IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Tika Muhdaleni SD Negeri 014/XI Pelayang Raya

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.333

Abstrak

Penelitian dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar SDN 0014/XI Pelayang Raya, banyaknya siswa yang tidak mencapai KKM 70. Masih banyak siswa yang tidak konsentrasi dalam belajar, kurangnya pengalaman dalam belajar dan proses pembelajaran, banyak siswa yang masih belum bisa menjawab pertanyaan guru, masih banyak siswa yang bermain di dalam kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN 0014/XI Pelayang Raya Kota Sungai Penuh kelas VI semester I tahun ajaran 2020/2021. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi informasi kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah informasi yang dikumpulkan dan dianalisis dari hasil belajar siswa selama berlangsungnya proses pembelajaran. Pada siklus I ketuntasan klasikal peserta didik 46%, nilai rata-rata 74,3, kemudian siklus II meningkat 79% dan nilai rata-rata 84,3%, yaitu 33%, dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian maka model pembelajaran interaktif dapat meningkatkan proses dan meningkatkan hasil belajar bagi siswa dalam IPA dengan mengubah energi mereka dan konsekuensinya dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dewanto, I. J., Hidayat, S., & Sukmayadi, D. (2021). Pengembangan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Muara Pendidikan. https://doi.org/10.52060/mp.v6i1.490

Diani Ayu Pratiwi, D. (2021). Perencanaan Pembelajaran SD/Mi (Thofan Ram). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714

Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika.

Mawan Akhir Riwanto, & Nuning Budiarti, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA SD Terintegrasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14974

Patmanidar. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair And Share ( Tps ) Di Sekolah Dasar Patmanidar. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 2(1), 79–90.

Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE). https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.173

Salahuddin, Amar. Jayanty, V. (2021). Modul Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Bermuatan Pendidikan Karakter (W. Kurniawan (Ed.); 1st ed.). CV. Pena Persada.

Suharsimi, Arikonto. (2014). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Peelitian Suatu Penekatan Praktik. Rineka Cipta.

Sukron, M., & Ricky, Z. (2020). Peningkatan Karakter Peserta Didik (Religius, Jujur, Dan (Disiplin) Melalui Pencak Silat. De_Journal, 1(1), 1–9. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/31

Suprayetkti, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipa Di SD. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.416

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. FONDATIA. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-10

Cara Mengutip

Muhdaleni, T. . (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 236–244. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.333

Terbitan

Bagian

Articles