Penggunaan Media Youtube Dalam Materi Colors Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas I SD Negeri 3 Rendang
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i2.2017Kata Kunci:
YouTube, Kosakata, Bahasa Inggris, Sekolah Dasar, Pembelajaran MultimediaAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas I SD Negeri 3 Rendang pada topik Colors melalui penerapan media pembelajaran YouTube. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 17 siswa kelas I pada semester ganjil tahun pelajaran 2025/2026. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes, observasi, serta catatan lapangan, lalu dianalisis dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan adanya peningkatan nilai rata-rata penguasaan kosakata siswa, dari 51,96 pada pre-test menjadi 87,78 pada post-test siklus I, dan meningkat lagi dari 67,59 menjadi 89,68 pada siklus II. Selain peningkatan aspek akademik, perilaku belajar siswa juga berubah menjadi lebih aktif, antusias, dan terlibat secara partisipatif dalam proses pembelajaran. Penggunaan video YouTube yang memadukan unsur visual, auditori, dan gerak terbukti dapat memperkuat ingatan siswa terhadap kosakata serta menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Dengan demikian, media YouTube dinilai efektif sebagai sarana pembelajaran Bahasa Inggris yang kontekstual serta sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka yang menekankan kreativitas dan kemandirian belajar.
Unduhan
Referensi
Afrianti, U. U., & Rustipa, K. (2024). Teaching English Vocabulary Using Total Physical Response (TPR) Method. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris undiksha, 11(2), 213–219. https://doi.org/10.23887/jpbi.v11i2.61065
Aini, D. F. N., & Nuro, F. R. M. (2023). Analisis Kompetensi Literasi Digital Guru sebagai Pendukung Keterampilan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 840–851.
Binti, T., Khofifah, Fitrah Yuliawati, Raziqa, & Inayah Rahmawati. (2024). The Application of Total Physical Response (TPR) Method Through Songs to Improve Students’ Vocabulary Mastery and Creativity: A Classroom Action Research at The First Grade. Pubmedia Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.47134/jpbi.v2i1.967
Cavanagh, T. M., & Kiersch, C. (2023). Using commonly-available technologies to create online multimedia lessons through the application of the Cognitive Theory of Multimedia Learning. Educational Technology Research and Development, 71(3), 1033–1053. https://doi.org/10.1007/s11423-022-10181-1
Çeken, B., & Taşkın, N. (2022). Multimedia learning principles in different learning environments: a systematic review. Smart Learning Environments, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40561-022-00200-2
Dongsanniwas, W., & Sukying, A. (2024). The Effect of TPR Tasks on Word Knowledge of Thai Primary School Learners. Journal of Education and Learning, 13(5), 208. https://doi.org/10.5539/jel.v13n5p208
Kim, H. J., Chong, H. J., & Lee, M. (2024). Music listening in foreign language learning: perceptions, attitudes, and its impact on language anxiety. Frontiers in Education, 9. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1372786
Mahardhika, F., Kusumawardani, R., & Asmawati, L. (2023). Pengaruh media YouTube terhadap pengenalan kosakata bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 7–21.
Mayer, R. E. (2024). The Past, Present, and Future of the Cognitive Theory of Multimedia Learning. Educational Psychology Review, 36(1), 1–25. https://doi.org/10.1007/s10648-023-09842-1
Sari, R. K., Andriani, D., Ariani, F., Afersa, M., & Putri, N. (2022). Peningkatan Vocabulary dan Karakter Siswa Sekolah Dasar Kelurahan Gunung Pangilun Melalui Media YouTube Video. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(2), 53–61. https://doi.org/10.51214/japamul.v2i2.230
Semathong, S. (2023). Participatory Action Research to Develop the Teachers on Classroom Action Research. Shanlax International Journal of Education, 11(3), 29–36. https://doi.org/10.34293/education.v11i3.6118
Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., LeliAlhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merde. Kemendikbud, 1–143.
Wijayanti, A., & Gunawan, Y. B. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Bantuan Media Video Pendek Youtube. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(1), 14. https://doi.org/10.35906/resona.v5i1.637
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten










