Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Berbasis Aplikasi Maktabah Syamilah
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i1.1807Keywords:
Sorogan Method, Yellow Islamic Classic Books, Maktabah Shamilah ApplicationAbstract
Pesantren Pondok Al-MIZAN Panongan merupakan sekolah informal yang menggunakan pendekatan Bandungan untuk mengajarkan kitab kuning. Selanjutnya, Metode Sorogan juga digunakan oleh pondok pesantren ini untuk membantu para santri dalam meningkatkan kemampuan membaca Kitab Kuning mereka. Studi kasus adalah jenis penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Wawancara, dokumentasi, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Metode Sorogan secara signifikan meningkatkan pembelajaran kitab kuning, dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca santri sebelum dan setelah menggunakan Metode Sorogan serta untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penerapan Metode Sorogan Berbasis Aplikasi Maktabah Syamilah di Pondok Pesantren AL-MIZAN dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri
Downloads
References
Afandi. (2021). Model Pendidikan Agama Islam Berbasis Kitab Kuning Di Sekolah Formal. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(2), 84.
Ahmad Helwani Syafi’i, A. H. S. (2020). Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy Sesela. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI, 5(2), 40. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i2.3693
Aroka, R. (2023). Pesantren: asal usul dan pertumbuhan kelembagaan. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 4837–4851. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0APesantren
Badruzzaman, A., Najamuddin, M., & Miharja, D. (2023). Peningkatan Kualitas Literasi Santri Peningkatan Kualitas Literasi Santri Pondok Pesantren Quran Al-Lathifah Menggunakan Digital Library Maktabah Syamilah. Dinamika, 8(1), 1–16. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika/article/download/3566/1625
Bastria A S. (2021). Program Pascasarjana Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Juli 2021. http://digilib.uinkhas.ac.id/14590/1/SAIFUL AYAT_0849119015.pdf
Dhina. (2024). Tantangan Dalam Penegakan Hukum Tindak Pidana Korupsi Di Indonesia. Jurnal Usm Law Review, 7(2), 1006. https://doi.org/10.26623/julr.v7i2.9507
Fatmawati, R. (2021). Pembelajaran Qira’ah Dasar: Studi Kasus Pada Metode Sorogan Di Pondok Pesantren. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(1), 26–34. https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i1.59
Hasan, M. S., Dwi, B., & Rohman, N. (2024). Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren an-Nur Mojolawaran Gabus.
Hidayah, N., Mujiburrohman, & Fatimah, M. (2023). Learning Strategies of the Yellow Book at Salaf Islamic Boarding Schools To Increase Arabic Vocabulary. Journal of Proceedings Series, 1(1), 272–280. https://jurnal.iimsurakarta.ac.id/index.php/icie/article/view/171%0Ahttps://jurnal.iimsurakarta.ac.id/index.php/icie/article/download/171/188
Hilda Melani Purba, Humairo Sakinah Zainuri, Nadia Syafitri, & Rizky Ramadhani. (2023). Aspek-Aspek Membaca Dan Pengembangan Dalam Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 179–192. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.1025
Mu’minin, M. U., Mukhlis, M., & Jamaluddin, J. (2024). Penyelenggaraan Kajian Kitab Kuning Atau Dirasah Islamiyah Analisis Terhadap Pasal 13 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1208–1214. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.1898
Mulya Rahmawati, S., Abunawas, K., & Yusuf, M. (2022). Peran Bi’Ah Lughawiyyah Dalam Menunjang Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Darul Huffadh Tuju-Tuju Kab.Bone. Inspiratif Pendidikan, 11(1), 123–140. https://doi.org/10.24252/ip.v11i1.29670
Munfarida, I., & Annahdliyah, K. (2024). Pembelajaran Adabul Alim Wal Muta ’ allim di Pondok Pesantren. 4(2), 77–85.
Rahmawati, A. (2023). Resiliensi santri korban sexual harassment oleh pengasuh pesantren. Aflah Consilia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2), 64–74. https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/aflah/article/view/866
Ramadhan Lubis, Putri Nabila, Nurul Ilmi Nasution, Lathifah Azzahra, Hasraful, & Fadillah Andina6. (2024). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Volume 7 Nomor 3, 2024. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 7899–7906.
Resksa, M. Y. M. (2022). Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Mahasiswa. urnaJl Riset Pendidikan Agama Islam, 115–120. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1484
Rika Widianita, D. (2023). penerapan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPA Al-Azhari di notoharjo lampung tengah. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Rusiana, K. N. (2024). Social Science Academic. 349–358.
Sabila, H., Astuti, W. D., Yuliarti, R., & Husna, D. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Pesantren Tradisional dan Modern. Anwarul, 4(1), 13–23. https://doi.org/10.58578/anwarul.v4i1.2140
Sambasy, A.-, Kajian, J., & Vol, P. (2024). Kurikulum pondok pesantren masa islam datang. 1(1), 27–34.
Satira, U., Badarasussyamsi, B., & Huda, S. (2024). Optimalisasi Pengajaran Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Membaca Kitab Kuning. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(2), 323–336. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i2.288
Syihabuddin, A., Gumiandari, S., Syekh, I., Cirebon, N., Perjuangan, A. J., Kesambi, K., Cirebon, K., & Barat, J. (2024). Pengaruh Penguasaan Mufrodat Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri di Pondok Pesantren An-Nidhom penting dalam tradisi Pendidikan di Indonesia , dan salah satu yang menjadi aspek penting Mufradat Melalui Pengajian Kitab pada Mahasiswa Ma ’ had Al. 2.
Taslim, M. (2021). Metode Mama Papa Memudahkan Muslim Indonesia Mampu Membaca Al Qur’an. Tesis, 1–227.
Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten