Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Metode Ceramah di Kelas VI SD S Tiga Hati
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.552Abstrak
Tugas utama guru adalah membantu siswa dalam hal belajar. Dalam proses belajar mengajar guru harus memberikan kursus untuk memecahkan masalah di kelas, mengevaluasi pembelajaran siswa, baik sebelum pra, menengah dan setelah kelas. Seorang guru harus memiliki kemampuan profesional yang tinggi untuk menjalankan perannya. Telah dilakukan penelitian tentang “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Metode Ceramah di Kelas VI SD S Tiga Hati”. Adapun tujuan penelitian ini ialah meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode ceramah. Data kuantitatif di peroleh dari observasi. Hasil wawancara dan pekerjaan rumah. Analisis kualitatif data yaitu Reduksi data, penyajian data, verivikasi data dan analisis kuantitatif dengan menggunakan rumus untuk menentukan absorpsi individual dan klasik, Derajat ketuntasan belajar klasik, dan presentase rata-rata. Hasil yang di peroleh yaitu siswa mengalami kemajuan dalam hasil belajar mereka, dibandingkan sebelumnya yang didapatkan hasil masih 26,6% siswa yang tuntas yaitu 8 dari 30 siswa, pada siklus I mengalami Peningkatan 30% dari kegiatan awal menjadi 56,6% yaitu 17 siswa yang tuntas dan pada siklus II peningkatan lagi yaitu 26,7% menjadi 83,3% dimana terdapat 25 siswa yang tuntas dari 30 orang siswa.
Unduhan
Referensi
Asbol, H. A. (2020). Pendidikan dan Dasar-dasar Pendidikan Contents Satu Kajian Transformasi. Jurnal Kajian Sejarah & Pendidikan Sejarah.
Astawa, I. N. T. (2021). Pendidikan Inklusi Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu.
Hamriana, H. A. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8095
Hasmi, Nurul. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Metode Ceramah Kelas V | Hamsi | Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual (Unublitar.Ac.Id). Bariliant: 1(1) 1-5
Putu Diah Pebriyanti. (2020). Keunggulan Dan Kelemahan Menggunakan Metode Pembelajaran E - Learning. Keunggulan Dan Kelemahan Menggunakan Metode Pembelajaran E - Learning.
Rokhmaniyah, R. (2017). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENCAPAI PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS DI SEKOLAH DASAR. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.14410
Sarini, DKK. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS melalui Metode Ceramah Bervariasi di Kelas IV SDN 1 Palasa Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong | Sarini | Jurnal Kreatif Online (untad.ac.id). Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 1 No. 4.
Setyarini, D. (2019). METODE PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44
Sukron, M., & Ricky, Z. (2020). PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK (RELIGIUS, JUJUR, DAN (DISIPLIN) MELALUI PENCAK SILAT. DE_JOURNAL, 1(1), 1–9. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/31
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widodo, U. (2020). FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama. https://doi.org/10.53565/pssa.v5i2.110
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten