IMPLEMENTASI MODEL SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1039Kata Kunci:
Sosiodrama, Sikap Cinta Tanah Air, Pendidikan PancasilaAbstrak
Penelitian ini salah satu tujuan yang paling utama yaitu peningkatan sikap nasionalisme di kalangan mahasiswa, mengingat dalam hasil observasi mahasiswa saling acuh terhadap temannya dalam hal ini jika di dalam kelas atau di luar kelas acuh terhadap temannya dan sulit berkolaborasi dengan baik antar teman. Nilai-nilai luhur ini harus lebih ditingkatkan lagi selain pengajaran akademik juga penting. Pada Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu kelas ekonomi semester 1 program studi pendidikan ekonomi yang berjumlah 34 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen, di mana dalam penilaiannya dalam bentuk One Group Pre-Test Post-Test yang dilakukan pada satu sampel yaitu kelas program studi matematika saja tanpa kelas kontrol. Metode analisisnya yaitu statistik inferensial di mana dalam statistik ini hasilnya digunakan untuk menggeneralisasikan sebuah populasi secara keseluruhan. Dalam penelitian ini kami menggunakan Uji t untuk menguji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditarik sebuah kesimpulan yaitu implementasi sosiodrama dapat meningkatkan dan menguatkan sikap nasionalisme atau sikap cinta tanah air mahasiswa pada mata kuliah pendidikan Pancasila.
Unduhan
Referensi
Apdelmi, A., & Fadila, T. A. (2017). Implementasi Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Pada Pembelajaran Sejarah. HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 5(2), 143. https://doi.org/10.24127/hj.v5i2.912
Aulya Noor Yosevina. (2020). library .uns.ac.id digilib.uns.ac.id IMPLEMENTASI METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS. Library UNY, 60.
Elviana, P. S. O., & Murdiono, M. (2017). Pengaruh metode sosiodrama terhadap hasil belajar dan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran PKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 33–50. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14560
Flanagan, R. M., & Symonds, J. E. (2022). Children’s self-talk in naturalistic classroom settings in middle childhood: A systematic literature review. Educational Research Review, 35(January). https://doi.org/10.1016/j.edurev.2022.100432
Hardini, T. (2015). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI METODE SOSIODRAMA DI KELAS 5 SD TLOMPAKAN 01 - TUNTANG. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 120. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p120-135
Latifa, D., & Juanda, A. (2015). Sosiodrama pada Pembelajaran IPS sebagai Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Ilmiah WUNY, 16(4). https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i4.3513
Mulinda, R., Afiati, E., & Conia, D. D. P. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 31–41.
Nuraida, N. (2020). Implementasi Metode Sosiodrama Dengan Bermain Peran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Adab Makan dan Minum. Jurnal Literasiologi, 4(1), 16–28. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i1.130
Reflianto, A., Bustami, Y., & Syafruddin, D. (2019). Efektivitas Metode Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Minat Belajar Siswa Biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.17509/aijbe.v2i1.14172
Sardjo, S., & Setiawan, L. K. (2019). Sikap Nasionalisme di SMPN 1 Muaro Jambi. Publikasi Pendidikan, 9(2), 117. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.9001
Sari, E. P. (2013). Pengembangan Model Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Sikap Prososial. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 79–85.
W Indryastuti. (2016). Efektivitas Positive Self Talk Terhadap Motivasi Belajar. Bimbingan Dan Konseling, V edisi 12, 544–556.
Wicaksana, A. (2016). HUBUNGAN METODE SOSIODRAMA DAN MINAT SISWA. Https://Medium.Com/. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten