STARTEGI PEMASARAN TAZZI GLOW KOTA SIGLI VIA E-COMMERCE

Authors

  • Eka Agustina Universitas Jabal Ghafur, Sigli, Aceh, Indonesia
  • Zakaria H.M Zakaria H.M Universitas Jabal Ghafur, Sigli, Aceh, Indonesia
  • Rahmad Rahmad Universitas Jabal Ghafur, Sigli, Aceh, Indonesia
  • Ramzijah Ramzijah Universitas Jabal Ghafur, Sigli, Aceh, Indonesia
  • Hafiq Ariansyah Universitas Jabal Ghafur, Sigli, Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1444

Keywords:

Tazzi glow, Strategi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini menganalisis bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk Tazzi glow pada toko Tazzi glow dan bagaimana penerapan bentuk promosi yang dapat diterapkan dalam meningkatkan penjualan produk pada toko Tazzi glow. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada toko Tazzi glow dan untuk mengetahui penerapan cara promosi dalam meningkatkan penjualan produk pada Toko Tazzi glow. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah survei lapangan dengan mewawancarai pemilik toko dan pegawai di Toko tazzi glow sebagai informan. Hasil penelitian ini adalah (1) strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan yang dapat diterapkan adalah strategi growth (pertumbuhan), yaitu mengembangkan kekuatan yang sudah ada di dalam toko tersebut dan memanfaatkan peluang. Kekuatan tersebut berupa kualitas produk yang baik dan kesesuain produk dengan harga dan ekspektasi konsumen dan lengkapnya tester produk scarlett whitening yang disediakan oleh Toko Cahaya Kosmetik. (2) Bentuk promosi yang diterapkan dalam meningkatkan penjualan produk pada toko tazzi glow , yaitu dengan melakukan promosi langsung. Dengan demikian perlu ditingkatkan kualitas bentuk promosi melalui media sosial atau promosi secara online. Impliksi penelitian ini dapat dijadikan suatu pertimbangan bagi Toko Tazzi glow dalam hal strategi pemasaran guna meningkatkan penjualan produk Tazzi glow dengan memperhatikan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam strategi pemasaran produknya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Eka Agustina, Universitas Jabal Ghafur, Sigli, Aceh, Indonesia

Universitas Jabal Ghafur, Sigli, Aceh, Indonesia

Zakaria H.M Zakaria H.M , Universitas Jabal Ghafur, Sigli, Aceh, Indonesia

Universitas Jabal Ghafur, Sigli, Aceh, Indonesia

Rahmad Rahmad, Universitas Jabal Ghafur, Sigli, Aceh, Indonesia

Universitas Jabal Ghafur, Sigli, Aceh, Indonesia

Ramzijah Ramzijah, Universitas Jabal Ghafur, Sigli, Aceh, Indonesia

Universitas Jabal Ghafur, Sigli, Aceh, Indonesia

Hafiq Ariansyah, Universitas Jabal Ghafur, Sigli, Aceh, Indonesia

Universitas Jabal Ghafur, Sigli, Aceh, Indonesia

References

Aisyah, S. (2022). Analisis Peranan Auditor Internal Terhadap Fungsi Pemasaran(Promosi) Pada Hotel Transit Syariah Medan. Accumulated Journal (Accounting And Management Research Edition), 3(2), 198. Https://Doi.Org/10.22303/Accumulated.3.2.2021.198-206

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa.

Anggaratni G, W., & Sulistiadi, W. (2022). Inovasi Sosial Media Dalam Pemasaran Rumah Sakit Pada Masa Pandemi Covid-19: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (Mppki), 5(8), 908–914. Https://Doi.Org/10.56338/Mppki.V5i8.2520

Aprilya, T. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyasfashop Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda. Ejournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 13–23.

Asari, M., & Mahmudah, S. (2022). Kualitas Pemasaran Digital, Produk Dan Distribusi Dalam Upaya Mewujudkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 24(2), 85. Https://Doi.Org/10.33370/Jpw.V24i2.811

Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.

Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal Of Indonesian Tourism, Hospitality And Recreation, 1(2), 83–96. Https://Doi.Org/10.17509/Jithor.V1i2.13769

Bangsawan, S. (2015). Manajemen Pemasaran Usaha Kecil Kasus Industri Pengolahan Makanan Dan Ritel. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/6487

Ciamas, E. S., & Anggraini, D. (2021). Pendampingan Umkm Hebat Dengan Inovasi Produk, Pemasaran Digital, Dan Pengelolaan Keuangan Pada Usaha Cekeremes Di Kecamatan Medan Tuntungan. Jurpikat (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 361–371. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37339/Jurpikat.V2i2.637

Deannisa, S., Fauzi, A., Caesar, L. A. Y., Al Mahdini, A. S., Arya, R. A., Hasanah, N., Taramadina, N. A., & Widadari, A. N. A. (2023). Analisis Pengaruh Kebijakan Pemerintah Indonesia Dengan Menyesuaikan Harga Dan Menjamin Kualitas Bahan Bakar Minyak (Bbm) Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Kasus Nahasiswa Universitas Bina Nusantara (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(4), 564–570. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.38035/Jimt.V4i4.1507

Dionisius Indri Priyobodo, & Wahyu Sulistiadi. (2022). Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Dan Bauran Pemasaran Pada Rs X Dalam Mengembalikan Kepercayaan Pasien Saat Pandemi Covid-19: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (Mppki), 5(4), 343–351. Https://Doi.Org/10.56338/Mppki.V5i4.2155

Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Dan Pemasaran Pada Umkm Sablon Anggi Screen Di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 68–75. Https://Doi.Org/10.37817/Ikra-Ithabdimas.V6i2.2408

Haloho, S. M. T. (2022). Analisis Pemasaran Dan Transmisi Harga Kelapa Sawit Di Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Universitas Islam Riau. Http://Repository.Uir.Ac.Id/Id/Eprint/12571

Hasana, R., Nobelson, & Sembiring, R. (2020). Strategi Pemasaran Umkm Coffee Shop ( Studi Kasus Pada Coffee War, Kemang). Prosiding Biema: Business Management, Economic And Accounting National Seminar.

Hendarto, M. S., & Totok, I. (2019). Implementasi Manajemen Pemasaran Usaha Minuman Sinom Kekinian. Http://Repository.Unitomo.Ac.Id/Id/Eprint/1775

Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kemampuan Softskill Dan Hardskill Bidang Keahlian Pemasaran Pada Siswa Jurusan Pemasaran Smk Nuris Hidayat Desa Curahnongko, Kec. Tempurejo Kab. Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 34–40. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19184/Jpe.V13i2.13854

Leanora Theresiana, Y. S. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Yang Dilakukan Guten Morgen Coffee Lab And Shop Untuk Menarik Konsumen. Jurnal Prologia, 2(2), 392–399.

Luntungan, W. G. A., Tawas, H. N., Ekonomi, F., Bisnis, D., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2019). Strategi Pemasaran Bambuden Boulevard Manado: Analisis Swot. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 5495–5504.

Mani, J. (2018). Pengaruh Peran Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mandiri, 2(2), 263–280. Https://Doi.Org/10.33753/Mandiri.V2i2.43

Maulana, S. (2021). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen Pada Pembelian Online Makanan Organik. Ipb University. Http://Repository.Ipb.Ac.Id/Handle/123456789/106836

Musfar, T. F., & Se, M. M. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.

Ningtyas, S., Asmono, R. T., Nurlaela, L., Kurniati, I., & Nasri, J. (2022). Pelatihan Pengenalan Digital Marketing Pemasaran Produk Pertanian Di Kelurahan Kali Abang Tengah. Swadimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 27–34. Https://Doi.Org/10.56486/Swadimas.Vol1no01.242

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. Https://Doi.Org/10.32812/Jibeka.V11i2.45

Pratama, A. A. (2022). Seni Industri Pemasaran Dan Penjualan Terhadap Ketahanan Resesi Industri Dunia Menghadapi Konflik Rusia-Ukraina. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(2), 12–18.

Purwanti, E. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, 5(9), 13–28. Https://Doi.Org/10.1007/Bf02532975

Raden Vasthu Broto Ariyo, & Anhari Achadi. (2022). Penggunaan Strategi Pemasaran Digital Dalam Layanan Kesehatan Di Saat Pandemi Covid-19: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (Mppki), 5(7), 769–774. Https://Doi.Org/10.56338/Mppki.V5i7.2304

Roz, K., Sa’diyah, C., & Hilmi, L. D. (2020). Pendampingan Pengemasan Dan Pemasaran Pasca Panen Pada Kelompok Tani “Tani Maju 01” Di Bumiaji, Kota Batu. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 3(2), 70. Https://Doi.Org/10.31328/Js.V3i2.1603

Saputra, M., Sari, N., Rafiq, M., & Rahmawati, L. (2022). Pelatihan Inovasi Produk Serta Strategi Pemasaran Pada Umkm Bubuk Jahe Di Masa Pandemi Covid 19. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 142. Https://Doi.Org/10.35914/Tomaega.V5i1.977

Sembiluh, D., & Sulistiadi, W. (2022). Analisis Implementasi Pemasaran Digital Di Rumah Sakit Pada Pandemi Covid-19: Literatur Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (Mppki), 5(3), 224–232. Https://Doi.Org/10.56338/Mppki.V5i3.2135

Susanti, A., Khoiro, A. N., Solikhah, A., Oktavia, B., & Nuraini, U. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Produk Milkshake Dan Ice Cream “Soj” Suwe Ora Jamu. Prosiding National Seminar On Accounting, Finance, And Economics (Nsafe), 1(5).

Waiman, E., & Achadi, A. (2022). Implementasi Bauran Pemasaran Rumah Sakit Di Era Pandemi Covid-19: Sebuah Review Literatur. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (Mppki), 5(5), 475–481. Https://Doi.Org/10.56338/Mppki.V5i5.2263

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 29(1), 59–66.

Published

2025-04-28

How to Cite

Agustina, E. ., Zakaria H.M , Z. H. ., Rahmad, R., Ramzijah, R., & Ariansyah, H. . (2025). STARTEGI PEMASARAN TAZZI GLOW KOTA SIGLI VIA E-COMMERCE. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 915–924. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1444