PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM MANAJEMEN MUTU SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Purwati Purwati Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Mohammad Andi Yusuf Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ngurah Ayu Nyoman M Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1668

Kata Kunci:

Perencanaan Pendidikan, Manajemen Mutu, Sekolah Dasar, Pengelolaan Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran perencanaan pendidikan dalam manajemen mutu sekolah dasar. Perencanaan pendidikan merupakan langkah strategis yang mencakup proses penyusunan visi, misi, tujuan, hingga implementasi program guna meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam konteks sekolah dasar, perencanaan pendidikan yang efektif dapat memastikan tercapainya standar mutu yang ditetapkan melalui optimalisasi sumber daya manusia, sarana prasarana, serta sistem pengelolaan yang terintegrasi. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif, dimana studi kasus dilakukan dengan mengamati beberapa sekolah dasar sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan yang terstruktur, partisipatif, dan berbasis data memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan mutu sekolah, baik dari segi pencapaian akademik siswa, profesionalisme guru, maupun kepuasan stakeholder. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam menyusun perencanaan pendidikan yang berorientasi pada mutu berkelanjutan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hadiansyah, Y., & Muhtar, T. (2023). Peran Pedagogik Futuristik Dalam Mendukung Kurikulum Baru. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3365

Handoyo, A. D., & Zulkarnaen. (2019). Faktor-faktor Penyebab Pendidikan Tidak Merata di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional.

Hanum, L. (2017). Perencanaan Pembelajaran. Perencanaan Pembelajaran, 5(1), 119–126. https://doi.org/10.52574/syiahkualauniversitypress.270

Ibrahim, I., Nia Anggraini, O., Marlina, L., & Supadi, S. (2022). Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan. PEDAGOGIKA. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i2.1803

Idris, I. (2020). PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM KONTEKS DESENTRALISASI PENDIDIKAN. Scolae: Journal of Pedagogy. https://doi.org/10.56488/scolae.v3i2.83

Kemalasari, S. D., M, N. A. N., & Wuryandini, E. (2024). Perencanaan Program Sekolah Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sma Negeri 3 Pekalongan. 13(1), 163–172.

Kusnandi, K. (2019). MENGARTIKULASIKAN PERENCANAAN PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL. Jurnal Wahana Pendidikan. https://doi.org/10.25157/wa.v6i1.2023

Masri, Hadiyanto, & Yahya. (2023). Strategi Perencanaan Pendidikan Dan Implementasinya Di Sekolah Dasar. Journal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 3(2, Mei), 1–7.

Pawero, A. M. D. (2021). Arah Baru Perencanaan Pendidikan dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pendidikan. Dirasah, 4(1), 16–32.

Ramadhani, Y. R., & dkk. (2021). Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. In Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan.

Ronald Tambunan, J. (2021). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. JURNAL WIDYA. https://doi.org/10.54593/awl.v1i2.3

Sagala, K., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Tantangan Pendidikan karakter di era digital. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1006

Septiana, D. N., Bafadal, I., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pelibatan Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 293–301. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p293

Sholikhah, E. (2019). PEMINJAMAN KEBIJAKAN (POLICY BORROWING) UNTUK PERENCANAAN PENDIDIKAN. FOUNDASIA. https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i1.27312

Susanti, N. (2020). Kebijakan Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Al-Kahfi : Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Purwati, P., Yusuf, M. A. ., & Nyoman M, N. A. . (2025). PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM MANAJEMEN MUTU SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 1452–1457. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1668

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.