PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA PAPAN PAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR SEDERHANA

Authors

  • Ratih Kesuma Dewi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Jawa Timur, Indonesia
  • Ach. Munawi Husein Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Jawa Timur, Indonesia
  • Nurmila Nurmila Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Jawa Timur, Indonesia
  • Fitriyatul Jannah Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1407

Keywords:

Nailed Board Media, Mathematics learning outcomes

Abstract

 

Penerapan Pembelajaran Berbantuan Media Papan Berpaku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Memahami Luas dan Keliling Bangun Datar Sederhana Kelas IV SD VII Patokan Tahun Pelajaran 2023-2024. Penelitian ini dilakukan di SD VII Patokan Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo. Adapun yang mendorong peneliti melakukan penelitian yaitu ditemukannya berbagai masalah yang dihadapi siswa kelas IV SD VII Patokan, salah satu masalah yang dihadapi adalah memahami konsep luas dan keliling segitiga dan jajargenjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media papan berpaku untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi memahami Luas Dan Keliling bangun datar sederhana Kelas IV SD VII Patokan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD VII Patokan dengan jumlah siswa sebanyak 16 siswa. Peneliti ini menganalisa dan menyajikan sejumlah permasalahan secara sistematis sehingga mudah untuk memecahkan bersama. Pengumpulan data diperoleh dengan melakukan  wawancara dengan pihak sekolah dan menganalisa data yang sudah ada serta data nilai setelah pelaksanaan. Berdasarkan data yang disajikan, penerapan media papan paku dalam pembelajaran matematika pada materi luas dan keliling bangun datar sederhana menunjukkan hasil yang sangat positif. Rata-rata skor tes konsep matematika meningkat sebesar 30%, dari 65 sebelum penerapan media menjadi 85 setelahnya. Jumlah siswa yang memahami konsep juga meningkat secara signifikan, dari 12 menjadi 25 siswa, serta keaktifan siswa dalam kelas meningkat dari 40% menjadi 75%.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 308 times

References

Abdussakir. (2026). Analisis Matematis Terhadap Filsafat Al-Qur’an. In CV Cendekia Press.

Akbari, A. A., & Irawan, C. M. (2023). Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Berbasis Digital di Homeschooling. Ejournal.Untirta.Ac.Id/SNPNF Keterlibatan, 1(1), 69–78.

Andinny, Y. (2017). PENGARUH KONSEP DIRI DAN BERPIKIR POSITIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Formatif 3(2):, 3(2), 126–135.

Atmaja, I. M. D. (2024). LOGIKA BERPIKIR MANUSIA DALAM KONTEKS ETNOMATEMATIKA DAN KONSEP MATEMATIKA. Prosiding MAHASENDIKA, 5(1), 2–23.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25.

Hawa. (2017). Teori Belajar Bruner. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. In CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Husein, W. M. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Teknologi Informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian. PETISI, Jurnal, 3(1), 20–28.

Ikhlas, A. (2023). Trik Konsolidasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Pembelajaran Mipa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 3228–3237.

Industri, R. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan : Membantu Siswa Beradaptasi Dengan. Journal on Education, 05(04), 11777–11790.

Khoiriyah, R. R. (2018). Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Matematika untuk Mewujudkan Generasi Berkarakter Islami. Jumat Pendidikan …, 5(46).

Mahmudi, A. (2018). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 1–9.

Muh, A., Saputra, A., Huriati, N., Lahiya, A., Bahansubu, A., & Rofi, A. (2023). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Hybrid Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengembangkan Potensi Siswa. Journal on Education, 06(01), 1102–1110.

Mustakim. (2011). Pendidikan karakter: membangun delapan karakter emas menuju Indonesia bermartabat. In Samudra Biru.

Santoso, G., Anissa, A. S., Rosha, M., Hurriyah, N., & Gamaria, H. (2023). Eksplorasi Matematika: Teori dan Penerapannya. Jurnal Pendidikan Transformatif, 02(05), 8–16.

Sohilait. (2020). Buku ajar: Evaluasi pembelajaran matematika. In PT RajaGrafindo Persada, Depok.

Sumarn, Y. (2018). Matematika dalam ilmu manajemen. Jurnal Edubio Tropika, 5(1), 11–24.

Suwandayani. (2018). Pembelajaran matematika yang menyenangkan. In UMMPress. (Vol. 1, p. 2018).

Yayuk, E., & Prasetyo, S. (2018). Kajian Matematika Sd. In UMMPress.

Published

2024-08-24

How to Cite

Kesuma Dewi, R., Husein, A. M. ., Nurmila, N., & Jannah, F. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA PAPAN PAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR SEDERHANA . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 781–788. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1407