UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PAKEM PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS I
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.253Kata Kunci:
Model PAKEM, Hasil Belajar, IPAAbstrak
Pembelajaran akan lebih bermakna bila peserta didik tidak hanya menerima materi begitu saja dari guru, tetapi peserta didik juga harus aktif menemukan pengetahuannya sendiri, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Dalam proses pembelajaran, peserta didik kelas III SDN 105/VIII Sidorukun masih cenderung pasif, peserta didik kurang mampu mengingat informasi yang disajikan guru, model pembelajaran yang digunakan kurang variasi, penggunaan alat bantu peraga juga jarang digunakan, hasil belajar peserta didik rendah dalam terlihat dari UH, sehingga perlu penerapan PAKEM. Tujuan menggunakan model PAKEM yaitu agar peserta didik berperan aktif, menyenangkan, efektif, dan lebih memberi kesempatan terhadap peserta didik untuk mengembangkan potensinya saat pembelajaran sedang berlangsung. Jenis Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas, dengan model PAKEM . Tahap penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrumen dalam penelitian ini ialah: (1) Lembar penilaian aktivitas peserta didik dan guru (3) LKS; (4) soal validasi tes evaluasi. Subjek penelitian tindakan kelas ini yaitu peserta didik kelas III (Tiga) SDN 105/VIII Sidorukun yang berjumlah 34 peserta didik tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar IPA pada peserta didik kelas III SDN 105/VIII Sidorukun pada siklus I sebesar 62 dengan persentase 54.54% atau hanya 18 peserta didik yang tuntas dari 34 peserta didik, Pada siklus ke II nilai hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata 82 dengan persentase 82% atau hanya 28 peserta didik yang tuntas. Berdasarkan hasil yang didapat maka bisa dikatakan bahwa melalui penerapan model PAKEM pada proses belajar, maka ketuntasan nilai belajar serta keaktifan peserta didik bisa meningkat.
Unduhan
Referensi
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ayu, PE Sastrika, AAIN Marhaeni, and Putu Budiadnyana. 2018. “Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Belajar Dan Berinovasi Pada Mata Pelajaran Ipa SD.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia.
Hakim, Lukmanul. 2017. “Analisis Perbedaan Antara Kurikulum Ktsp Dan Kurikulum 2013.” Jurnal Ilmiah Didaktika.
Marianana, Made Alit, and Wandy Praginda. 2015. “Hakikat Ipa Dan Pendidikan Ipa.” Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis.
Nur Jannah, Ikha. 2020. “Efektivitas Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran IPA Di SD.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.
Permatasari, Ane. 2015. “Membangun Kualitas Bangsa Dengan Budaya Literasi.” Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB.
Saputra, Riyadi. 2020. “Improving Students’ Reading Comprehension by Using Multipass Strategy on Narraritive Text at the Tenth Grade of SMK Start UP Dara Jingga.” DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) 1(2): 220–31.
Sopian, Ahmad. 2016. “Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan.” Journal tarbiyah Islamiah 1(1): 88–97.
Subianto, Jito. 2013. “Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8(2): 331–54.
Wardhani, Igak, and Kuswaya Wihardit. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Terbuka.
Yasin, Anas. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Tuntutan Praktis. Padang: Sukabina Press.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten