PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI ARTHROPODA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.921Kata Kunci:
Pembelajaran Diferensiasi, Hasil Belajar, ArthropodaAbstrak
Penelitian ini bermaksud buat mengenali hasil dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap terhadap hasil belajar peserta didik pada materi arthropoda.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XMIPA 5 di salah satu SMA Negeri yang ada di wilayah Provinsi Banten.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan dari hasil asesmen sebelumnya.Pada hasil asesmen diagnostik didapatkan 59% peserta didik yang tuntas dan 41% peserta didik yang belum tuntas. Sedangkan pada hasil belajar atau tes formatif didapatkan 70% peserta didik yang sudah tuntas dan 30% peserta didik yang belum tuntas, sehingga pembelajaran berdiferensiasi sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.
Unduhan
Referensi
A. M., Sitorus, P., & Harita, T. H. (2023). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Efek Model PBL dengan Stategi Pembelajaran Diferensiasi terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
FIRMANSYAH, D. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. [JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA].
Hasnawati, N. (2022). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran PAI di SMAN 4 Wajo. Educandum.
Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD). https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045
I Kadek Mustika. (2022). OPTIMALISASI TES DIAGNOSTIK BERBASIS IT DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN BAHASA BALI PADA KURIKULUM MERDEKA. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.25078/kalangwan.v12i2.1674
Isnawati, I., Jalinus, N., & Risfendra, R. (2020). Analisis Kemampuan Pedagogi Guru SMK yang sedang Mengambil Pendidikan Profesi Guru dengan Metode Deskriptif Kuantitatif dan Metode Kualitatif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.652
Minah, S., Haryono, A., & Sinaga, S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Arthropoda Berbasis Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Masa Pandemi. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP). https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i1.3586
Naibaho, D. P., Safarati, N., Zuhra, F., Ade Sintia Wulandari, Minasari, U., Susanti, R., Husni, T., Pitaloka, H., Arsanti, M., Lestari, S., Yunike, S., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan LITERATURE REVIEW: PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH MENENGAH. Kompasiana.
Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.545
Rahmawati, I., Dara, Y. P., & Rahma, U. (2019). Pemahaman Konsep Belajar untuk Mengasah Kecerdasan Majemuk : Pendekatan Penelitian Tindakan. Psycho Idea. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v17i1.3693
Safarati, N. (2023). LITERATURE REVIEW: PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH MENENGAH. Literature Review.
Sanchia, A. I., & Faizah, U. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Melatih Keterampilan Proses Sains pada Materi Arthropoda Kelas X SMA. Jurnal Riset Biologi Dan Aplikasinya. https://doi.org/10.26740/jrba.v1n1.p9-17
Setiawan, A. R. (2019). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI BERORIENTASI LITERASI SAINTIFIK. THABIEA : JOURNAL OF NATURAL SCIENCE TEACHING. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345
Simbolon, E. G., Siagian, B. A., Bangun, K., Sara Sidabutar, Girsang, A., & Purba, F. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Menulis Teks Persuasi Di Kelas Viii Smp Gajah Mada Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Diglosia: Jurnal ….
Suyono, A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi.
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Wiwin Yuliani, I. S. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. Quanta.
Yanti, N. S., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Di Sma Kota Batam. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development.
Yuliani, W. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. Quanta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten