VALIDITAS LEMBAR KERJA MAHASISWA TERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIH LITERASI SAINS MAHASISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Authors

  • Roudhoutul Aulia Rochim Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Indonesia
  • Lina Arifah Fitriyah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Indonesia
  • Noer Af’idah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Indonesia
  • Andri Wahyu Wijayadi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Indonesia
  • Fajrul Falah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Indonesia
  • Nur Kuswanti Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1604

Keywords:

Student Worksheets, STEM, Scientific Literacy

Abstract

Pengembangan literasi sains merupakan fokus utama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, terutama terkait rendahnya hasil literasi sains siswa berdasarkan survei PISA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis STEM guna meningkatkan literasi sains mahasiswa calon guru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) model 4D: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pada tahap analisis kebutuhan, dilakukan identifikasi masalah, analisis kompetensi dasar, serta analisis konten yang relevan dengan pembelajaran literasi sains, khususnya materi gelombang bunyi. Subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru yang terlibat dalam pengujian LKM. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa LKM mendapatkan skor rata-rata 4,57, dengan validator 1 memberikan skor 4,70, validator 2 dengan nilai 4,80, dan validator 3 dengan nilai 4,20, yang dinyatakan valid. Setelah divalidasi, LKM dinyatakan layak digunakan dengan sedikit perbaikan. Secara keseluruhan, pengembangan LKM ini dinyatakan valid dan harapannya dapat meningkatkan literasi sains pada mahasiswa calon guru. Studi lanjutan dapat diujikan kepada mahasiswa untuk melihat pengaruh bahan ajar ini terhadap peningkatan literasi sains mereka sebagai calon guru, serta mengeksplorasi pengembangan LKM untuk materi lain di berbagai jenjang pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 55 times

References

Attard, C., Berger, N., & Mackenzie, E. (2021). The Positive Influence of Inquiry-Based Learning Teacher Professional Learning and Industry Partnerships on Student Engagement With STEM. Frontiers in Education, 6(August), 1–14. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.693221

Budi Utami, W., & Aulia, F. (2023). Sosialisasi Pendidikan di Era 4.0 Untuk Generasi Yang Berkualitas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 2023.

Bybee, R. W. (2013). The Case for STEM Education: Challenges and Opportunities. National Science Teachers Association. https://books.google.co.id/books?id=gfn4AAAAQBAJ

Coo, R. L., Qondias, D., Kaka, P. W., & Wau, M. P. (2024). Implementasi Pojok Baca Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca (Studi Eksplorasi Gerakan Literasi Sekolah). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 385–392. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1332

Fatmawati, D. D., & Shofiyah, N. (2022). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Science Technology Engineering Mathematics Dengan Model Problem Based Learning Sebagai Alternatif Solusi Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(2), 89–99. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v4i2.2142

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Gunada, I. W., Wahyudi, W., Ayub, S., Taufik, M., & Busyairi, A. (2023). Validitas Perangkat Model Project Based Learning Berbasis STEM pada Pokok Bahasan Perubahan Energi untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah. Empiricism Journal, 4(1), 134–144. https://doi.org/10.36312/ej.v4i1.1287

Hermansyah, H. (2020). Pembelajaran IPA Berbasis STEM Berbantuan ICT dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 129–132. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.117

Latif, A., Pahru, S., & Muzakkar, A. (2022). Studi Kritis Tentang Literasi Sains dan Problematikanya di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9878–9886. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4023

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahra, S., & Muntari. (2018). Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Profei Pendidikan, 3(2), 124–128.

Mu’minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis STEM Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Keterampilan Abad. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 28. https://doi.org/10.35580/sainsmat82107172019

Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 34–45. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.819

Nurhasanah, N., Jumadi, J., Herliandry, L. D., Zahra, M., & Suban, M. E. (2020). Perkembangan Penelitian Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Indonesia. Edusains, 12(1), 38–46. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.14148

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). In OECD Publishing: Vol. (Issue). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Smp Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24–29. https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.173

Putri. (2021). Identifikasi Kemampuan Literasi Sains Siswa di SMP Negeri 2 Pematang Tiga Bengkulu Tengah. GRAVITASI Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 4(01), 9–17.

Rahma, A., Syafira, A. M., Nurhija, A. E., Al Faseh, A. B., & Dafit, F. (2023). Program Literasi Sdn Kota Pekanbaru, Bukit Lembah Subur Dan Mandau. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 465–473. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1051

Ramulumo, M. (2024). Exploring the Impact of Early STEM Education on Science and Visual Literacy. Journal of Education in Science, Environment and Health, 216–229. https://doi.org/10.55549/jeseh.725

Rochim, R. A., Prabowo, Budiyanto, M., Hariyono, E., & Prahani, B. K. (2022). The Use of STEM-Integrated Project-based Learning Models to Improve Learning Outcomes of Junior High School Students. Atlantis Press, 627, 211-218, https://doi.org/10.2991/assehr.k.211229.034

Saputra, A. (2024). Fakultas Seni Rupa Desain , Institut Seni Indonesia Padang Panjang , Sumatera Barat , Indonesia. 5(2), 890–899.

Sidauruk, S., Ni’mah, F., Meiliawati, R., Analita, R. N., Rahmadani, A., Budi, F. S., & Adhani, A. (2025). Scientific literacy on peatland across various study programs, genders, and current domicile of university students in Borneo. Journal of Education and Learning, 19(1), 449–459. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i1.21794

Sitepu, C., & Sinaga, S. J. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Steam Dengan Literasi Saintifik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Berbasis Outcome Based Education (Obe). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 734–742. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1118

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung.

Syamsiah, S., & Rinie Pratiwi, Puspitawati Wahono, W. (2012). INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP. 1–5.

Tanjung, M. R., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2022). Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis STEM terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik: suatu Meta Analisis. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika UNP, 8(1), 62–71. https://doi.org/10.24036/jppf.v8i1.115860

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:148925881

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Published

2024-11-24

How to Cite

Rochim, R. A., Fitriyah, L. A. ., Af’idah, N. ., Wijayadi, A. W. ., Falah, F. ., & Kuswanti, N. . (2024). VALIDITAS LEMBAR KERJA MAHASISWA TERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIH LITERASI SAINS MAHASISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 1194–1203. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1604