Analisis Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS

Authors

  • Delisa Yunianty Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Anton Luvi Siahaan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Debbi Petra Meyana Sitorus Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1093

Keywords:

Sarana, Prasarana, Hasil Belajar, IPS, SMP

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 1 Panombean Panei. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), dan koefisien determinasi (R²).Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, sarana memiliki nilai signifikansi sebesar 0,741 dan prasarana sebesar 0,673, keduanya lebih besar dari 0,05, sehingga tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Secara simultan, nilai signifikansi uji F sebesar 0,872 juga menunjukkan bahwa sarana dan prasarana secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,005 mengindikasikan bahwa hanya 0,5% variasi hasil belajar dijelaskan oleh sarana dan prasarana, sementara 99,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana bukanlah faktor dominan yang memengaruhi hasil belajar siswa dalam penelitian ini.

 

 

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Delisa Yunianty, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Anton Luvi Siahaan, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Debbi Petra Meyana Sitorus, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

References

Adriana Hanny Bella Sukma, & Alifia Maharani Nasution. (2022). Manajemen Keuangan Sekolah Dalam Pemenuhan Sarana Prasarana Pendidikan Di Bekasi. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 45–57. Https://Doi.Org/10.54396/Alfahim.V4i1.226

Agustina, D., Nurjannah, A., Harahap, A., Lestari, V., & Hafizhah, Z. (2022). Konstruksi Pemahaman Pentingnya Sarana Prasarana Di Sekolah. Jurnal Edumaspul; Jurnal Pendidikan, 6(1), 1352–1359.

Chrisnawati, Y., & Suryani, D. (2020). Hubungan Sikap, Pola Asuh Keluarga, Peran Orang Tua, Peran Guru Dan Ketersediaan Sarana Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 12(2), 1101–1110. Https://Doi.Org/10.35816/Jiskh.V12i2.484

Erviana, L. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sebagai Sarana Praktikum Ipa Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di Smp-It Ar Rahmah Pacitan. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30595/Dinamika.V7i2.936

Handayani, M. (2018). Pemanfaatan Sarana Laboratorium Di Sma Yang Telah Dan Belum Melaksanakan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 152–166. Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V3i2.658

Hidayah, D. F. N., Risdayatie, D., Febrianti, F. A., & Titalia, Y. S. (2023). Pengempelementasian Sarana Prasarana Di Sekolah Sebagai Penunjang Keefektifan Dalam Pembelajaran Bagi Dunia Pendidikan Modern. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(2), 792–811.

Hidayat, R., Burhan, M. R., & Al Ma’ruf, A. M. (2019). Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Dalam Meningkatkan Sarana Dan Prasarana Pendidikan (Studi Di Sdn 44 Mande Kota Bima). Jiap (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 7(2), 93. Https://Doi.Org/10.31764/Jiap.V7i2.1269

Inayah, C., Ahsani, E. L. F., Mastura, E., Ni’mah, L. S., & Amalia, V. (2021). Pengaruh Sarana Prasarana Dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa Sd Di Sekolah Indonesia Den Haag. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 8(1), 52–68. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36835/Modeling.V8i1.686

Iqbal, M., & Asman, A. (2021). Dakwah Digital Sebagai Sarana Peningkatan Pemahaman Moderasi Beragama Dikalangan Pemuda. Jurnal Ilmu Dakwah, 41(2), 172–183. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21580/Jid.V41.2.9421

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. Https://Doi.Org/10.36667/Jppi.V7i1.360

Londa, J. S. S. A. L. V. Y. (2020). Efektivitas Pengelolaan Dana Kelurahan Dalam Rangka Peningkatan Sarana Dan Prasarana Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan Bahu Kecamatan Malalayang Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, 61–73.

Megasari, R. (2020). Peningkatan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran Di Smpn 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 636–648. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/Bmp.V2i1.3808

Mufasiroh, H. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Sarana Prasarana Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Amanatulloh Gambiran Banyuwangi. Pascasarjana. Opgehaal Van Http://Digilib.Uinkhas.Ac.Id/Id/Eprint/8596

Muh. Umran, L. O., La Ode Herman, La Iba, Joko, Rajab, M., & Rasyid, M. R. R. (2023). Pemanfaatan Media Tiktok Sebagai Sarana Proses Pembelajaran Pada Siswa Menengah Pertama Negeri 11 Kendari. Kongga : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 61–66. Https://Doi.Org/10.52423/Kongga.V1i2.17

Muspawi, M., & Claudia, P. R. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Belajar Di Sma Swasta Pelita Raya Kota Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2(2), 180–192. Https://Doi.Org/10.22437/Jssh.V2i2.5935

Narmi, Y., Montessori, M., Fitria, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pemanfaatan Sarana Dan Sumber Belajar Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6144–6149. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1774

Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Pembelajaran Di Sd. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15–23. Https://Doi.Org/10.23917/Jmp.V13i2.6363

Nur, H. W., Nirwandi, N., & Asmi, A. (2018). Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma N 1 Batipuah Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Menssana, 3(2), 93. Https://Doi.Org/10.24036/Jm.V3i2.82

Pandie, R. D. Y. (2022). Literasi Digital Berbasis Pendidikan Kristiani Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Era Disrupsi Teknologi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5995–6002.

Peter, R., & Simatupang, M. S. (2022). Pendidikan Multikultural Sebagai Sarana Membangun Integritas Bangsa. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 9(2), 92–104. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33541/Dia.V9i2.4502

Putra, I. N. S. (2019). Interaksi Manajerial Kepala Sekolah Melalui Strategi “Simdik” Dalam Menata Sarana Prasarana Sekolah Berbasis Kewirausahaan. Mimbar Ilmu, 24(2), 239. Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V24i2.21280

Putri Yulianti, Akhmad Riadi, Fadia Zahratunnisa, Nur Aulia Amanda Fatimah, A. A. (2024). Kajian Literatur : Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Generasi Muda. Indonesian Journal Of Islamic Education, 2(1), 113–123.

Rosidih, A. (2023). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii Di Smp Terpadu Ibnu Muay Bekasi Tahun Ajaran 2019-2020. Science And Education Journal, 1(1), 13–25. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.58290/Snej.V1i1.97

Saihu, M. (2022). Moderasi Pendidikan: Sebuah Sarana Membumikan Toleransi Dalam Dunia Pendidikan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02), 629–648. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30868/Ei.V11i02.2651

Sri Yustikia, N. W. (2019). Pentingnya Sarana Pendidikan Dalam Menunjang Kualitas Pendidikan Di Sekolah. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 4(2), 1. Https://Doi.Org/10.25078/Gw.V4i2.1053

Supriyadi, M. (2021). Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Smk N 03 Kota Lubuklinggau. Linggau Journal Science Education, 1(1), 60–67.

Tarigan, R. M. R. B. R. (2019). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Kec. Tiga Binanga Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Quality.

Wati, Y. R. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Menentukan Kinerja Karyawan Pt Pataya Sarana Niaga Surabaya Selama Masa New Normal. Soetomo Management Review, 2(7), 944–958. Https://Doi.Org/10.25139/Smr.V2i7.9128

Zakiyawati, S. W., Trihantoyo, S., Pendidikan, J. M., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2021). Urgensi Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9, 200–214.

Published

2025-04-28

How to Cite

Yunianty, D., Siahaan, A. L., & Sitorus, D. P. M. (2025). Analisis Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 1635–1645. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1093

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.