PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.392Abstrak
Riset ini bertujuan untuk peningkatkan hasil belajar anak didik lewat Eksploitasi lingkungan Riset ini ialah riset aksi kategori yang dicoba dalam satu daur atau siklus. Tahapan- tahapan dalam tiap siklus merupakan perencanaan, penerapan, observasi serta refleksi. Poin riset ini merupakan anak didik kategori V SDN 146 atau X Tanjung Solok yang berjumlah 20 orang. Objeknya mencakup hasil belajar IPA. Informasi riset digabungkan dengan memakai metode uji serta pemantauan. Uji dipakai untuk mendapatkan informasi mengenai hasil berlatih IPA anak didik. Pemantauan dipakai buat menggali informasi tentang kegiatan anak didik dalam menjajaki pembelajaran IPA, berikutnya informasi yang sudah digabungkan dianalisis dengan cara kuantitatif serta kualitatif. Pembelajaran IPA melalui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar, sangat membantu siswa dalam pembelajaran IPA, dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan motivasi guru dan mendapat respon positif dari para siswa yang berefek pada peningkatan hasil belajar siswa.
Unduhan
Referensi
Anis & Kelik Purwanto. (2020). Penggunaan Pembelajaran Model Word Square Bagi Hasil Belajar Ips Siswa Kelas VI SDN 08 Sitiung. De_Journal (Dharmas Education Journal), 1(2), 209–219.
Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.
Hamriana, H. A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8095
Harahap, T. H., & Nasution, M. D. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Connected Methematics Project (Cmp). Journal Mathematics Education ….
Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7859
Istialina. (2016). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku kelas iv sd negeri 3 jeumpa kabupaten Bireuen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD.
Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191
Ngazizah, N., Saputri, D. R., Prahastiwi, F. A., Maulannisa, D., & Safitri, D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter Tema 6 Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 81–89. https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2591
Oktavidola, M. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas III di SDN 33 Kalumbuk Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus.
Patmanidar. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair And Share ( TPS ) Di Sekolah Dasar Patmanidar. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 2(1), 79–90.
Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Safutra, J. K. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran IPA kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun 2015.
Suprayetkti, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Di SD. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.416
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
Wulandari, F. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2158
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten