IMPLEMENTASI QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN PERSPEKTIF PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1076Keywords:
Quantum Teaching, hasil belajar, perkembangan peserta didik, motivasi belajar, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi metode Quantum Teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar (SD) berdasarkan perspektif perkembangan peserta didik. Quantum Teaching merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada penciptaan suasana belajar yang menyenangkan, dinamis, dan bermakna, sehingga mampu mengoptimalkan potensi siswa secara menyeluruh. Studi literatur ini memanfaatkan berbagai jurnal ilmiah dan artikel relevan yang membahas keterkaitan antara Quantum Teaching, hasil belajar, serta perkembangan psikologis dan kognitif anak usia SD. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan Quantum Teaching efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan siswa, karena selaras dengan karakteristik perkembangan kognitif, afektif, dan sosial anak usia sekolah dasar. Dengan demikian, implementasi strategi ini dinilai mampu mendorong peningkatan hasil belajar yang lebih optimal.
Downloads
References
Alhakiki, A., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Quantum Teaching Kerangka Tandur Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 534–540. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i3.395
Ansori, H., & Amalia, R. (2021). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah. Https://Repo-Dosen.Ulm.Ac.Id//Handle/123456789/23337
Aulia, F., Didik, L. A., & Mahsul, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Zat Di Mts Al-Hamidiyah Nw Sidemen. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 5(1), 27–34. Https://Doi.Org/10.20414/Konstan.V5i1.48
Baily, C., & Finkelstein, N. D. (2022). Teaching Quantum Interpretations: Revisiting The Goals And Practices Of Introductory Quantum Physics Courses. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 11(2), 20124.
Berlian, L., Sumayah, S., Nulhakim, L., & Ramadhani, F. (2022). The Implementation Of Quantum Teaching On Student’s Learning Outcomes On The Theme Of Universe. Jurnal Pena Sains, 9(1), 7–17.
Bitzenbauer, P. (2021). Practitioners’ Views On New Teaching Material For Introducing Quantum Optics In Secondary Schools. Physics Education, 56(5), 55008.
Cahyaningrum, A. D., Ad, Y., & Asyhari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education, 2(3), 372–379. Https://Doi.Org/10.24042/Ijsme.V2i3.4363
Chandra, F. E., & Rahman, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Quantum Teaching And Learning Berbasis Web Materi Geometri Transformasi Pada Siswa Smk Di Era New Normal. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1). Https://Doi.Org/10.33387/Dpi.V10i1.2974
Fauzi, A. M., & Noviartati, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(3).
Fitri, R. A., Adnan, F., & Irdamurni, I. (2020). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 88–101. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i1.570
Hartini, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Bentuk Penilaian Portofolio Berbasis Kelas Dan Jenis Sekolah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 119–132. Https://Doi.Org/10.31943/Mathline.V2i2.40
Hrp, N. A., & Adi, P. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Terapan Metode Scaffolding Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 3(2), 70–78. Https://Doi.Org/10.30598/Jumadikavol3iss2year2021page70-78
Kartres, M., Firdaus, M., & Saputro, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (Jppm), 2(2), 147–156.
Lagun Siang, J., Sukardjo, M., Salenussa, B. J. M., Sudrajat, Y., & Khasanah, U. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Smp. Jtp - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 40–52. Https://Doi.Org/10.21009/Jtp.V22i1.15329
Maielfi, D., & Wahyuni, S. (2020). Model Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa. Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa, 4(2), 219–230. Https://Doi.Org/10.24815/Jipi.V4i2.18395
Majid, M. Z. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 1–8. Https://Doi.Org/10.32528/Bb.V3i2.1591
Siahaan, K. W. A., Damanik, D. H. S., Tambunan, S. S., Simanjuntak, M., & Sihombing, D. (2021). Implementasi Model Quantum Teaching Dan Metode Snowball Throwing Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(07), 16–24. Https://Jurnalintelektiva.Com/Index.Php/Jurnal/Article/View/416
Siahaan, M. M., & Sianturi, C. L. (2021). Pengaruh Metode Quantum Teaching Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Aktif Dan Menyenangkan Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3985–3998. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i5.1465
St Nursiah, B., Hermuttaqien, F., & Ridwan, H. (2022). Pengaruh Penerapan Model Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sdn 52 Panasakkang Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Global Journal Teaching Professional, 1(3), 293–305.
Subakthi Putri, I. P., Dantes, N., & Suranata, K. (2020). Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 186. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V4i2.25137
Sujana, A., & Asiah, U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Journal Of Mathematics Learning, 1(1), 51–60. Https://Doi.Org/10.30653/004.201811.5
Trisna Jayantika, I., & Eva Yuliawati, N. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 283–295. Http://Repo.Mahadewa.Ac.Id/Id/Eprint/1649
Wati, S. N. Q., & Utami, R. D. (2022). Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Quantum Teaching. Jurnal Basicedu, 6(3), 4539–4548. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i3.2871
Wote, A. Y. V., Sasingan, M., & Kitong, O. E. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal Of Education Technology, 4(2), 96. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V4i2.24369
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten