PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY PADA MATERI FUNGSI KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 TONDANO

Penulis

  • Tiara Pilomali FMIPAK, Universitas Negeri Manado, Sulawesi Utara, Indonesia
  • Santje M. Salajang FMIPAK, Universitas Negeri Manado, Sulawesi Utara, Indonesia
  • Rosiah J. Pulukadang FMIPAK, Universitas Negeri Manado, Sulawesi Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.1246

Kata Kunci:

Model, Two Stay – Two Stray, Hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penguasaan konsep pembelajaran matematika terutama pada materi fungsi, hal ini berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan dalam menghitung nilai dari sebuah fungsi dan dalam menentukan bentuk penyajian fungsi serta penggunaan metode pembelajaran secara konvensional yang membuat siswa kaku dan bosan dengan pelajaran matematika. Sehingga untuk meningkatkan penguasaan konsep dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay-Two Stray. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tondano. Rancangan penelitian ini menggunakan desain posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, sementara sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII A berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang terdiri atas 32 siswa. Berdasarkan data diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 85,94 sementara rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol 79,31. Uji kenormalan data menunjukkan data terpenuhi berdistribusi normal. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa berbentuk essay. Hasil analisis data dengan taraf nyata 0,05 diperoleh thitung > ttabel (3,2145 > 1,670). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Two Stay-Two Stray pada materi fungsi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan model pembelajaran konvensional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arianti, R., Akib, H., & Saleh, S. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif TipeTwo Stay Two Stray (TSTS) pada Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pinrang The Use of Cooperative Learning Type Two Stay Two Stray (TSTS) in Office Administration Program at State Vocational School 1 Pinrang. In Jurnal Office (Vol. 3, Issue 2).

Bali, M. M. E. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Pebelajar. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 29–42. https://doi.org/10.52431/murobbi.v4i1.225

Istarani. (2012). Model Pembelajaran Inovatif Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran. PT. Media Persada.

Iswari, A. P., Sunarsih, E. S., & Tamrin, A. G. (n.d.). Student Civil Engineering Education FKIP UNS 2 Lecturer Civil Engineering Education FKIP UNS 3 Lecturer Civil Engineering Education FKIP UNS 2 THE COMPARISON ON RESULT OF LEARNING BETWEEN USING CONVENTIONAL LEARNING MODEL AND TEAM ACCELERATED INSTRUCTION SUBJECT DRAWING BUILDING CONSTRUCTION IN CLASS X TGB SMKN 2 SURAKARTA.

Kadiriandi, R., & Ruyadi, Y. (2017). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA PASUNDAN 3 BANDUNG. In SOSIETAS (Vol. 7, Issue 2).

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Padangsidimpuan Afridapane, I. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2).

Purnomo Aji, T., & Sri Wulandari, S. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/joa

Riadi, M. (2016). Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray. Https://Www.Kajianpustaka.Com/2016/03/Model-Pembelajaran-Tipe- Two-Stay-Two-Stray.Html.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulistyanti, L., Siahaan, J., & Junaidi, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dipadukan dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 17. https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1137

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAKEM. Pustaka Pelajar.

Zairmi, U., Fitria, Y., & Amini, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Vol. 3, Issue 4). https://jbasic.org/index.php/basicedu

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-23

Cara Mengutip

Pilomali, T., Salajang, S. M. ., & Pulukadang, R. J. . (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY PADA MATERI FUNGSI KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 TONDANO. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 190–196. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.1246

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.