UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SPLDV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Penulis

  • Irham Habibi Harahap Pendidikan Matematika, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia
  • Dwi Novita Sari Pendidikan Matematika, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1212

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan penting abad 21 yang perlu dikembangkan melalui pembelajaran inovatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Swasta Husni Thamrin Medan, yang dibagi menjadi dua kelas: kelas eksperimen menggunakan model PBL dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes berpikir kritis dan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model PBL lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Disarankan agar guru matematika mempertimbangkan penggunaan model PBL dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Irham Habibi Harahap, Pendidikan Matematika, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Pendidikan Matematika, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Dwi Novita Sari, Pendidikan Matematika, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Pendidikan Matematika, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Referensi

Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, Dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37–52. Https://Doi.Org/10.23917/Ppd.V7i1.10736

Adinda, E. N., Helminsyah, H., & Marlini, C. (2020). Efektivitas Penerapan Model Paired Story Telling Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V Sdn 68 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 4.

Agustina, A. A., Misdalina, M., & Lefudin, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 186. Https://Doi.Org/10.24127/Jpf.V8i2.2673

Fidriani, A. J., Entika Fani Prastikawa, & Ab Prabowo Kusumo Adi. (2021). Video Vlog As Teaching Media In Improving The Students’ Speaking Ability In Procedure Text. Journal Of English Education And Linguistics, 2(2), 37–49. Https://Doi.Org/10.56874/Jeel.V2i2.531

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V3i3.180

Hadi, A., Nasaruddin, N., & Husniati, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Kelas V Sdn 4 Pringgabaya Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(2), 124–133. Https://Doi.Org/10.29303/Pendas.V1i2.64

Hariyadin, & Nasihudin. (2021). Pengembangan Keterampilan Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 733–743.

Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan Kreativitas Dan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Motode Pembelajaran Berbasis Steam And Loose Part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 263–278. Https://Doi.Org/10.24090/Yinyang.V15i2.3917

Juansah, D. E., Pujiastuti, H., & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2345. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V11i3.5213

Kusnadi, R. M., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tarogong Kidul Dalam Masalah Statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: Powermathedu, 1(2), 173–182. Https://Doi.Org/10.31980/Powermathedu.V1i2.2229

Martianawati, F., . P., & D.H., D. P. (2018). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemandirian Anak Kelompok B Di Tk Mandiri Pedurungan Semarang. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 58–79. Https://Doi.Org/10.26877/Paudia.V7i1.2485

Mufarihah, N., Yuliastuti, R., & Nurfalah, E. (2022). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Pada Materi Peluang Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (Jrpipm), 2(2), 50. Https://Doi.Org/10.26740/Jrpipm.V2n2.P50-61

Putri, Y. P., & Supatmo, S. (2020). Model Pembelajaran Seni Grafis Cukil Hardboard Pada Kelas Ix Smp Negeri 1 Bawen. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 9(3), 70–92. Https://Doi.Org/10.15294/Eduarts.V9i3.40511

Reza Ahmadi, M., Nizam Ismail, H., & Kamarul Kabilan Abdullah, M. (2023). The Importance Of Metacognitive Reading Strategy Awareness In Reading Comprehension. English Language Teaching, 6(10), 235–244. Https://Doi.Org/10.5539/Elt.V6n10p235

Rijal, A. S. (2018). Pemakaian Kitab Kuning Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fiqh Di Madrasah Tsanawiyah Berbasis Pesantren Di Pamekasan. Muslim Heritage, 2(2), 293. Https://Doi.Org/10.21154/Muslimheritage.V2i2.1113

Rohmah, N., Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2022). Meta Analisis: Model Pembelajaran Pbl Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 945–963. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V6i1.1254

Utari, F. D., Barlian, I., & Deskoni, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Muhammadiyah 2 Palembang. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 40–49. Https://Doi.Org/10.36706/Jp.V5i1.5635

Zebua, N. S. A., Zalukhu, A., Herman, H., Hulu, D. B. T., Tambunan, H., & Pangaribuan, F. (2023). Analisis Kemampuan Guru Dalam Menanamkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal On Education, 5(3), 6047–6053. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i3.1370

Diterbitkan

2025-06-24

Cara Mengutip

Harahap, I. H., & Sari, D. N. (2025). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SPLDV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1407–1412. https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1212

Terbitan

Bagian

Articles