PENGARUH KEMAMPUAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI, SARANA PRASARANA, DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SD NEGERI SE KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1394Kata Kunci:
Mutu Pendidikan, Kemampuan Teknologi Informasi Komunikasi, Sarana Prasarana, Kompetensi Profesional GuruAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kemampuan teknologi informasi komunikasi, sarana prasarana, dan kompetensi profesional guru terhadap mutu pendidikan SD Negeri se Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah semua guru SD Negeri di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Jumlah sampel penelitian 208 guru. Analisis penelitian meliputi analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh kemampuan teknologi informasi komunikasi terhadap mutu pendidikan sebesar 30,6% dengan persamaan regresi Y = 51,763 + 0,686X1; (2) terdapat pengaruh sarana prasarana terhadap mutu pendidikan sebesar 31,8% dengan persamaan regresi Y = 54,529 + 0,490X2; (3) terdapat pengaruh kompetensi profesional guru terhadap mutu pendidikan sebesar 35,7% dengan persamaan regresi 46,594 + 0,790X3; dan (4) terdapat pengaruh kemampuan teknologi informasi komunikasi, sarana prasarana, dan kompetensi profesional guru terhadap mutu pendidikan sebesar 49,5% dengan persamaan regresi Y = 12,149 + 0,387X1 + 0,198X2 + 0,446X3.
Unduhan
Referensi
Annisa Alfath, Fara Nur Azizah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYONGSONG KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73
Arikunto. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan taktik, Jakarta: Rineka Cipta,Cet.Ke-13. Rineka Cipta.
Dr. Herpratiwi, M. P. (2016). Buku Teori Belajar dan Pembelajaran. In Media Akademi.
Febrian, V. R. (2023). Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jump.v5i1.60747
Gazali, M., & Pransisca, M. A. (2020). PENTINGNYA PENGUASAAN LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BAGI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MENYIAPKAN SISWA MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRY 4.0. JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION. https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.76
Hasanah, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pakem Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 4 Batukliang. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3546
Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP). https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158
Kurniasih, I., Arafat, Y., & Mulyadi, M. (2021). STRATEGI PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA SEKOLAH DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. CAHAYA PENDIDIKAN. https://doi.org/10.33373/chypend.v6i2.2798
Rohiyatun, B. (2019). STANDAR SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan. https://doi.org/10.33394/vis.v4i1.1974
Rolan, R. (2020). MEMBANGUN KARAKTER SEKOLAH BERMUTU MELALUI KOMUNIKASI YANG EFEKTIF. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala. https://doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1393
Siregar, E. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) DALAM UPAYA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM). Jurnal Dinamika Pendidikan. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i2.812
Sugiyono, P. D. (2019a). Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2019b). Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alfabeta, CV. (p. 334).
Suriono, Z. (2022). Analisis SWOT dalam Identifikasi Mutu Pendidikan. ALACRITY : Journal of Education. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i3.50
Warsihna, J. (2013). KOMPETENSI TIK UNTUK GURU. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.23
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten