STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MEN

Authors

  • Nova Yunita Sari Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Christi Natalia Simarmata Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Eni Meliani Sipayung Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Febriana Jovanka Gultom Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Lesmita Munthe Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Lovi Ellyta Gulo Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1080

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas, Strategi Pembelajaran, Pendidikan Abad Ke-21, Kemandirian Belajar

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 menuntut strategi yang tidak hanya mentransfer pengetahuan, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemandirian siswa. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) dalam mendorong kemandirian dan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, yang mengkaji berbagai literatur ilmiah dan sumber relevan terkait PjBL, kemandirian belajar, dan kreativitas. Hasil kajian menunjukkan bahwa PjBL mampu meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui pelibatan aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proyek. Di sisi lain, kreativitas siswa turut berkembang karena adanya ruang untuk berpikir bebas, eksploratif, dan solutif dalam menyelesaikan tantangan proyek. Kendati demikian, penerapan strategi ini menghadapi tantangan, seperti kesiapan guru, keterbatasan waktu, dan ketersediaan sumber daya. Oleh karena itu, integrasi PjBL dalam sistem pendidikan memerlukan perencanaan yang matang serta dukungan dari berbagai pihak. Kesimpulannya, PjBL merupakan strategi yang potensial untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan memberdayakan siswa secara holistik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nova Yunita Sari, Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Christi Natalia Simarmata, Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Eni Meliani Sipayung, Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Febriana Jovanka Gultom, Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Lesmita Munthe, Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Lovi Ellyta Gulo, Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

References

Abdin, M., Langi, J. P., & Wattimena, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Model Project Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (Sentrinov), 8(2), 216–223. Https://Proceeding.Isas.Or.Id/Index.Php/Sentrinov/Article/View/1245

Agustina, S., Wahyudi, W., & Sri Putu Verawati, N. N. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Simulasi Phet Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Sman 8 Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (Geoscienceed Journal), 5(1), 75–80. Https://Doi.Org/10.29303/Goescienceed.V5i1.293

Aldabbus, S. (2018). Project-Based Learning : Implementation & Challenges. International Journal Of Education, Learning And Development, 6(October).

Anjarini, D. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Menyusun Karya Ilomiah Geografi Sma. Universitas Negeri Malang. Http://Repository.Um.Ac.Id/Id/Eprint/62404

Aryana, E. N., Dewi, N. K., & Khair, B. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Membuat Kolase Anorganik. Journal Of Classroom Action Research, 4(3), 118–127. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29303/Jcar.V4i3.1900

Duha, M. M. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Point-Counterpoint Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Education And Development, 9(2), 642–646.

Ervina, R., Pradana, A. B. A., & Meinita, P. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Dengan Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Ppkn (Penelitian Pada Siswa Kelas 3 Sd Negeri Podosoko I). Prosiding University Research Colloquium, 344–354. Https://Repository.Urecol.Org/Index.Php/Proceeding/Article/View/2160

Farih, M., & Nasikhah, S. Z. (2022). Pengembangan E-Book Tematik Berbasis Project Based Qur’an Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Professional. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 85–108. Https://Doi.Org/10.52431/Murobbi.V6i1.842

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201–212. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.58258/Jime.V8i4.4090

Hadiyani, N. (2024). Pengaruh Citizen Science Project Dalam Meningkatkan Keterampilan Riset Dan Pengetahuan Prosedural Peserta Didik Pada Materi Perubahan Lingkungan (Studi Eksperimen Di Kelas X Sma Negeri 4 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2023/2024). Universitas Siliwangi.

Hamzah, R. A. (2024). Implementation Of The Project For Strengthening The Profile Of Pancasila Students In The Primary School Level Mobilization School Program In Soppeng Regency. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(2), 259–279. Https://Ojs.Unpkediri.Ac.Id/Index.Php/Pgsd/Article/View/21935

Julia, M. A., Fitriani, N., & Setiawan, R. (2024). Proses Pembelajaran Konstruktivisme Yang Bersifat Generatif Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 7. Https://Doi.Org/10.47134/Pgsd.V1i3.519

Jusita, M. L. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran Ips, 4(2), 90–95.

Misidawati, D. N., Ernawati, F. Y., & Shofwani, S. A. (2021). Penerapan Model Project Based Learninguntuk Meningkatkan Hasil Belajarmata Kuliah Public Relationdi Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio, 7(4), 2005–2012. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i4.1757

Nisa, U., Saenab, S., & Muzayyana, M. (2023). Peningkatan Minat Belajar Ipa Mealui Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Tarl Di Smp Negeri 7 Sinjai. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 958–970. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31970/Pendidikan.V5i2.684

Nuraeni, I. I., & Jaelani, J. (2023). Studi Implementasi Strategi Pembelajaran Metakognitif Mkwk Berbasis Praktik Terhadap Interkasi Pengetahuan Mahasiswa Di Institut Teknnologi Dan Kesehatan Mahardika Cirebon. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 2866–2879. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Innovative.V3i4.3824

Nurnawati, E., Yulianto, D., & Susanto, H. (2019). Peningkatan Kerjasama Siswa Smp Melalui Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Education Journal, 1(1), 1–7.

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). Https://Doi.Org/10.24176/Re.V8i2.2357

Purwanti, P., Safitri, A., Pusporini, H., Kusumaningrum, S. R., & Dewi, R. S. I. (2022). Application Of Project Based Learning Model For Class V Students Theme 5 Sub Theme 1 Ecosystem Materia. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). Https://Doi.Org/10.58258/Jime.V8i4.4090

Putri, G. A., & Dharmawanputra, B. (2021). Pembelajaran Teknik Vokal Dangdut Di Puntadewa Musik Trenggalek. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(1), 68–81. Https://Doi.Org/10.26740/Jps.V10n1.P68-81

Putri, P. A., Widyaningrum, H. K., & Pratiwi, C. P. (2024). Pengaruh. Model Project Based Learning Berbantuan Media Digital Educaplay Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Narasi Siswa Kelas Iv. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 3(3), 452–460.

Sari, I. K. (2018). The Effect Of Problem-Based Learning And Project-Based Learning On The Achievement Motivation. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 129–135.

Sari, R. W., Firmansyah, D., & San Fauziya, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Wattpad Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.22460/P.V6i1p%25p.10702

Sitompul, H. S., Situmorang, I., & Tuty, T. (2024). Sustainability Learning: Project Based Learning Integrated Chemo-Entrepreneurship Approach To Understanding Chemistry And Interest In Entrepreneurship. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(2), 1355–1361. Https://Doi.Org/10.55681/Jige.V5i2.2712

Szalay, I., Kovács, Á., & Sebestyén, Z. (2017). Integrated Framework For Project Management Office Evaluation. Procedia Engineering, 196(June), 578–584. Https://Doi.Org/10.1016/J.Proeng.2017.08.033

Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525–1531. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i3.958

Yuliana, C. (2020). Project Based Learning, Model Pembelajaran Bermakna Di Masa Pandemi Covid 19. Accessed On Http://Lpmplampung. Kemdikbud. Go. Id/Po-Content/Uploads/Pjbl-Edit_Cecil_052020. Pdf.

Published

2025-06-24

How to Cite

Sari, N. Y., Simarmata, C. N., Sipayung, E. M., Gultom, F. J., Munthe, L., & Gulo, L. E. (2025). STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MEN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1342–1347. https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1080

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.