IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP NEGERI 2 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN

Penulis

  • Dian Nur Afiah SMPN 2 Kedungwuni
  • Nur Kholifah SLB Negeri Wiradesa
  • Nurkolis Nurkolis Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1653

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih lanjut dan menyelidiki penggunaan pengembangan profesional jangka panjang dalam membina profesionalisme guru. Strategi, pelaksanaan, dan hasil penggunaan PKB sebagai komponen pengembangan guru merupakan area perhatian utama. Penelitian ini bersifat deskriptif dan kualitatif, dan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan guru harus didukung dan dilaksanakan secara aktif, terutama ketika PKB digunakan. Kepala sekolah, wakil kepala sekolah kurikulum, dan tim koordinator PKB bertemu untuk mengoordinasikan perencanaan PKB. Sementara itu, pengembangan diri guru dan karya inventif lebih banyak diwujudkan daripada komponen publikasi ilmiah dalam upaya peningkatan mutu guru melalui pelaksanaan PKB. Sebagai bagian dari manajemen pengembangan guru, instruktur, siswa, dan sekolah itu sendiri semuanya dapat merasakan dampak dari PKB Guru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amir Almira, “Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran Melalui Model Lesson Study, Jurnal Logaritma, Vol. 1, No. 02 Juli 2013.

Baedhowi. (2010). Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kementerian Pendidikan Nasional.

Berdiati, Ika. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Jurnal Diktat Keagamaan, Vol. 16 Nomor 1 Tahun 2020.

Danim, S. (2002). Inovasi Pendidikan, Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Pustaka Setia.

__________. 2011. Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Kencana.

Fajarwati, D. (2019). Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (MPPKS-PKB). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Fathurrohman Pupuh, Guru Profesional, (Bandung : PT Refika Aditama, 2012).

Gultom, S. (2012). Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Badan PSDMP dan PMP.

Hasanah Uswatun, Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Sekolah Dasar Negeri Demakijo I Gamping Sleman, Skripsi, (Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta, 2018).

Imron Rosidi, Zainul Arief, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), (Yogyakarta: PT Kanisius, 2020).

Kemendiknas. (2012). Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Kementerian Kebudayaan.

Lestari Eli Pantiana, “Persepsi Guru SMP Negeri 26 Bandar Lampung Terhadap Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)”, Skripsi, (Lampung: Universitas Lampung, 2018).

M. Nazir, Metode Penelitian Kualitatif, (Ghalia Indonesia: Jakarta, 1988).

Mardianto, Profesi Keguruan, (Medan : PERDANA PUBLISHING, 2013).

Moleong Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2018).

Muda Widyaiswara, Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Jenjang SD, Jurnal, Vol. XI, No. 1, Juli 2017.

Mujtahid, Pengembangan Profesi Guru, (Malang: UIN-Maliki Press, 2009).

Nurkolis, “Efektivitas Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Pendidikan, Volume 20, nomor 1, April 2020.

Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pasal 5 (1).

Peraturan Pemerintah Tahun 2017 PP 19 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Rahyasih Yayah, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Jurnal.

Rangkuti, Ahmad Nizar, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Ciptapustaka Media, 2016).

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017).

Suryani, N. (2017). Strategi Pembimbingan Materi PKB untuk Guru. Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS).

Surapranata Sumama, Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru, Jakarta, Maret 2016.

Syafruddin Udin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, (Jakarta: PT Ciputat Press, 2005).

Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Yahrasih Yayah dkk, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Sebuah Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 20, No. 1, April 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Afiah, D. N. ., Kholifah, N. ., & Nurkolis, N. (2025). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP NEGERI 2 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 423–432. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1653

Terbitan

Bagian

Articles