Implementasi Metode Sorogan dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Fikih (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Argomuyo Lampung)

Authors

  • Rona Nu’ma Roghidah Universitas Hasyim Asy’ari
  • Imron Arifin Universitas Hasyim Asy’ari
  • Khorotul Idawati Universitas Hasyim Asy’ari
  • Rofiatul Hosna Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i1.1876

Keywords:

Sorogan Method, Understanding Of Fiqh, Islamic Boarding School, Yellow Book, Individual Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi metode sorogan dalam meningkatkan pemahaman materi fikih di Pondok Pesantren Darussalam Argomulyo Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari santri dan ustadz yang terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran sorogan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode sorogan efektif dalam meningkatkan kemampuan santri dalam membaca, menerjemahkan, dan memahami kitab-kitab fikih berbahasa Arab gundul. Interaksi langsung antara santri dan ustadz memberikan ruang klarifikasi materi secara intensif dan mendorong tumbuhnya kepercayaan diri serta kemandirian belajar santri. Faktor pendukung dalam implementasi metode ini mencakup motivasi belajar yang tinggi, kompetensi ustadz, ketersediaan kitab syarah, serta lingkungan belajar yang kondusif. Sementara itu, kendala yang ditemukan meliputi ketidaktertiban waktu, keterbatasan dasar bahasa Arab, dan jumlah ustadz yang terbatas. Temuan ini merekomendasikan agar metode sorogan terus dikembangkan sebagai strategi pembelajaran efektif dalam pendidikan fikih di pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Baghdadi, Al-Khatib. (1996). Al-Faqih Wal Mutafaqqih. Hal. 89.

Arifin, Imron. (2019). Kepemimpinan Religio-Humanistik Bidang Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Universitas Negeri Malang (UM).

Dhofier, Zamakhsari. (2011). Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai Dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3Es.

Dhofier, Zamakhsyari. (1980). The Pesantren Tradition: A Study of the Role of the Kyai in the Maintenance of the Traditional Ideology of Islam in Java. Canberra: Australian National University.

Eliyawati & Widiyati, Evita. (2022). “Efektivitas Penerapan Metode Sorogan Kitab Matan Al-Ghoyah Wattaqrib (Fathul Qorib)”, EL-ISLAM, 4(2), hal. 44.

Faris, Rofiatul Hosna. (2024). “Peran Kiai Pondok Pesantren Dalam Membentuk Sikap Istiqomah Mengaji Santri Di Pondok Pesantren Faidlul Qur’an Bendungrejo”, Multidisciplinary Science, 2(1), hlm. 181–186.

Hosna, Rofiatul. (2013). Pendahuluan. Hal. 1–298.

Hosna, Rofiatul. (2020). “Teori Belajar Mengawal Era Society 5.0”, Journal GEEJ, Vol. VII.

Husna, Ziyada Nailil. (2023). “Konsep Metode Sorogan Pada Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Luqman Hakim Pekalongan”, Jurnal Inovasi Edukasi, 6(2), hlm. 142–148. https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.843

Mubarok, Muhamad Sofi et al. (2022). Prosiding Mu’tamad Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan. Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Dirjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI, hlm. 1582.

Mustafida & Hosna, Rofiatul. (2021). “Pengaruh Internalisasi Nilai Keagamaan Pada Kitab Risalah Al-Mahid Terhadap Pemahaman Fiqih Wanita Santri Putri Pondok Pesantren Fathul Ulum Jombang”, Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 6(2), hlm. 1–6. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v6i2.417

Solichin, M. M. (2012). Rekonstruksi pendidikan pesantren sebagai character building menghadapi tantangan kehidupan modern. KARSA Journal of Social and Islamic Culture, 58–74.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Published

2025-06-30

How to Cite

Roghidah, R. N., Arifin, I., Idawati, K., & Hosna, R. (2025). Implementasi Metode Sorogan dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Fikih (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Argomuyo Lampung). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 6(1), 268–273. https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i1.1876

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.