PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI MAS PONDOK PESANTREN AL-QOMARIYAH
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.914Kata Kunci:
Pengembangan Profesionalisme, GuruAbstrak
Dalam kerangka pelaksanaan KTSP, Profesionalisme guru dituntut mampu membangun pengalaman belajar bagi siswanya. Profesinalisme guru tidak saja diukur dari kesesuaian mata pelajaran dengan bidang studinya. Dalam upaya pembangunan pendidikan nasional, sangat diperlukan guru dalam jumlah yang memadai dan standard mutu kompetensi dan profesionalisme yang terjamin. Profesionalisme ditentukan sebagai kompetensi yang memenuhi standar pendidikan profesi sehingga guru dituntut untuk memiliki latar belakang profesi yang mempunyai dan memperoleh konsekuensi sebagai prinsip profesionalitas. Profesionalisme guru dalam proses pendidikan merupakan salah satu kunci penting kesuksesan belajar siswa. Guru yang profesional pada dasarnya ditentukan oleh attitude-nya yang berarti pada tataran kematangan yang mempersyaratkan willingness dan ability, baik secara intelektual maupun pada kondisi yang prima. Profesionalisasi harus dipandang sebagai proses yang terus menerus. Secara sederhana tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana ke profesionalisme guru di MAS Pondok Pesantren Al-Qomariyah dusun II kotangan kec galang. Sementara tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan:1). Pengembangan Profesionalisme guru 2). strategi pengembangan profesionalisme.
Unduhan
Referensi
Amelia, H. R., Muslim, M., Roswati, R., Saputra, H., & Fatmawati, F. (2022). Kompetensi Profesional Guru Pplk Geografi Di Smp Negeri Kota Padang. El-Jughrafiyah, 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.24014/Jej.V2i1.15872
Ananda, R., Rani, A. R., & Fadhilaturrahmi, F. (2022). Pengembangan Model Tpack Untuk Menunjang Kompetensi Profesional Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9064–9069. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i5.4031
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal Of Education, 2(1), 64–73.
Budiana, I., Warhdana, N., & Berlian, U. C. (2021). Revitalisasi Kelompok Kerja Guru Untuk Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Di Tk Negeri Pembina Centeh Kota Bandung. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 2(2), 129–143. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47281/Fas.V2i2.79
Chandra, P. (2020). Jurnal Aghinya Stiesnu Bengkulu. 3(2).
Dwiana, A. A., Samosir, A., Sari, N. T., Awalia, N., Budiyono, A., Wahyuni, M., & Masrul, M. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 499–505. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i1.1669
Eliza, D., Sardi, M., Amalia, W., & Karmila, D. (2022). Jenis-Jenis Pelatihan Peningkatan Profesional Guru Paud Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 6836–6843. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3055
Faishol, R., Meliantina, M., Ramiati, E., Putri, E. I. E., & Rahayu, S. M. (2021). Pendampingan Kegiatan Pembelajaran Siswa Dengan Memanfaatkan Barang Bekas Untuk Meningkatkan Minat Dan Kreativitas Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Abdi Kami: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 092. Https://Doi.Org/10.29062/Abdi_Kami.V4i1.519
Febriandar, E. I. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Ice Breaking Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 498. Https://Doi.Org/10.28926/Briliant.V3i4.253
Ghifar, R., Yusuf, A. E., Sumardi, S., & Wulandari, F. (2019). Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Pengembangan Supervisi Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 790–799. Https://Doi.Org/10.33751/Jmp.V7i2.1328
Hariyanti, E. (2021). Strategi Inovasi Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Sd Kecamatan Magelang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan, 2(1), 1316–1324.
Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2021). Analisis Profesionalisme Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454–462. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i1.1961
Jannah, N. R., & Pratiwi, W. (2021). Pendampingan Kegiatan Belajar Siswa Dengan Memanfaatkan Barang Bekas Untuk Meningkatkan Minat Dan Kreativitas Belajar Siswa Pada Era Covid-19. Bulletin Of Community Engagement, 1(2), 61. Https://Doi.Org/10.51278/Bce.V1i2.232
Kamarudin, K., & Yana, Y. (2021). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Start A Question Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 213–219. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i1.284
Mufidah, J. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Munfarida, I. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mts Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 2(1), 73–88.
Naim, Z. A., & Djazari, M. (2019). Pengaruh Kreativitas Belajar, Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru, Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Smk Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 127–144. Https://Doi.Org/10.21831/Jpai.V17i1.26517
Napisa, N., Hernida, H., & Kone, K. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Smk Swadaya 1 Palu. Journal Of Educational Technology, Curriculum, Learning And Communication, 1(2), 55–64. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26858/Jetclc.V1i2.20121
Novitasari, D., & Fitria, N. (2021). Gambaran Kompetensi Profesional Guru Paud Mangga Paninggilan Ciledug. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (Audhi), 3(2), 67. Https://Doi.Org/10.36722/Jaudhi.V3i2.595
Retnowati, D. (2015). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kreativitas Belajar Ipa Siswa Sd Se-Gugus Gajah Mada Paranggupito Wonogiri Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Pgri Yogyakarta. Http://Repository.Upy.Ac.Id/Id/Eprint/326
Sari, P. P., Hidayah, N., & Najibufahmi, M. (2021). Pengaruh Kemandirian Dan Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dalam Pembelajaran Daring. Circle : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(01), 71–82. Https://Doi.Org/10.28918/Circle.V1i1.3610
Sojanah, J., & Hadi, I. A. (2020). Kreativitas Mengajar Guru Dan Minat Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 118–128. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V5i1.25858
Sukmawarti, Ramadani Siregar. (2022). Analisis Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Dalam Pembelajaran Daring Di Sd Negeri 064970 Medan. Education Achievement: Journal Of Science And Research, 72–83. Https://Doi.Org/10.51178/Jsr.V3i1.500
Syahraini, T. (2020). Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah Dengan Penguatan Konsep Khalifah. 4(1), 41–66.
Tuwa, P. H., & Faraz, N. J. (2018). Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru, Pola Asuh Orang Tua, Dan Iklim Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan Ips, 5(1), 67–78. Https://Doi.Org/10.21831/Hsjpi.V5i1.13790
Ummah, N. K. K., & Fauziah, H. N. (2021). Penerapan Kompetensi Profesional Guru (Keterampilan Dasar Mengajar) Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iii Di Mi Al-Azhar Madiun. Adaptivia: Prosiding Tahunan Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Dan Sederajat, 295–308. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i5.4031
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten