Hubungan Paritas dan Tingkat Pengetahuan Ibu Menyusui dengan Teknik Menyusui yang Benar di Wilayah Kerja Puskesmas Sialang Tahun 2022

Authors

  • Alvina Damayanti Amiruddin D3 Kebidanan, Ilmu Kesehatan, Universitas Dharmas Indonesia
  • Frens Tika Veriyani Prodi D III Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Dharmas Indonesia
  • Siti Khotimah Prodi D III Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/jikdi.v3i1.793

Keywords:

paritas , teknik menyusui, tingkat pengetahuan

Abstract

Menyusui adalah suatu proses alamiah, walaupun demikian dalam lingkungan kebudayaan kita saat ini melakuksan hal yang alamiah tidaklah selalu mudah sehingan perlu pengetahuan dan pelatihan yang tepat. Teknik menyusui yang benar merupakan cara memberikan ASI kepada bayi dengan perlekatan dan posisi ibu dan bayi dengan benar. Untuk mencapai keberhasilan menyusui diperlukan pengetahuan mengenai teknik-teknik menyusui yang benar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan Paritas dan tingkat pengetahuan ibu menyusui dengan teknik menyusui yang benar di wilayah kerja puskesmas Sialang. Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan metode cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu menyusui yang menyususi bayinya usia 0-6 bulan secara aktif di wilayah kerja puskesmas sialang dengan jumlah sampel 33 orang. Analisis data ini menggunakan uji chi square. Hasil penelitian diperoleh dari 33 ibu menyusui Teknik menyusui ibu yang benar hampir setengahnya yaitu 10 orang (30,3) dengan paritas multipara sedangkan Teknik menyusui ibu yang tidak benar sebagian kecil yaitu sebanyak 4 orang (12,1%) dengan paritas primipara. Sedangkan teknik menyusui ibu yang benar sebagian kecil yaitu 8 orang ( 24,2%)  dengan tingkat pengetahuan cukup sedangkan teknik menyusui ibu yang tidak benar hampir setengahnya yaitu 11 orang ( 33,3%) dengan tingkat pengetahuan kurang. hasil uji statistic dengan menggunakan uji chi square di peroleh nilai p-value = 0,275 >0,05, artinya tidak ada hubungan yang bermakna antara paritas dengan Teknik menyusui. hasil uji statistik dengan menggunakan uji chi square diperoleh nilai p-value =0,002 <0,05 artinya ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dan teknik ibu menyusui.

Abstract viewed = 927 times

References

Alam, S. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan teknik menyusui pada ibu di puskesmas pattallassang kabupaten takalar. Public Health Science Journal, 8, 130.

Dinkes Kab. Dharmasraya. (2014). Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya. Dharmasraya.

Dinkes Kota Padang. (2020). Profil Dinas Kesehatan Kota Padang.

Evi Rinata. (2015). Teknik menyusui yang benar ditinjau dari usia ibu,paritas,usia gestasi dan berat badan lahir di rsud sidoardjo. Teknik Menyusui Yang Benar Ditinju Dari Usia Ibu, Paritas, Usia Gestasi Dan Berat Badan Lahir Di RSUD Sidoarjo, 1, 58.

Keni, N. W. A. (2020). Tingkat pengetahuan dan sikap dengan teknik menyusui pada ibu pasca melahirkan. Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Dengan Teknik Menyusui Pada Ibu Pasca Melahirkan, 8, 39.

Listyaningrum, Utami, T., & Venny, V. (2016). Tingkat Pengetahuan Dan Motivasi Ibu Berhubungan Dengan Pemberian Asi Eksklusif Pada Ibu Bekerja. JNKI, Vol. 4(No. 2), 55–62.

Notoatmodjo. (2011). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Pasiak, S. M. (2019a). Status Paritas Dengan Teknik Menyusui Pada Ibu Post Partum. Status Pareitas Dengan Teknik Menyusui Pada Ibu Post Partum, 7, 2.

Pasiak, S. M. (2019b). Teknik menyusui posisi perlekatan dan keefektifan menghisap. Status Pareitas Dengan Teknik Menyusui Pada Ibu Post Partum, 7, 2.

Pratiwi, D. D. (2016). Hubungan Pola Makan dan Motivasi dengan Produksi ASI Pada Ibu Menyusui di Wilayah Kerja Klinik Bersalin Barito Shinta di Palangkaraya. Skripsi DIV Kebidanan Sari Mulia.

Prawirohardjo. (2012). ilmu kebidanan. Bina Pustaka Sarwono Prawirardjo.

Ribek, N., & Kumalasari, N. M. Y. (2018). 2014. Motivasi Ibu dalam Pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas 1 Denpasar Utara, Politeknik Kesehatan Denpasar. Artikel Politeknik Kesehatan Denpasar Bali. Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Denpasar.

Rinata. (2016). Teknik menyusui yang benar ditinjau dari usia ibu, paritas, usia gestasi dan berat badan lahir di RSUD Sidorjo. Jurnal Kebidanan Midwiferia, 1, 51–60.

SDKI. (2017). Badan Pusat Statistik, Badan kependudukan Keluarga Berencana,K.K.& U. In Survei Demografi Dan kesehatan (BPS, BKKBN). https://doi.org/https://e-koren.bkkbn.go.id/wp-content/uploads/2018/10/Laporan-SDKI;2017-WUS.

Walean, S., Ahmil, J., Fitrianur, Lita, W., Pangli, & Upa, V. (2016). Hubungan Pengetahuan Dan Motivasi Ibu Terhadap Pemberian Asi Eksklusif Di Desa Jono’oge. Healthy Tadulako Journal, 2(1), 1–75.

Yohana Heplitahu. (2016). hubungan tingkat pngetahuan ibu menyusui dengan teknik menyusui yang baik dan benar di puskesmas pegal. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Menyusui Dengan Teknik Menyusui Yang Baik Dan Benar Di Puskesmas Pagal, 1, 153.

Published

2023-06-30

How to Cite

Amiruddin, A. D., Veriyani, F. T. ., & Khotimah, S. . . . . . (2023). Hubungan Paritas dan Tingkat Pengetahuan Ibu Menyusui dengan Teknik Menyusui yang Benar di Wilayah Kerja Puskesmas Sialang Tahun 2022. Jurnal Ilmu Kesehatan Dharmas Indonesia, 3(1), 7–12. https://doi.org/10.56667/jikdi.v3i1.793