STUDENTS’ ERROR ANALYSIS IN WRITING ESSAY OF ENGLISH LANGUAGE TEACHING

Penulis

  • Riyadi Saputra Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.912

Kata Kunci:

Error Analysis; English Essay; Writing

Abstrak

Salah satu keberhasilan pembelajaran pada keterampilan menulis bahasa Inggris adalah dengan mengetahui kesalahan mahasiswa pada penulisan karangan esai berbahasa Inggris. Sejak keterampilan menulis karangan esai berbahasa Inggris menjadi mata kuliah wajib yang harus diikuti mahasiswa pada pendidikan tinggi, maka keterampilan penulisan esei ini memiliki kontribusi yang sangat berarti pada pembelajaran keterampilan menulis yang tidak hanya bagi keterampilan menulis esei berbahasa Inggris namun juga bagi keterampilan menulis lainnya seperti penulisan paragraf, karya tulis ilmiah, dan lain-lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kesalahan-kesalahan mahasiswa pada penulisan essay bahasa Inggris di Universitas Dharmas Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berorientasi pada analisis isi melalui dokumen hasil penulisan essay bahasa Inggris mahasiswa.  Responden pada penelitian ini berjumlah 14 mahasiswa. Seluruh dokumen hasil penulisan esai ini didapat bahwa terdapat 220 jumlah kesalahan yang dibagi pada 12 kelompok. Spelling merupakan kesalahan terbanyak yg dilakukan oleh siswa dengan jumlah 46 kali atau 20.90%. Selanjutnya, verb-agreement dengan kesalahan sebanyak 38 kali atau 17.27%. Kemudian diikuti oleh sentence fragment dengan jumlah kesalahan 24 atau 10.90%. Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan khusus bagi dosen pengampu mata kuliah keterampilan menulis harus lebih membagi, mendiskusikan, serta menjelaskan semua kesalahan pada penulisan esai ini agar kesalahan ini bisa diperkecil sehingga penulisan esai bahasa Inggris akan lebih mudah dilakukan oleh mahasiswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Brown, H. D. (2000). Principles of Language Learning and teaching 4th Edition. Longman.

Darus, S. (2009). Error Analysis of the Written English Essays of Secondary School Students in Malaysia : A Case Study. European Journal of Social Science, 8(3).

Duigu, G. (2002). Essay Writing for English Tests (p. 68). Academic Englsh Press.

Elo, S., Kääriäinen, M., Kanste, O., & Pölkki, T. (2014). Qualitative Content Analysis : A Focus on Trustworthiness. SAGE Open, 1–10. https://doi.org/10.1177/2158244014522633

Harmer, J. (2004). How to Teach Writing. Longman.

Ihemere, K. U. (2006). A basic description and analytic treatment of noun clauses in Nigerian Pidgin. Nordic Journal of African Studies, 15(3), 296–313. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.121.6676&rep=rep1&type=pdf

Ilmillahdini, Yayi, W., & Sumarsono, P. (2014). The Effectiveness of Picture Series as a Media to Improve Students’ Writing Skill. Celtic, 1(1), 29–42.

Kumala, B. P., Aimah, S., & Ifadah, M. (2018). An Analysis of Grammatical Errors on STudents’ Writing. 2, 144–149.

Linse, Caroline, T. (2005). Practical English Language Teaching: Young Learners (D. Nunan (ed.)). MCGraw-Hill.

Meyers, A. (2004). Gateways to Academic Writing: Effective Sentences, Paragraphs, and Essays. Pearson Education.

Munawwaroh, K. (2015). An Analysis of the Students’ Writing Skill in Developing Paragraph at Semester Four of Students of Batangharu University in Academic Year 2014/2015. Jurnal Ilmiah Universitas Batangharu Jambi, 15(3), 115–119.

Oshima. (2006). Academic Writing (Fourth Edi). Pearson Education.

Pardosi, J. D., Indonesia, U. P., Indonesia, U. P., Sijabat, O. A. S., Indonesia, U. P., Pasaribu, H., Indonesia, U. P., Widya, N., Tarigan, P., & Indonesia, U. P. (2019). AN ERROR ANALYSIS OF STUDENTS. Linguistics, English Education and Art (LEEA) Journal, 3(1), 159–172.

Rahmadani, P. (2015). THE MASTERY OF ADJECTIVE CLAUSES BY THE SECOND YEAR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS ( Case Study : SMA Alwashliyah Medan ). International Journal of Education and Research, 1(August), 1–5.

Raimes, A. (1983). Techniques in Teaching Writing (R. N. C. and W. E. Rutherford (ed.)). Oxford University Press.

Richards, J. C., & Schmidt, R. (2010). Longman dictionary of Language Teaching & Applied Linguistics (Fourth Edi). Pearson.

Saputra, R. (2017). Teachers’ Feedback Used in Learning Process at SMAN 1 Sungai Tarab. Ristekdik/ Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 1–7.

Sarfraz, S. (2011). Error Analysis of the Written English Essays of Pakistani Undergraduate Students : A Case Study. 01(03), 29–51.

Sawalmeh, M. H. M. (2013). Error Analysis of Written English Essays : The case of Students of the Preparatory Year Program in Saudi Arabia. English for Specific Purpose, 14(40), 1–17.

Wijaya, M. S. (2017). Students ’ Thesis Statement in Essay Writing Class. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 10(2), 274–290.

Diterbitkan

2024-03-08

Cara Mengutip

Saputra, R. (2024). STUDENTS’ ERROR ANALYSIS IN WRITING ESSAY OF ENGLISH LANGUAGE TEACHING. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 252–260. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.912

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.