STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1333Kata Kunci:
Strategi, Akidah Akhlak, Karakter, MTs Al- IhsanAbstrak
Artikel ini membahas tentang pentingnya pendidikan dalam membentuk karakter religius di Madrasah Tsanawiyah. Pendidikan dianggap sebagai salah satu pilar utama dalam membentuk karakter bangsa, karena pendidikan yang diterapkan di negara ini memiliki pengaruh yang besar terhadap keseluruhan masyarakat. Pembentukan karakter religius berarti menciptakan lingkungan yang didominasi oleh nilai-nilai agama, khususnya ajaran dan nilai-nilai Islam. Lingkungan ini menciptakan suasana di mana pandangan hidup yang mengikuti ajaran Islam dapat berkembang dan tercermin dalam sikap dan keterampilan hidup anggota komunitas madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 122 siswa kelas IX dan 2 guru akidah akhlak MTs Al-Ihsan Tanah Grogot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter religius di MTs Al-Ihsan Tanah Grogot dilakukan melalui berbagai upaya, antara lain: 1) Pembiasaan, metode pembiasaan terbukti sangat efektif dalam menanamkan nilai-nilai agama kepada siswa. Hal ini dilakukan dengan membiasakan siswa untuk melakukan berbagai amalan ibadah, seperti sholat, mengaji, dan membaca Al-Qur'an. 2) Keteladanan, Guru dan staf madrasah menjadi teladan bagi siswa dalam berperilaku dan bertutur kata sesuai dengan nilai-nilai agama. 3) Kegiatan keagamaan, Madrasah menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan, seperti pengajian, zikir, dan tadarus Al-Qur'an.
Unduhan
Referensi
Abdillah, A., & Syafei, I. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Hikmah Teladan Bandung. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 17–30. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.171-02
Abdurrohim, A., Adiyono, A., & Harun, M. (2023). Dissemination of Faith in The Early Muslim Community in The Mecca Period: An Analysis of The Process And its Impact on Islamic Faith Education. International Journal Ihya''Ulum al-Din, 25(2), 112-123. https://doi.org/10.21580/ihya.25.2.18199
Adila, A. U., Sari, I. P., & Adiyono, A. (2023). The Role of Teachers in The Development of Islamic Religious Education (PAI) Curriculum in Public Junior High Schools. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(1), 1-8. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v15i1.8368
Adiyono, A., Fadhilatunnisa, A., Rahmat, N. A., & Munawarroh, N. (2022). Skills of Islamic Religious Education Teachers in Class Management. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 6(1), 104-115. https://doi.org/10.35723/ajie.v6i1.229
Adiyono, A. (2020). Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas X Agama di Madrasah Aliyah Negeri Paser. Cross-border, 3(1), 224-243.
Adiyono, A., Julaiha, J., & Jumrah, S. (2023). Perubahan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Paser. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 33-60. https://doi.org/10.24256/iqro.v6i1.4017
Akhyar, Y. (2021). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Anak. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 132–146. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.363
Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. (2021). Peran Guru sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Kedisiplinan Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5213–5220. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1579
Aini, Q. (2023). Implementation of an independent curriculum in supporting students' freedom to create and learn. Journal of Scientific Research, Education, and Technology (JSRET), 2(3), 999-1008.
Ayuba, J. O. (2023). Islamic Education Ideology of Pesantren: A Case Study in Hidayatullah Pesantren Balikpapan. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 18(2), 99-116. https://doi.org/10.19105/tjpi.v18i2.10186
Badruzaman, A., & Adiyono, A. (2023). Reinterpreting identity: The influence of bureaucracy, situation definition, discrimination, and elites in Islamic education. Journal of Research in Instructional, 3(2), 157-175. https://doi.org/10.30862/jri.v3i2.264
Fatimah, S., Eliyanto, E., & Huda, A. N. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Religius Melalui Blended Learning Internalization of Religious Values Through Blended Learning. Alhamra: Jurnal Studi Islam, 3(2), 169–179.
Fikriyah, S., Mayasari, A., Arifudin, O., & Sabili Bandung, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak dalam Menyikapi Bulliying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.
Hafidz, F., Farida, I., Lestari, P. K., & Dewi, R. S. (2023). Urgensi Penerapan Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Utaman dalam Menciptakan Sekolah Berkarakter. Lencana, 1(2), 237–250.
Halimah, N., & Adiyono, A. (2022). Unsur-Unsur Penting Penilaian Objek Dalam Evaluasi Hasil Belajar. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 2(1), 160-167.
Harianto, J. (2021). Pencegahan Radikalisme dalam Membentuk Karakter Anak Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Evaluasi Dan Pendidikan, 3(2), 1–9. https://jepjurnal.stkipalitb.ac.id/index.php/hepi
Irsad Rusdiani, N., Setyowati, L., Putri Agustina, N., & Januar Mahardhani, A. (2023). Penguatan Moral dan Agama Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha di TK Negeri Pembina Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 89–96. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index
Istiqomah, N., Lisdawati, L., & Adiyono, A. (2023). Reinterpretasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Optimalisasi Implementasi dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 85-106. https://doi.org/10.24256/iqro.v6i1.4084
Mardhatillah, A., Fitriani, E. N., Ma’rifah, S., & Adiyono, A. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sma Muhammadiyah Tanah Grogot. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal, 2(1), 1-17.
Munandar, A., Muryati, J., Hilmizen, N., & Koswara, E. (2024). Psikologis dan Sosiologis dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Negeri 21 Kota Tangerang Selatan: Studi Kasus di SMPN 21 Kota Tangerang Selatan. Religion Education Social La Roiba Journal, 6(5), 2297–2314. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i5.1236
Musri, N. A., & Adiyono, A. (2023). Kompetensi Guru Mata Pelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Keunikan Belajar. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 3(1), 33-42. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2203
Murni, M., & Adiyono, A. (2024). Prophetic Leadership: A Review Of Its Role In Improving Islamic Education Institutions In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(1), 179-196.
Nasution, L. Z. (2020). Penguatan Industri Halal bagi Daya Saing Wilayah: Tantangan dan Agenda Kebijakan. Journal Of Regional Economics Indonesia, 1(2), 33–57. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jrei/
Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 2580–362. https://doi.org/10.29240/jpd
Prayogi, A., & Fina Firqotun Najiyah. (2023). Metode dan Strategi Guru PAI dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter (Studi Kasus di SMPN 6 Taman Kabupaten Pemalang). Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i1.19
Rahmad, W. B., & Kibtiyah, A. (2022). Pembentukan Karakter Religius, Disiplin dan Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Tahfidzul Qur’an di SD Islam Roushon Fikr Jombang. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(2), 31–52.
Ridwan, I. (2020). Sejarah Kontribusi Majelis Ta’lim dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 17–41.
Rosmini, H., Ningsih, N., Murni, M., & Adiyono, A. (2024). Transformasi Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Era Digital: Strategi Administrasi Pendidikan Berbasis Teknologi di Sekolah Menengah Pertama. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(1), 165-180.
Safitri, R. N. (2020). Pengaruh Nilai Toleransi Keluarga dan Tingkat Pendidikan Ibu Terhadap Karakter Toleransi Anak. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(3), 947–961.
Safitri, I. N., & Adiyono, A. (2023). Model Pendidikan Karakter Interaktif (Transformasi Disiplin Siswa Melalui Kreativitas Pembelajaran). JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(6), 977-991.
Saraya, A., Mardhatillah, A., Fitriani, E. N., & Adiyono, A. (2023). The Role Of Islamic Religious Education Teachers: Problems In Evaluating Student Learning Outcomes In Junior High Schools. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 565-572. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1060
Salsabila, U. H., Hutami, A. S., Fakhiratunnisa, S. A., Ramadhani, W., & Silvira, Y. (2021). Peran Pendidikan Islam terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(3), 329–343. https://doi.org/10.33367/ji.v10i3.1391
Setiawan, Y., & Karolina, A. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. International Journal of Educational Resources, 1(3), 162–178.
Ulum, B., & Syafi, I. (2022). Implementing Contextual Teaching and Learning Models in Islamic Religious Education Learning. In Academicus: Journal of Teaching and Learning (Vol. 1, Issue 1). http://academicus.pdtii.org/index.php/acad/index.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten