IMPLEMENTASI MODEL SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA

Penulis

  • Irma Noervadila Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Situbondo, Jawa Timur, Indonesia
  • Miftahus Surur Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Situbondo, Jawa Timur, Indonesia
  • Syaiful Anam Pendidikan Agama Islam, STITMA Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1039

Kata Kunci:

Sosiodrama, Sikap Cinta Tanah Air, Pendidikan Pancasila

Abstrak

Penelitian ini salah satu tujuan yang paling utama yaitu peningkatan sikap nasionalisme di kalangan mahasiswa, mengingat dalam hasil observasi mahasiswa saling acuh terhadap temannya dalam hal ini jika di dalam kelas atau di luar kelas acuh terhadap temannya dan sulit berkolaborasi dengan baik antar teman. Nilai-nilai luhur ini harus lebih ditingkatkan lagi selain pengajaran akademik juga penting. Pada Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu kelas ekonomi semester 1 program studi pendidikan ekonomi yang berjumlah 34 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen, di mana dalam penilaiannya dalam bentuk One Group Pre-Test Post-Test yang dilakukan pada satu sampel yaitu kelas program studi matematika saja tanpa kelas kontrol. Metode analisisnya yaitu statistik inferensial di mana dalam statistik ini hasilnya digunakan untuk menggeneralisasikan sebuah populasi secara keseluruhan. Dalam penelitian ini kami menggunakan Uji t untuk menguji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditarik sebuah kesimpulan yaitu implementasi sosiodrama dapat meningkatkan dan menguatkan sikap nasionalisme atau sikap cinta tanah air mahasiswa pada mata kuliah pendidikan Pancasila.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Apdelmi, A., & Fadila, T. A. (2017). Implementasi Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Pada Pembelajaran Sejarah. HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 5(2), 143. https://doi.org/10.24127/hj.v5i2.912

Aulya Noor Yosevina. (2020). library .uns.ac.id digilib.uns.ac.id IMPLEMENTASI METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS. Library UNY, 60.

Elviana, P. S. O., & Murdiono, M. (2017). Pengaruh metode sosiodrama terhadap hasil belajar dan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran PKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 33–50. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14560

Flanagan, R. M., & Symonds, J. E. (2022). Children’s self-talk in naturalistic classroom settings in middle childhood: A systematic literature review. Educational Research Review, 35(January). https://doi.org/10.1016/j.edurev.2022.100432

Hardini, T. (2015). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI METODE SOSIODRAMA DI KELAS 5 SD TLOMPAKAN 01 - TUNTANG. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 120. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p120-135

Latifa, D., & Juanda, A. (2015). Sosiodrama pada Pembelajaran IPS sebagai Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Ilmiah WUNY, 16(4). https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i4.3513

Mulinda, R., Afiati, E., & Conia, D. D. P. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 31–41.

Nuraida, N. (2020). Implementasi Metode Sosiodrama Dengan Bermain Peran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Adab Makan dan Minum. Jurnal Literasiologi, 4(1), 16–28. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i1.130

Reflianto, A., Bustami, Y., & Syafruddin, D. (2019). Efektivitas Metode Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Minat Belajar Siswa Biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.17509/aijbe.v2i1.14172

Sardjo, S., & Setiawan, L. K. (2019). Sikap Nasionalisme di SMPN 1 Muaro Jambi. Publikasi Pendidikan, 9(2), 117. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.9001

Sari, E. P. (2013). Pengembangan Model Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Sikap Prososial. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 79–85.

W Indryastuti. (2016). Efektivitas Positive Self Talk Terhadap Motivasi Belajar. Bimbingan Dan Konseling, V edisi 12, 544–556.

Wicaksana, A. (2016). HUBUNGAN METODE SOSIODRAMA DAN MINAT SISWA. Https://Medium.Com/. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-12

Cara Mengutip

Noervadila, I., Surur, M. ., & Anam, S. . (2023). IMPLEMENTASI MODEL SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 427–436. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1039

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.