EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Ruth Ester Maria Pasaribu Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Lena R. Pangaribuan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Tutiarny Naibaho Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i1.1283

Keywords:

Pengaruh, Model Pembelajaran, Deep Dialogue / Critical Thinking (DD/CT), Kemampuan Penalaran Matematis, Peluang

Abstract

Dari berbagai fakta tersebut telah dilakukan penelitian ini dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapankan model pembelajaran Inquiry Training berbasis teknologi informasi dan komunikasi, dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Training. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimen atau yaitu perlakuan terhadap dua variabel (kelas), satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Training berbasis teknologi informasi dan komunikasi dan kelas yang lain sebagai kelas kontrol melalui penerapan model pembelajaran Inquiry Training.  Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Inquiry Training berbasis teknologi informasi dan komunikasi secara signifikan dapat lebih meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan model pembelajaran Inquiry Training. Data hasil penelitian mendapatkan Ngain keterampilan proses sains kelas eksperimen sebesar 0,84 (kategori tinggi) dan Ngain kelas kontrol sebesar 0,68 (kategori sedang). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan model pembelajaran Inquiry training berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang diterapkan pada kelas eksperimen secara signifikan dapat lebih meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan model pembelajaran inquiry training yang diterapkan pada kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ruth Ester Maria Pasaribu, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Lena R. Pangaribuan, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Tutiarny Naibaho, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

References

Amna, Z., Mirza, M., Syaukani, A., Adriansyah, F., & Hafiza, S. (2022). Pengaruh Metode Deep Dialogue Critical Thinking (Ddct) Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Pada Mahasiswa. Gadjah Mada Journal Of Professional Psychology (Gamajpp), 8(1), 1–12.

Anisah, A., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2011). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22342/Jpm.5.1.333.

Budiyanti, A. I. A., Sutrisno, S., & Prayito, M. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas Viii Dalam Memecahkan Soal Spldv Model Pisa Ditinjau Dari Adversity Quotient Tipe Climbers. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 141–149. Https://Doi.Org/10.26877/Imajiner.V4i2.9145

Hamsiah, H., Masjudin, M., & Kurniawan, A. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smpn 13 Mataram Pada Materi Bangun Ruang. Media Pendidikan Matematika, 5(2), 115. Https://Doi.Org/10.33394/Mpm.V5i2.1462

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang, 2(1), 107. Https://Doi.Org/10.31331/Medives.V2i1.528

Julaeha, S., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Fungsi Kuadrat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 663–670. Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V3i6.663-670

Komarudin, K., Rahmawati, N. D., Anggoro, B. S., Suherman, S., & Arfina, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Dan Penalaran Adaptif Matematis: Dampak Model Fera Berbantuan Video Pembelajaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1419–1432. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V6i2.1268

Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal Of Elementary Education, 3(3), 351. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V3i3.19497

M. Januar Ibnu Adham. (2021). Model Deep Dialogue/Critical Thinking Sebagai Wujud Wawasan Perbuatan Dan Keterlibatan Kebangsaan Yang Kritis Dan Demokratis. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 53–64. Https://Doi.Org/10.62775/Edukasia.V2i1.36

Mugianto, F., Prihatiningtyas, N. C., & Mariyam, M. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa Pada Materi Operasi Hitung Pecahan. Variabel, 4(2), 76. Https://Doi.Org/10.26737/Var.V4i2.2698

Nining, N. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(1), 32–41.

Nurliana, A. H., Jamaluddin, J., & Mahrus, M. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Deep Dialog/Critical Thinking (Dd/Ct) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Xi Mipa Sman 1 Batukliang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2338–2342. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V8i4.1803

Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2021). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Aritmatika Sosial. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 157. Https://Doi.Org/10.31941/Delta.V9i2.1334

Puspaningrum, C. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue And Critical Thinking (Dd/Ct) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smk N 1 Pekalongan. Uin Kh Abdurrahman Wahid Pekalongan. Http://Perpustakaan.Uinguadur.Ac.Id/

Que, B. J., Kusnadi, I. H., Silalahi, R. M. P., Rahman, A. A., & Kurniawan, A. (2022). The Effect Of Deep Dialogue/Critical Thinking Model On Studentsâ€Tm Conceptual Understanding Ability. Journal Of Innovation In Educational And Cultural Research, 3(3), 422–431.

Safitri, A. M., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 759. Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V1i4.P759-764

Sapitri, A., Saleh, M., & Ramayani, N. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas Viii Di Mts Al-Huda Pangkalan Susu. Jurnal Kajian Dan Riset Mahasiswa, 956–965.

Setiawati, T., Muhtadi, D., & Rosaliana, D. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Soal Aplikasi. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 748–753.

Tambunan, L., Sinaga, S. J., & Hutauruk, A. J. B. (2021). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Discovery Learning Pada Materi Aritmatika Sosial. Attractive : Innovative Education Journal, 4(2), 271–280.

Tampubolon, T. Y., Tambunan, L. O., & Purba, Y. O. (2022). Pengaruh Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1665–1674. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.22460/Jpmi.V5i6.13835

Taneo, M., Neolaka, S. Y., & Haeniti, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Tentang Manusia Sebelum Mengenal Tulisan Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Amfoang Timur Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Sejarah, 19(1), 34–46. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.54298/Tarunateach.V1i1.140

Usmaidar, Rani Febriyanni, Siti Darmawani. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Deep Dialogue/ Critical Thinking (Dd/Ct) Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas Viii Mts N 1 Langkat. Center Of Knowledge : Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 87–99. Https://Doi.Org/10.51178/Cok.V3i1.1117

Waruwu, N., Harefa, A. O., Telaumbanua, Y. N., & Zega, Y. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking Dalam Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 1 Hiliserangkai. Indonesian Research Journal On Education, 4(4), 116–121. Https://Doi.Org/10.31004/Irje.V4i4.1036

Zahroh, I. S. (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking Materi Statistika Kelas Viii Smp Diponegoro Tumpang.

Published

2025-06-24

How to Cite

Pasaribu, R. E. M., Pangaribuan, L. R., & Naibaho, T. (2025). EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1). https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i1.1283

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 41 42 43 44 45 46 47 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.