ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS VIII PADA MATERI BARIS DAN DERET DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.134Kata Kunci:
Problematic Analysis, Online Learning, Understanding of The ConceptAbstrak
Abstrak
Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan dengan tidak bertatap muka secara langsung, melainkan menggunakan platform yang dapat mempermudah proses belajar mengajar sehingga dapat dilakukan dengan jarak yang jauh. Akan tetapi banyak permasalahan yang dialami selama pembelajaran secara daring. SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring dipilih sebagai subjek penelitian karena dari data yang didapat rata-rata nilai siswa SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring dalam mata pelajaran matematika khususnya dalam materi baris dan deret masih sedang. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah data nilai hasil tes dan data respons siswa terkait problematika pemahaman konsep pada materi baris dan deret. Dalam pelaksanaannya, penelitian dilakukan secara online menggunakan google form dikarenakan pandemi covid-19 yang masih berlangsung. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pemahaman konsep siswa terhadap materi baris dan deret cenderung sedang di mana siswa belum mampu menyelesaikan soal baris dan deret secara matematis. Hal ini dikarenakan selama pembelajaran daring siswa mengalami problematika dalam konesksi yang tidak stabil, kurangnya dukungan orang tua, dan rasa bosan karena pemapaparan materi yang monoton.
Unduhan
Referensi
Alighiri, D., Drastisianti, A., & Susilaningsih, E. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Materi Larutan Penyangga Dalam Pembelajaran Multiple Representasi. Pemahaman Konsep Siswa Materi Larutan Penyangga Dalam Pembelajaran Multiple Representasi, 12(2), 2192–2200.
Anwar, H. (2017). Hasil Belajar Barisan dan Deret Aritmatika Melalui Pembelajaran Skrip Kooperatif. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 3(2), 113–122.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Asmuni. (2016). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. 3(3), 36–40.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
Ella Sandra, Edy Tandililing, E. O. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton di SMA Negeri 3 Bengkayang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(10), 1–8. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/29100
Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872
Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Smp Kelas VII Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Ekp, 13(3), 1576–1580.
Handarini, O. I., & Siti Sri Wulandari. (2018). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005
Hardiyanti, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Kelas IX SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Barisan Dan Deret. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 2(2), 57. https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i2.206
Karlimah, Rustono W.S, Oyon Haki Pranata, D. A. M. L. (2010). Oleh : PROGRAM STUDI S . 1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Abstrak.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Megita Dwi Pamungkas, M. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kreativitas Belajar Matematika Dengan Pemanfaatan Software Core Math Tools (Cmt). 56–64.
Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106
Pamungkas, M. D., & Wicaksono, A. B. (2019). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri bidang berdasarkan teori newman.
Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80
Rahmawati, F. (2013). Efektivitas Pembelajaran Discovery Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP IT Az Zahra Jati Agung Tahun Pelajaran 2019/2020). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.60
Septiahani, A., Melisari, & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 311–322.
Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). PEMBELAJARAN DARING KOMBINASI BERBASIS WHATSAPP PADA KELAS KARYAWAN PRODI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PGRI MADIUN. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204
Tong, D. H., & Loc, N. P. (2017). Students’ errors in solving mathematical word problems and their ability in identifying errors in wrong solutions. European Journal of Education Studies, 3(6), 226–241. https://doi.org/10.5281/zenodo.581482
Widyatari, R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Ditinjau Dari Komunikasi Matematika. Skripsi, 1–14.
Yusri, R. (2017). Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Sma Negeri Kabupaten Solok. Jurnal LEMMA, 3(1). https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i1.1389
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten