ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL KELAS X SMA NEGERI 2 TARERAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1344Kata Kunci:
Newman, Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel.Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal
cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptifi kualitatif yaitu dengan langkah-langkah 1)
pengumpulan data, 2) reduksi/kondensasi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes tertulis berupa lima soal cerita serta
wawancara dengan 5 siswa yang diplih berdasarkan jenis kesalahan yang dilakukan berdasarkan
prosedur Newman yang bertujuan untuk mendalami penyebab kesalahan tersebut dan
mengidentifikasi lebih lanjut kesalahan yang terjadi. Subjek yang digunakan pada penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X (Sepuluh) yang berjumlah 21 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh
kesimpulan yaitu siswa yang melakukan kesalahan membaca 2,86% yang disebabkan oleh siswa salah
atau keliru dalam membaca angka atau simbol yang ada pada soal, kesalahan memahami masalah
sebesar 11,43% yang disebabkan oleh karena siswa tidak mengerti apa yang diketahui dan ditanyakan
dalam soal, kesalahan transformasi sebesar 9,52% yang disebabkan oleh karena siswa tidak tau cara
membuat persamaan ke model matematika yang tepat, kesalahan keterampilan proses sebesar 31,43%
yang disebabkan oleh karena dalam proses penyelesaian soal siswa kurang teliti dalam melakukan
perhitungan yang menyebabkan hasil akhir yang didapat salah, dan kesalahan penulisan jawaban akhir
sebesar 23,81% yang disebabkan oleh karena siswa tidak menuliskan kesimpulan atau jawaban akhir
dan juga karena perhitungan yang salah sehingga hasil akhir menjadi salah pula.
Unduhan
Referensi
Damopolii, I. P., Tilaar, A. L. F., & Sumarauw, S. J. A. (2024). Analisis Penggunaan Aplikasi Alef Education Pada Pembelajaran Matematika Di Mts Al-Mujahidin Tomohon. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 5(211–218). http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Debi, S., Kadir, K., Masi, L., & Salim, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Amal Pendidikan, 2(2), 130. https://doi.org/10.36709/japend.v2i2.19563
Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632–642. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.508
Gunawan, A. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V Sdn 59 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 9(2), 216–225. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.216-225
Indar, K., Makalunsenge, P., Tumalun, N. K., & Wenas, J. R. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang Sisi Datar Menurut Prosedur Newman Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Langowan. 4(2), 691–697.
Karinda, A. V., Tumalun, N. K., & Kaunang, D. F. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Dengan Model Skematik Fong. Jurnal Education and Development, 11(2), 207–213. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4670
Karouw, A. A. E., K. Tumalun, N., & F. Monoarfa, J. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Aljabar Menggunakan Prosedur Newman. Jurnal Sains Riset, 13(1), 41–46. https://doi.org/10.47647/jsr.v13i1.874
Kebudayaan, K. P. dan. (2014). Buku Matematika Kelas X (Agung Lukito dan Sisworo. (ed.); Revisi 201). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Khusaini, F., Hidayat, T., & Meifiani, N. I. (2020). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pacitan. STKIP Pacitan, 1–7.
Nurhayati, N., Labulan, P. M. L., & Berahman, B. (2022). Kemampuan Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Pada Siswa Kelas X. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 121–128. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i2.963
Oroh, V., Manurung, O., & Tumalun, N. K. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Matriks. Adiba: Journal of Education, 2(2), 282–291.
Palandeng, B. M., Tumalun, N. K., & Wenas, J. R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matriks Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707
Putri, A., & Ain, S. Q. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Di Kelas VA SDN 176 Pekanbaru. 2, 223–234.
Sughesti, M. M., Muhsetyo, G., & Susanto, H. (2020). Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. 4, 1–11.
White, A. L. (2018). Australian Mathematics Literacy Perspectives: Assessment. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 8(1), 69–82. https://doi.org/10.46517/seamej.v8i1.65
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten