PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM MANAJEMEN MUTU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1668Kata Kunci:
Perencanaan Pendidikan, Manajemen Mutu, Sekolah Dasar, Pengelolaan PendidikanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran perencanaan pendidikan dalam manajemen mutu sekolah dasar. Perencanaan pendidikan merupakan langkah strategis yang mencakup proses penyusunan visi, misi, tujuan, hingga implementasi program guna meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam konteks sekolah dasar, perencanaan pendidikan yang efektif dapat memastikan tercapainya standar mutu yang ditetapkan melalui optimalisasi sumber daya manusia, sarana prasarana, serta sistem pengelolaan yang terintegrasi. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif, dimana studi kasus dilakukan dengan mengamati beberapa sekolah dasar sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan yang terstruktur, partisipatif, dan berbasis data memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan mutu sekolah, baik dari segi pencapaian akademik siswa, profesionalisme guru, maupun kepuasan stakeholder. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam menyusun perencanaan pendidikan yang berorientasi pada mutu berkelanjutan.
Unduhan
Referensi
Hadiansyah, Y., & Muhtar, T. (2023). Peran Pedagogik Futuristik Dalam Mendukung Kurikulum Baru. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3365
Handoyo, A. D., & Zulkarnaen. (2019). Faktor-faktor Penyebab Pendidikan Tidak Merata di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional.
Hanum, L. (2017). Perencanaan Pembelajaran. Perencanaan Pembelajaran, 5(1), 119–126. https://doi.org/10.52574/syiahkualauniversitypress.270
Ibrahim, I., Nia Anggraini, O., Marlina, L., & Supadi, S. (2022). Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan. PEDAGOGIKA. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i2.1803
Idris, I. (2020). PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM KONTEKS DESENTRALISASI PENDIDIKAN. Scolae: Journal of Pedagogy. https://doi.org/10.56488/scolae.v3i2.83
Kemalasari, S. D., M, N. A. N., & Wuryandini, E. (2024). Perencanaan Program Sekolah Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sma Negeri 3 Pekalongan. 13(1), 163–172.
Kusnandi, K. (2019). MENGARTIKULASIKAN PERENCANAAN PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL. Jurnal Wahana Pendidikan. https://doi.org/10.25157/wa.v6i1.2023
Masri, Hadiyanto, & Yahya. (2023). Strategi Perencanaan Pendidikan Dan Implementasinya Di Sekolah Dasar. Journal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 3(2, Mei), 1–7.
Pawero, A. M. D. (2021). Arah Baru Perencanaan Pendidikan dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pendidikan. Dirasah, 4(1), 16–32.
Ramadhani, Y. R., & dkk. (2021). Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. In Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan.
Ronald Tambunan, J. (2021). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. JURNAL WIDYA. https://doi.org/10.54593/awl.v1i2.3
Sagala, K., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Tantangan Pendidikan karakter di era digital. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1006
Septiana, D. N., Bafadal, I., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pelibatan Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 293–301. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p293
Sholikhah, E. (2019). PEMINJAMAN KEBIJAKAN (POLICY BORROWING) UNTUK PERENCANAAN PENDIDIKAN. FOUNDASIA. https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i1.27312
Susanti, N. (2020). Kebijakan Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Al-Kahfi : Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten