PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS APLIKASI POWTOON PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.502Keywords:
Media Pembelajaran, Animasi Powtoon, Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran animasi PowToon pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV, khususnya materi Keragaman Budaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Dukuh Pakis V yang berjumlah 22 siswa. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian didapatkan, 1) skor rata-rata dari validasi ahli dengan persentase sebesar 92,5% yang termasuk dalam kategori sangat layak; 2) skor rata-rata efektifitas dengan persentase sebesar 92% yang termasuk dalam kategori sangat efektif; 3) respon siswa dengan persentase sebesar 90% yang termasuk dalam kategori sangat baik; 4) skor dari post test sebesar 91,6% yang termasuk dalam kategori baik sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran animasi PowToon dapat memberikan pemahaman kepada siswa kelas IV mengenai mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada materi Keragaman Budaya.
Downloads
References
Akmalia, R., Fajriana, F., Rohantizani, R., Nufus, H., & Wulandari, W. (2021). Development Of Powtoon Animation Learning Media In Improving Understanding Of Mathematical Concept. Malikussaleh Journal Of Mathematics Learning (Mjml), 4(2), 105. Https://Doi.Org/10.29103/Mjml.V4i2.5710
Aliyah, A. A., & Purwanto, S. E. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 921. Https://Doi.Org/10.32884/Ideas.V8i3.946
Amelia, C., & Manurung, A. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4346–4355. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i3.2848
Andini, N. P., Jumroh, S. F. Al, & Putra, T. Y. (2021). Pengaruh Media Animasi Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Di Kelas Viii Smp It Nurul Yaqin Kabupaten Sorong. Frasa: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 60–67.
Beni, L. (2023). I Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Powtoon Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Materi Flora Fauna Kelas Xi Di Sma Negeri 5 Bandar Lampung. Universitas Lampung. Http://Digilib.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/70487
Eka, H. F., Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jagomipa: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 2(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.53299/Jagomipa.V2i1.136
Fakhri, M. I., Bektiarso, S., & Supeno, S. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbantuan Macromedia Flash Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Momentum, Impuls, Dan Tumbukan Kelas X Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3), 271–277. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19184/Jpf.V7i3.8599
Farhan, A. (2022). Penggunaan Aplikasi Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Simetri Lipat Dan Putar Pada Kelas 3 Mis Al Istiqamah Aceh Besar. Uin Ar-Raniry. Https://Repository.Ar-Raniry.Ac.Id/Id/Eprint/25135
Haq, H., Purwantono, P., Irzal, I., & Rahim, B. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Dengan Video Dan Animasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Fabrikasi. Jurnal Vokasi Mekanika (Vomek), 4(1), 89–93. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/Vomek.V4i1.310
Hariati, P. N. S., Rohanita, L., & Safitri, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 6(1), 18–22.
Inayah, N. R., Sukmawati, R. A., & Amalia, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Platform Powtoon Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Computing And Education Technology Journal, 1, 1–10. Https://Doi.Org/Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu
Istiqomah, A., Sugiharti, R. E., & Rikmasari, R. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Ict Berbasis Video Animasi Melalui Aplikasi Canva. An-Nizam, 2(2), 49–59. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33558/An-Nizam.V2i2.6140
Kafah, A. K. N., Nulhakim, L., & Pamungkas, A. S. (2020). Development Of Video Learning Media Based On Powtoon Application On The Concept Of The Properties Of Light For Elementary School Students. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 6(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30870/Gravity.V6i1.6825
Kusumahwardani, D., Pramadi, A., & Maspupah, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Audiovisual Berbasis Animaker Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(1), 110–115. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V8i1.1665
Mahatir, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Minat Belajar Murid Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Di Sd Anak Bangsa Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Muthmainnah, A., Nisa, N., Ashifa, R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Media Powtoon Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5159–5168. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1595
Nerissa, M., Pulungan, A. H., & Erlita, Y. (2020). Developing Media Based On Powtoon In Teaching Writing Recount Text For Grade Viii Students In Smp Muhammadiyah 1 Medan. Register: Journal Of English Language Teaching Of Fbs-Unimed, 8(3).
Pratiwi, N., Sudirman, H., & Jauhar, S. (2022). Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Narasi: Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 13 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(2), 97–108.
Puspitarini, Y. D., Akhyar, M., & Djono, D. (2018). Developing Powtoon-Based Video Learning Media For Five Grade Students Of Elementary School. International Conference Of Communication Science Research (Iccsr 2018), 173–177. Https://Doi.Org/Https://Dx.Doi.Org/10.2991/Iccsr-18.2018.37
Putri, N. K. P., & Rosalina, S. (2022). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Pada Dialog Film Animasi Nussa Episode Nussa: Belajar Jualan. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 338–347. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31943/Bi.V7i2.224
Rahmawati, F., & Ramadan, Z. H. (2021). Improving High-Level Thinking Skills In Students Through Powtoon-Based Animation Video Media. Journal Of Education Technology, 5(4), 654–662. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V5i4.41037
Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Se-Gugus Sukodono Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4).
Sari, I. Y., & Manurung, A. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas Iii Sdn Gudang Tigaraksa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 1015–1024. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47492/Jip.V2i3.809
Syaifudin, F. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Kemampuan Representasi Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas V Mi Ma’arif Ngrupit Ponorogo. Iain Ponorogo. Http://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/Id/Eprint/8437
Tambunan, M. A., & Manihuruk, L. M. E. (2023). Powtoon Assisted Glasser Model To Improve Writing Skills In High School Students. International Journal Of Humanities Education And Social Sciences (Ijhess), 3(3). Https://Doi.Org/10.55227/Ijhess.V3i3.668
Tandilangi, M., Mintjelungan, C., & Wowor, V. N. S. (2016). Efektivitas Dental Health Education Dengan Media Animasi Kartun Terhadap Perubahan Perilaku Kesehatan Gigi Dan Mulut Siswa Sd Advent 02 Sario Manado. E-Gigi, 4(2). Https://Doi.Org/10.35790/Eg.4.2.2016.13503
Trisnawati, T., Bunau, E., & Susilawati, E. (2019). The Use Of Powtoon With Crossword Puzzle To Improve Students’vocabulary In Descriptive Text. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(3).
Tullah, N. H., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 3 Rumak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 821–826. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i2c.587
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten