The Use Of Role Play Method To Improve English Speaking Skills Of Students Majoring In Spa Therapist Venus One Tourism Academy
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v6i1.1781Kata Kunci:
Keterampilan Berbicara, Metode Bermain Peran, Pendidikan VokasiAbstrak
Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris karena kurangnya kepercayaan diri, minimnya kesempatan praktik, serta pendekatan pembelajaran yang kurang kontekstual dan interaktif. Metode pembelajaran yang digunakan metode bermain peran (role play), yang dapat mensimulasikan situasi dunia kerja secara langsung dan memungkinkan siswa untuk belajar dalam konteks nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas metode bermain peran (role play) dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris di kalangan mahasiswa jurusan Terapis SPA di Venus One Tourism Academy. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari delapan siswa yang menghadapi kesulitan dalam keterampilan berbicara. Data dikumpulkan melalui pre-test, post-test, observasi, dan dokumentasi. Hasil pre-test menunjukkan bahwa rata-rata skor keterampilan berbicara siswa berada pada kategori rendah, yaitu 50. Setelah menerapkan metode bermain peran, hasil post-test menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan skor rata-rata mencapai 82,4, di mana 87,5% siswa berhasil memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan metode peran secara efektif meningkatkan motivasi, partisipasi, dan kepercayaan diri siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Studi ini merekomendasikan penggunaan metode peran sebagai strategi pengajaran yang dapat diadopsi oleh pendidik dalam pendidikan bahasa, terutama dalam konteks pendidikan vokasi di industri pariwisata.
Unduhan
Referensi
Amaniarsih, D. S., & Arsita, L. D. (2023). Tips Menguasai 4 Keterampilan Dalam Bahasa Inggris. JURDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar, 2(1), 149–155.
Arif, M. (2023). Pengaruh Penerapan Roleplay Untuk Meningkatkan Kemampuan Bicara Bahasa Inggris. Motoric, 7(2), 557–564. https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/paudmotoric/article/view/2601%0Ahttps://jurnal.narotama.ac.id/index.php/paudmotoric/article/download/2601/1763
Fitriani, L., Suryandari, K. C., Maret, S., & Info, A. (2022). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) DI KELAS XI OTKP SMK YPS PRABUMULIH. 16(2), 148–155.
Hakim, L. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Role Play Ketrampilan Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Humanis, 12(2), 93–99. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Humanis/article/view/1972
Haryani, H., Krismawati, I. E., Ekasani, K. A., Koeswiryono, D. P., Nova, M., Judijanto, L., Susanti, L. E., Lestari, D., Nurhaliza, N., & Kartimin, I. W. (2024). Basic English for Tourism: Teori & Praktis Bahasa Inggris untuk Pemandu Wisata. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hasyatun, H. (2022). Meningkatkan minat baca dan keterampilan berbicara dalam bahasa inggris pada peserta didik kelas X melalui penggunaan model pembelajaran problem-based learning. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 105–111. https://doi.org/10.22219/jppg.v3i3.24011
Huda, K. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Role Playing. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 16(3), 17–22.
Karmila, N. (2023). Penerapan Role Play untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas IX SMP Negeri 1 Bonjol. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 231–237. https://doi.org/10.57251/ped.v3i2.1290
Meylina, M., & Mulyaningsih, S. (2024). Pelatihan Bahasa Inggris Pariwisata untuk Pemuda di Daerah Wisata Pariaman. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 4(1), 6–12. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i1.649
Noviana, R., Yuliani, V., Muspiroh, E., & Khoiriyah, E. L. (2023). Analisis Penggunaan Role Play Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Pelita Nusantara, 1(3), 319–324. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i3.267
Pokhrel, S. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAY)PADA MAHASISWA BAHASA INGGRIS STKIP KUSUMANEGARA JAKARTA. Αγαη, 15(1), 37–48.
Pratiwi, I. (2021). IPA untuk Pendidikan guru sekolah dasar (Vol. 1). umsu press.
Saleh, M. (2013). Strategi pembelajaran fiqh dengan problem-based learning. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1).
Suciati, S. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi tentang Jati Diri (Talking About Self) melalui Penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) di Kelas X MIPA. 1 SMAN 4 Kota Bima Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 157–176.
Waziana, W., Anggraeni, L., & Sari, N. L. (2017). Penerapan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Multimedia. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 7, 22–27.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten