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas SDN 14 Ulakan Tapakis yang berjumlah 20 orang, 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi dilihat dari sisi guru yaitu 78,57% siklus I meningkat menjadi 94,63% pada siklus II. Sedangkan dilihat dari aspek siswa yakni 80,35 % pada siklus I meningkat menjadi 94,63 % pada siklus II. maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model dalam pembelajaran tematik terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Unduhan
Referensi
Abduh, M. (2016). Evaluasi Pembelajaran Tematik Dilihat dari Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 2 (1).
Abdullah. (2023). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran. Tsaqofah, 3(1), 23–38. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.732
Asrori, M. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung :CV Wacana Prima.
Budi. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16, 229–238. https://media.neliti.com/media/publications/123218-ID-pendidikan-karakter-sebagai-upaya-mencip.pdf
Daryanto, Sudjendro, & Herry. (2014). Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Erita, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 12588–12594.
Erita Yeni. (2022). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07(2), 878–887.
Inah. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Al-Ta’dib, 8, 150–166.
Junaidi. (2002). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Diklat, 3(14), 12.
Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. JURNAL IKA : IKATAN ALUMNI PGSD UNARS, 8(2), 304.
Prihadi, B. (2014). Penerapan Langkah-Langkah Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013. JUKESHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 1–8.
Purwanto. (2017). Evaluasi hasil Belajar. Jakrta : Social Agency Baru.
Ramli, M. (2015). Hakikat pendidikan dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61–85.
Sukmawati, H. (2013). Tripusat Pendidikan. Jurnal Pilar, 2(2), 175–194.
Sumantri, M. S. (2015). Strategi PembelajaranTeori dan Praktik di Tingkat Pendidikan dasar. Depok : PT Rajagrafindo Persada.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten