VALIDITAS LEMBAR KERJA MAHASISWA TERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIH LITERASI SAINS MAHASISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1604Keywords:
Student Worksheets, STEM, Scientific LiteracyAbstract
Pengembangan literasi sains merupakan fokus utama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, terutama terkait rendahnya hasil literasi sains siswa berdasarkan survei PISA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis STEM guna meningkatkan literasi sains mahasiswa calon guru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) model 4D: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pada tahap analisis kebutuhan, dilakukan identifikasi masalah, analisis kompetensi dasar, serta analisis konten yang relevan dengan pembelajaran literasi sains, khususnya materi gelombang bunyi. Subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru yang terlibat dalam pengujian LKM. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa LKM mendapatkan skor rata-rata 4,57, dengan validator 1 memberikan skor 4,70, validator 2 dengan nilai 4,80, dan validator 3 dengan nilai 4,20, yang dinyatakan valid. Setelah divalidasi, LKM dinyatakan layak digunakan dengan sedikit perbaikan. Secara keseluruhan, pengembangan LKM ini dinyatakan valid dan harapannya dapat meningkatkan literasi sains pada mahasiswa calon guru. Studi lanjutan dapat diujikan kepada mahasiswa untuk melihat pengaruh bahan ajar ini terhadap peningkatan literasi sains mereka sebagai calon guru, serta mengeksplorasi pengembangan LKM untuk materi lain di berbagai jenjang pendidikan.
Downloads
References
Attard, C., Berger, N., & Mackenzie, E. (2021). The Positive Influence of Inquiry-Based Learning Teacher Professional Learning and Industry Partnerships on Student Engagement With STEM. Frontiers in Education, 6(August), 1–14. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.693221
Budi Utami, W., & Aulia, F. (2023). Sosialisasi Pendidikan di Era 4.0 Untuk Generasi Yang Berkualitas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 2023.
Bybee, R. W. (2013). The Case for STEM Education: Challenges and Opportunities. National Science Teachers Association. https://books.google.co.id/books?id=gfn4AAAAQBAJ
Coo, R. L., Qondias, D., Kaka, P. W., & Wau, M. P. (2024). Implementasi Pojok Baca Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca (Studi Eksplorasi Gerakan Literasi Sekolah). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 385–392. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1332
Fatmawati, D. D., & Shofiyah, N. (2022). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Science Technology Engineering Mathematics Dengan Model Problem Based Learning Sebagai Alternatif Solusi Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(2), 89–99. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v4i2.2142
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Gunada, I. W., Wahyudi, W., Ayub, S., Taufik, M., & Busyairi, A. (2023). Validitas Perangkat Model Project Based Learning Berbasis STEM pada Pokok Bahasan Perubahan Energi untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah. Empiricism Journal, 4(1), 134–144. https://doi.org/10.36312/ej.v4i1.1287
Hermansyah, H. (2020). Pembelajaran IPA Berbasis STEM Berbantuan ICT dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 129–132. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.117
Latif, A., Pahru, S., & Muzakkar, A. (2022). Studi Kritis Tentang Literasi Sains dan Problematikanya di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9878–9886. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4023
Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahra, S., & Muntari. (2018). Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Profei Pendidikan, 3(2), 124–128.
Mu’minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis STEM Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Keterampilan Abad. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 28. https://doi.org/10.35580/sainsmat82107172019
Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 34–45. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.819
Nurhasanah, N., Jumadi, J., Herliandry, L. D., Zahra, M., & Suban, M. E. (2020). Perkembangan Penelitian Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Indonesia. Edusains, 12(1), 38–46. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.14148
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). In OECD Publishing: Vol. (Issue). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Smp Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24–29. https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.173
Putri. (2021). Identifikasi Kemampuan Literasi Sains Siswa di SMP Negeri 2 Pematang Tiga Bengkulu Tengah. GRAVITASI Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 4(01), 9–17.
Rahma, A., Syafira, A. M., Nurhija, A. E., Al Faseh, A. B., & Dafit, F. (2023). Program Literasi Sdn Kota Pekanbaru, Bukit Lembah Subur Dan Mandau. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 465–473. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1051
Ramulumo, M. (2024). Exploring the Impact of Early STEM Education on Science and Visual Literacy. Journal of Education in Science, Environment and Health, 216–229. https://doi.org/10.55549/jeseh.725
Rochim, R. A., Prabowo, Budiyanto, M., Hariyono, E., & Prahani, B. K. (2022). The Use of STEM-Integrated Project-based Learning Models to Improve Learning Outcomes of Junior High School Students. Atlantis Press, 627, 211-218, https://doi.org/10.2991/assehr.k.211229.034
Saputra, A. (2024). Fakultas Seni Rupa Desain , Institut Seni Indonesia Padang Panjang , Sumatera Barat , Indonesia. 5(2), 890–899.
Sidauruk, S., Ni’mah, F., Meiliawati, R., Analita, R. N., Rahmadani, A., Budi, F. S., & Adhani, A. (2025). Scientific literacy on peatland across various study programs, genders, and current domicile of university students in Borneo. Journal of Education and Learning, 19(1), 449–459. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i1.21794
Sitepu, C., & Sinaga, S. J. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Steam Dengan Literasi Saintifik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Berbasis Outcome Based Education (Obe). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 734–742. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1118
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung.
Syamsiah, S., & Rinie Pratiwi, Puspitawati Wahono, W. (2012). INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP. 1–5.
Tanjung, M. R., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2022). Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis STEM terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik: suatu Meta Analisis. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika UNP, 8(1), 62–71. https://doi.org/10.24036/jppf.v8i1.115860
Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:148925881
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten