english

Penulis

  • Zumrotun Lutfiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dharmas Indonesia., Sumatera Barat, Indonesia
  • Martiya Nurni Khairita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dharmas Indonesia., Sumatera Barat, Indonesia
  • Islamiah Islamiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dharmas Indonesia., Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1452

Kata Kunci:

Teknik Pengelompokan, Menulis, Bahasa Inggris, Teks Deskriptif

Abstrak

Absrak

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari teknik clustering terhadap kemampuan menulis siswa di kelas sepuluh SMKN 13 Bungo pada teks deskriptif. Penerapan teknik clustering dalam pengajaran menulis adalah salah satu cara untuk mengetahui pengaruh teknik clustering dalam kemampuan mengajar menulis atau tidak. Dalam penelitian ini teknik klustering diterapkan pada kelas sepuluh OTKP SMKN 13 Bungo semester genap tahun pelajaran 2023/2024.  dalam penelitian ini data yang diperoleh peneliti berdistribusi normal dengan tingkat signifikansi hasil pre test kelas eksperimen mempunyai signifikansi sebesar 0,307 dan hasil post test kelas eksperimen mempunyai signifikansi sebesar 0,691. Kemudian untuk tingkat signifikansi dari kelas kontrol untuk pre-test sebesar 0,071 sedangkan post-test sebesar 0,471. Dapat disimpulkan pre=test dan post test kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal karena taraf signifikansi > 0,05.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abd.salam. 2011. “USING CLUSTERING TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS ’ WRITING OF RECOUNT TEXT By DEPARTMENT OF ENGLISH EDUCATION FACULTY OF TARBIYAH AND TEACHERS ’ TRAINING ‘ SYARIF HIDAYATULLAH ’ STATE ISLAMIC UNIVERSITY.”

Alawi, Fikri Fauzi. 2011. “Improving Students’ Ability in Writing Descriptive Text Using Clustering Technique (An Action Research at Eight Grade Students of MTs. Darul Ma’arif Cipete- Jakarta).” Thammasat Review 116(1–116): 1–5.

Ali, Zuraidah, and Melor Md Yunus. 2004. “An ESL Writing Course: Unravelling Students’ Needs and Concerns.” The English Educator 32(114): 1–13.

Alisha, Fika, Nisfu Safitri, Iman Santoso, and Ikip Siliwangi. 2019. “Students’ Difficulties in Writing Efl.” Professional Journal of English Education 2(1): 20–25.

Divani, Faradella Agnesia, M Ali Ghufron, and Moh Fuadul Matin. 2018. “Students’ Difficulties in Writing EFL Descriptive Text.” Jurnal Pendidikan Edutama 2(1): 1–9.

Eramona, Feradilla, and Muhd Al Hafizh. 2014. “Using the Clustering Technique In Teaching Writing a Descriptive Text To Junior High School.” journal of English Language Teaching 2(2)(March): 73–81.

Kano, Farid Yahya, and Fenty Riskyanawati. 2001. “JournE Volume 2 Number 2 English Education Study Program.” 2(2): 194–200.

KHUMAIRO, IKA NUR. 2019. “ARTIKEL THE IMPACT OF CLUSTERING TECHNIQUE TO STUDENTS ’ DESCRIPTIVE WRITING ABILITY FOR 10 TH GRADE IN SMK PGRI 4 KEDIRI By : IKA NUR KHUMAIRO Advisors : FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION SURAT PERNYATAAN ARTIKEL SKRIPSI TAHUN 2019.”

Klimova, Blanka Frydrychova. 2012. “The Importance of Writing.” Paripex - Indian Journal Of Research 2(1): 9–11.

Lynch, Tony, and Kenneth Anderson. 2013. “Grammar for Academic Writing.” English Language Teaching Centre: 1–6. https://www.ed.ac.uk/files/atoms/files/grammar_for_academic_writing_ism.pdf.

Noprianto, Eko. 2017. “Student ’ s Descriptive Text Writing in SFL Perspectives.” 2(1): 65–81.

Nurfidoh, Siti, and Evie Kareviati. 2021. “An Analysis of Students’ Difficulties in Writing Descriptive Texts.” PROJECT (Professional Journal of English Education) 4(1): 16.

Sugiyono. 2023a. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 1 s/d 28. ed. Sutopo. bandung: ALFABETA.

sugiono.2023. 2023b. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 2nd ed. ed. Sutopo. bandung: ALFABETA.

Syahputri, Diani, and Siti Masita. 2018. “An Analysis of the Students ’ Error in Writing.” Jurnal EduTech 4(1): 14–20.

Yuningsih, Nyoman, and Novarita Novarita. 2020. “Writing an Analytical Exposition Text Through Cooperative Script Strategy.” ETERNAL (English Teaching Journal) 11(2): 51–62.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Lutfiah, Z. ., Khairita, M. N. ., & Islamiah, I. (2025). english. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 941–950. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1452

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.