PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.139Keywords:
Model Pembelajaran Example Non Example, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPA di UPTD SD Negeri 124394 Pematangsiantar Jl. Tongkol T.A 2024/2025.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, yang menyatakan bahwa penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang berupa angka-angka serta analisisnya menggunakan statistik. Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen yang menggunakan desain “one group pretest posttest design”. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V UPTD SD Negeri 124394 yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal pilihan berganda.Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penelitian ini dari data yang sudah diujikan datanya dapat dilihat dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada pre-test (50,40) dan post-test (84,56). Berdasarkan analisis data nilai preteset dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, dimana ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di UPTD SD Negeri 124394 Jl. Tongkol T.A 2024/2025.
Downloads
References
Ami, R. A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 135–148. Https://Doi.Org/10.31943/Bi.V6i2.105
Basyir, A. A. (2016). Pengaruh Partisipasi Anggaran, Informasi Asimetri, Dan Kapasitas Individu Terhadap Budgetary Slack Pada Skpd Pemerintah Kota Samarinda. Akuntabel: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 13(2), 1–21.
Dadela, R., & Nurhasanah, H. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fabel Dengan Menggunakan Media Pop Up. Metamorfosis | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 13(1), 56–62. Https://Doi.Org/10.55222/Metamorfosis.V13i1.305
Fajri, Z. (2019). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Sd/ Mi. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 7(2), 46. Https://Doi.Org/10.36841/Pgsdunars.V7i2.477
Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Cerita Fabel Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i2.339
Harahap, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv Min 5 Kota Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/Id/Eprint/9733
Hasanah, D. (2019). Meningkatkan Karakteristik Peserta Didik Tentang Pergaulan Bebas Melalui Metode Example Non Examples. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 2(1), 18–25.
Hu, C., & Wu, Z. (2023). Online-Learning-Based Economic Mpc Of Switched Nonlinear Systems. Ifac-Papersonline, 56(2), 2840–2845. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ifacol.2023.10.1398
Krisanti, R. Y., Suprihatien, S., & Suryarini, D. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Tangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 24–35.
Liana, M., Yanuartuti, S., & Sabri, I. (2023). Proses Kreativitas Yus Wiradiredja Dalam Mengaransemen Pupuh Magatru Raehan. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(6), 4156–4165. Https://Doi.Org/10.36418/Syntax-Literate.V8i6.12582
Lidya Natalia Sibarani, Jumaria Sirait, & Martua Reynhat Sitanggang Gusar. (2022). Pengaruh Model Example Non Example Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Upt Smp Negeri 1 Air Putih Kabupaten Batu Bara. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(2), 5–8. Https://Doi.Org/10.57251/Ped.V2i2.645
Lisnani, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Bagi Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 76–82.
Lubis, T. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Examples Terhadap Hasil Belajar Pkn Di Kelas V Sd Negeri 106805 Desa Manunggal Labuhan Deli. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Marsela, C., Hutagaol, M. M., Ginting, A. B., Safitri, J., Afis, L., Sitorus, N., Pangaribuan, S. S., & Gultom, M. G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Example Non-Example Dengan Media Game Edukasi Quiziz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal Of Natural Sciences, 2(2), 53–61. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.34007/Jonas.V2i2.100
Masdar, M. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iii Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Examples Non Examples Di Sdn 010 Bayas Jaya. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 59. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V11i1.8815
Meta Natasia Br Ginting, & Boby Helmi. (2020). Peran Model Pembelajaran Example Nonexample Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bola Voli Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 1(2), 88–94. Https://Doi.Org/10.55081/Jumper.V1i2.493
Navaratnam, S., Ngo, T., Gunawardena, T., & Henderson, D. (2019). Performance Review Of Prefabricated Building Systems And Future Research In Australia. Buildings, 9(2), 38. Https://Doi.Org/10.3390/Buildings9020038
Novitasari, L., & Harjono, N. (2019). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Ipa. Janacitta, 2(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.35473/Jnctt.V2i1.187
Oktapioni, D. (2019). Pengaruh Metode Talking Stick Dan Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Ips Di Sma Negeri 1 Muaro Jambi. Jurnal Pengaruh Metode Talking Stick Dan Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Ips Di Sma Negeri 1 Muaro Jambi. Https://Repository.Unja.Ac.Id/Id/Eprint/9903
Perdana, I., Saragi, R. E. S., & Aribowo, E. K. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Kahoot Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 290. Https://Doi.Org/10.31800/Jtp.Kw.V8n2.P290--306
Pröbstl-Haider, U., & Haider, W. (2013). Tools For Measuring The Intention For Adapting To Climate Change By Winter Tourists: Some Thoughts On Consumer Behavior Research And An Empirical Example. Tourism Review, 68(2), 44–55. Https://Doi.Org/10.1108/Tr-04-2013-0015
Putri, L. M., & Ramadhan, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 13–30. Https://Doi.Org/10.30872/Diglosia.V5i1.316
Regianti, A. M., & Nurdyansyah, N. (2023). Pengembangan Media Interaktif Fabel Untuk Meningkatkan Minat Baca Dan Ketrampilan Menulis Peserta Didik. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 70–81. Https://Doi.Org/10.36379/Autentik.V7i1.277
Riinawati, R. (2022). Strategy Of Financing Management To Improve The Quality Of Islamic Education Institution. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2757–2768. Https://Doi.Org/10.35445/Alishlah.V14i3.1519
Rosulawati, H., Sudirman, A., & Sarengat, S. (2018). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3).
Saiful, M. (2019). Pengaruh Model Example Non_Example (Ene) Dan Inside Outside Circle (Ioc) Dalam Pembelajaran Berbantuan Media Audiovisual. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 76–86. Https://Doi.Org/10.24176/Re.V10i1.3885
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpbs.V11i4.42052
Saragih, M. A. T. S., Wuriyani, E. P., & Hadi, W. (2020). Development Of Fabel Story Text Teaching Material Base On Local Wisdom For Seventh Grade Student. Proceedings Of The 5th Annual International Seminar On Transformative Education And Educational Leadership (Aisteel 2020), 403–407. Https://Doi.Org/10.2991/Assehr.K.201124.082
Sari, P. O. W., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Pengaruh Pembelajaran Saintifik Example Non Example Terhadap Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 319–325. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V3i3.19457
Sembiring, S. B., Tanjung, D. S., & Panjaitan, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4075–4082. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i6.1399
Shuqi, L. I. U. (2024). The Teaching Method Of Fable Class Based On Constructivism Theory In Xing’an Primary School. Siam University.
Suryani, E., Rustono, W. S., & Nugraha, A. (2018). Pengaruh Model Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sumber Daya Alam Di Sd. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 100–108.
Suwiwa, I. G., Santyasa, I. W., & Kirna, I. M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Pencak Silat. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 6(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jtpi.V6i1.1372
Wahyuni, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Pkn Murid Sd Inpres Pallangga Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Https://Doi.Org/Wahyuni, Fitri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Pkn Murid Sd Inpres Pallangga Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa.Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Makasar: Universitas Muhammadiyah
Zainal, Z. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ii Sdn 79 Parepare. Mes: Journal Of Mathematics Education And Science, 5(2), 1–7. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30743/Mes.V5i2.2544
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten