STORY MAPPING TO TEACH READING NARRATIVE TEXT AND IT’S PROBLEM

Penulis

  • Nisa Solihati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia
  • Sutrisno Sadji Evenddy Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia
  • Yusti Fargianti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.919

Kata Kunci:

Story Mapping Technique, Teaching Reading, Narrative Text

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap proses pengajaran pemahaman membaca teks naratif, dan untuk mengetahui masalah guru dalam menerapkan teknik pemetaan cerita dalam pengajaran pemahaman membaca teks naratif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah seorang guru bahasa Inggris kelas X IPA yang mengajar teks naratif dengan menerapkan teknik story mapping. Proses belajar mengajar membaca pemahaman berjalan dengan baik meskipun belum maksimal. Sementara itu, ada lima permasalahan yang dihadapi guru dalam mengajarkan pemahaman bacaan, yaitu guru mengalami kesulitan jika siswa tidak dapat mencapai penguasaan dasar dalam membaca, guru mengalami kesulitan jika siswa membaca sangat lambat teks bacaan yang diajarkan, guru mengalami kesulitan jika siswa tidak dapat memahami dan menemukan. kesimpulan, implikasi, dan gagasan utama dari teks bacaan, guru mengalami kesulitan dalam memilih bahan ajar dalam mengajar pemahaman membaca teks naratif, guru memiliki masalah dalam merancang atau memodifikasi pertanyaan dan latihan untuk menarik minat siswa dalam belajar pemahaman membaca teks naratif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anderson, M. (1997). Text Type in English (2nd ed.). Mackmillan.

Broughton, G. (2003). Teaching English as a Foreign Language (2nd ed.). London and New York: London Institute of Education.

Budiharso, T. (2004). Prinsip dan Strategi Pengajaran Bahasa. Surabaya: Lutfiansyah Mediatama.

Celce, M. (2001). Teaching English as a Second or Foreign Language (3rd ed.). Heinle & Heinle.

Creswell, J. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods (3rd ed.). Sage Publications.

Creswell, J. W. (2012). Planning Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative. New Jersey: Prentice Hall.

Douglas, H. B. (2007). Teaching by Principles an Interactive Approach to Language Pedagogy. San Francisco: San Francisco University Press.

Falihah, N. (2021). English Foreign Language Students’ Difficulties in Writing Narrative Text.

Farris, J. P. (2004). Teaching Reading: A Balanced Approach for Today’s Classroom. The McGraw-Hill Companies.

Grabe, W. &. (2002). Teaching and Researching Reading. Pearson Education. Pearson Education.

Harmer, J. (2007). How to Teach English. China: Longman Pearson.

Hidayanti, N. (2017). Teaching Reading Comprehension By Using Story Mapping Technique On Narrative Text At The First Semester Of The Second Grade At SMPN 11 Bandar Lampung 2016/2017 Academic Year.

Hornby, A. (1995). Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English. Universitry Press.

Idol, L. &. (2005). Stroy-Mapping Training as a Means of Improving Reading Comprehension. Sage Publications.

Idol.L. (n.d.). Group Story Mapping: A Comprehension Strategy for Both Skilled an Unskilled Readers. Journal of Learning Disabilities, 20.

Khairunnisa, S. (n.d.). Kefektifan Strategi Story Mapping Dalam Pembelajaran Membaca Intesif Siswa Kelas III Dabin III Dirgantara Kecamatan Karanganyar. In Thesis.

Langan, J. (2006). English Skils with Readings (7th ed.). McGraw-Hill.

Linse, C. T. (2005). Practical English Language Teaching: Young Learners (D. Nunan (ed.)). McGraw-Hill.

Mendiola, R. (2013). Reading Strategy: Story Map. Ashadi Kurniawan.

Meyers, A. (2005). Gateaway to Academic Writing: Effective Sentences Paragraph and Essay. Longman.

Miles, M. H. (2014). Qualitative Data Analysis. Thousand Oaks: Sage Publications.

Minha, Y. (2017). Penggunaan Teknik Story Mapping Dalam Memahami Teks Naratif Pada Siswa Kelas X Kc Di SMKN 3 Kota Bengkulu. Triadik, 1-14.

Siahaan, S. &. (2008). Generic Text Structure. Graha Ilmu.

Sorrel. (2010). Educational Sciences: Theory & Practice. McGraw_Hill.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tankersley, K. (2003). The Treads of Reading. Alexandria: ASCD.

Williams, E. (1996). Reading and Language Teaching. Oxford University Press.

Diterbitkan

2024-03-08

Cara Mengutip

Solihati, N., Evenddy, S. S. ., & Fargianti, Y. . (2024). STORY MAPPING TO TEACH READING NARRATIVE TEXT AND IT’S PROBLEM. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 216–223. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.919

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.